Terminator, Polimer yang Bisa Beregenerasi.


Masih ingatkah Anda dengan film Terminator yang dirilis tahun 1991? Dalam film itu, terdapat tokoh T-1000, robot bertubuh logam yang mampu menyatukan kembali logam dalam dirinya ketika diserang. 

Kini, setelah 20 tahun film itu dirilis, para ilmuwan asal Spanyol baru menemukan fenomena serupa seperti pada T-1000. Ditemukan polimer jenis terbaru yang bisa "beregenerasi" seperti logam pada T-1000. Karena fenomenanya mirip dengan film Terminator, polimer jenis baru ini diberi nama 'Terminator'. Jika T-1000 bisa menyatukan logam pada tubuhnya ketika diserang, polimer 'Terminator' juga bisa menyambungkan kembali bagian polimer yang "diserang".

Terminator, Polimer yang Bisa Beregenerasi

Polimer 'Terminator' ini memiliki daya tahan luar biasa tanpa sentuhan bahan kimia apa pun. Untuk menguji ketahanan polimer 'Terminator' tersebut, para peneliti dari pusat teknologi elektronika di San Sebastian ini,melakukan percobaan pada 'Terminator'. Mereka memotong 'Teminator' menjadi beberapa bagian. Setelah diamati setelah dua jam, ternyata 'Terminator' ini mampu tumbuh lagi sampai 97 persen dari bentuk semula. 

"Polimer jenis ini memiliki efek 'penyembuhan' diri pada suhu ruang tertentu. Selain itu, polimer ini tidak perlu selalu diintervensi secara eksternal dengan panas atau cahaya untuk dapat beregenerasi," ujar Alaitz Rekondo, salah satu ilmuwan dari San Sebastian, Minggu, 15 September 2013.

Para ilmuwan juga menambahkan, polimer jenis inilah yang seharusnya digunakan untuk produk komersial rumah tangga. Sistem "regenerasi" polimer ini juga sangat menarik dan mudah diimplementasikan pada industri nyata. 

Polimer 'Terminator' bahkan tahan dengan sengatan arus listrik yang kuat. Karena itu, polimer ini juga cocok untuk sistem keamanan pada perangkat rumah tangga. Penemuan polimer 'Terminator' ini sudah dituliskan dalam jurnal Royal Society of Chemistry.

Penulis : Rindu P Hestya  
Sumber : Daily Mail, Dikutip dari : http://www.tempo.co/, Selasa, 17 September 2013, 00:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??