Kamis, 12 September 2013

Taman Nasional Komodo Resmi Sandang Predikat 7 Keajaiban Dunia !

"Taman ini merupakan salah satu keindahan di Indonesia selain Bali."

Indonesia merupakan negara yang memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya. Wajar, kalau akhirnya negara ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata populer di dunia.

Salah satu kekayaan Indonesia yang paling membanggakan adalah Taman Nasional Komodo (TNK) yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Sejak akhir tahun 2011, taman ini sudah terpilih sebagai salah satu dari New7Wonders of Nature.


Tepat hari ini, Rabu 11 September 2013, Prasasti New7Wonder of Nature diperlihatkan oleh Bernard Weber, Pendiri dan Presiden Yayasan New7Wonders kepada Jusuf Kalla, selaku Duta Besar Luar Biasa Pendukung Pemenangan Komodo. Prasasti itu diperlihatkan, sebelum diserahkan pada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 14 September 2013 mendatang, di Labuan Bajo.

"Taman Nasional Komodo merupakan salah satu keindahan di Indonesia selain Bali. Hewan langka ini hanya ada satu di dunia," kata Weber saat penyerahan prasasti TNK di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta.

Terkait hal tersebut, Weber juga mengatakan bahwa, partisipasi masyarakat Indonesia untuk menjadikan TNK sangat besar. Baginya, proyek ini (New7 Wonders) merupakan salah satu upaya untuk memberikan pengetahuan bagi generasi masa depan.

Ya, penobatan ini merupakan bukti kecintaan, penghargaan, sekaligus perjuangan masyarakat Indonesia yang telah memberikan dukungan penuh pada kekayaan yang Indonesia miliki.


Komodo adalah hewan yang sudah ada sejak 40 juta tahun lalu, bertahan pada 33 perubahan iklim, dan merupakan penghuni tertua di Indonesia. Kini jumlahnya hanya ada 4000 ekor.

Dengan demikian, TNK mampu menyisihkan 433 peserta kompetisi yang didaftarkan oleh sekitar 220 negara dari berbagai belahan dunia.

Selain TNK, enam nama lain yang masuk sebagai New 7 Wonders of Natures adalah Lembah Amazon (Amerika Latin), Pulau Jeju (Korea Selatan), Teluk Ha Long (Vietnam), Jeram Iguazu (Argentina dan Brazil), Taman Nasional Puerto Princesa Subterranean River (Filipina), dan Table Mountain (Afrika Selatan). (eh)

Penulis : Lutfi Dwi Puji Astuti, Stella Maris
Sumber : http://life.viva.co.id/, Rabu, 11 September 2013, 22:21 WIB.