Inilah Kabinet Kerja, Kabinet Bersih Versi Presiden Kita Joko Widodo.

Presiden Jokowi Beri Nama Kabinet Kerja  
Presiden Jokowi Beri Nama Kabinet Kerja  

Kabinet Kerja adalah kabinet pemerintahan pimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Susunan kabinet ini berasal dari kalangan profesional, usulan partai politik pengusung pasangan Jokowi-JK pada Pilpres 2014 (PDI Perjuangan, PKB, Partai NasDem, dan Partai Hanura) ditambah PPP yang bergabung setelahnya, serta tim sukses pasangan Jokowi-JK pada Pilpres 2014.

Presiden Joko Widodo memberi nama kabinetnya dengan sebutan Kabinet Kerja. Menurut Jokowi, pembentukan susunan menteri lebih cepat delapan hari dari waktu yang diatur dalam undang-undang, yaitu 14 hari. "Saya bersama Pak JK (Wakil Presiden Jusuf Kalla) sangat berhati-hati dalam memilih menteri," kata Jokowi di Istana hari ini, Ahad, 26 Oktober 2014. Pengumuman Kabinet Kerja dimulai pukul 17.20 WIB. Semua calon menteri sudah lebih dulu hadir dengan berpakaian putih dan celana hitam. Jumlah menteri sebanyak 34.


Latar belakang.


Salah satu janji kampanye Jokowi dalam pemilihan presiden 2014 adalah membentuk kabinet profesional dan mengurangi bagi-bagi menteri dengan mitra koalisi. Hal ini dikontraskan dengan koalisi pesaingnya Prabowo Subianto. Ia juga menyatakan akan ada sistem seleksi mirip "lelang jabatan" yang sebelumnya ia terapkan dalam menyeleksi pejabat camat dan lurah. Jokowi menyatakan bahwa ini tidak berarti menteri tidak ada yang berasal dari partai politik, karena ada juga orang partai yang profesional.

Pada Juli 2014, tim transisi Jokowi-JK meluncurkan halaman Kabinet Alternatif Usulan Rakyat, dimana rakyat bisa mengusulkan dan memilih calon-calon menteri melalui Google Docs.

Sebelum mengumumkan susunan kabinet, Jokowi mengirimkan daftar nama calon menteri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK memeriksa nama-nama tersebut dan memberikan laporan kepada Jokowi. Dilaporkan, delapan nama dianggap bermasalah oleh KPK, dan Jokowi menerima saran KPK untuk mengganti calon-calon menteri tersebut.


Anggota Kabinet Kerja.

//images.detik.com/content/2014/10/26/4/kabinet.jpg

Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan kabinetnya, Minggu (26/10/2014), di Istana Negara, Jakarta. Ada empat menteri koordinator dengan 34 kementerian dan lembaga setingkat menteri. Nama kabinet Jokowi-JK adalah Kabinet Kerja: "Dan pengumuman ini lebih cepat 8 hari dari batas maksimal 14 hari yang diatur oleh UU Kementerian Negara," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, penyusunan abinet kdilakukan dengan hati-hati dan cermat. Hal ini, kata Jokowi, menjadi keutamaan karena kabinet ini akan bekerja selama lima tahun.



"Dan kita ingin mendapatkan orang-orang terpilih dan bersih sehingga komunikasikan dengan KPK dan PPATK karena kita ingin akurat, kita ingin tepat dan kita semuanya percaya pada KPK dan PPATK. Yang kita pilih punya kemampuan sesuai bidangnya, punya kemampuan manjerial yang baik," ujar Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Berikut adalah menteri Kabinet Kerja:


No.JabatanPejabatMulai menjabatSelesai menjabat
Menteri Koordinator
1Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan KeamananLaks-tni-tedjo-edhy.jpgTedjo Edhy Purdijatno27 Oktober 2014Petahana
2Menteri Koordinator Bidang PerekonomianKabinet sofyan.jpgSofyan Djalil27 Oktober 2014Petahana
3Menteri Koordinator Bidang KemaritimanIndroyono Soesilo.jpgIndroyono Soesilo27 Oktober 2014Petahana
4Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan KebudayaanPuan maharani.jpgPuan Maharani27 Oktober 2014Petahana
Menteri
5Menteri Sekretaris NegaraPratikno.jpgPratikno27 Oktober 2014Petahana
6Menteri Dalam NegeriTjahjo kumolo.jpgTjahjo Kumolo27 Oktober 2014Petahana
7Menteri Luar NegeriRetno Marsudi.jpgRetno Lestari Priansari Marsudi27 Oktober 2014Petahana
8Menteri PertahananJenderal TNI Ryamizard Ryacudu.pngRyamizard Ryacudu27 Oktober 2014Petahana
9Menteri Hukum dan Hak Asasi ManusiaYasonna Laoly.jpgYasonna Laoly27 Oktober 2014Petahana
10Menteri KeuanganBambang-brodjonegoro.jpgBambang Brodjonegoro27 Oktober 2014Petahana
11Menteri Energi dan Sumber Daya MineralSudirmanSaid.jpgSudirman Said27 Oktober 2014Petahana
12Menteri PerindustrianSaleh Husin.jpgSaleh Husin27 Oktober 2014Petahana
13Menteri PerdaganganRahmat-gobel.jpgRachmat Gobel27 Oktober 2014Petahana
14Menteri PertanianAmran Sulaiman.jpgAmran Sulaiman27 Oktober 2014Petahana
15Menteri Lingkungan Hidup dan KehutananSiti Nurbaya Bakar.jpgSiti Nurbaya Bakar27 Oktober 2014Petahana
16Menteri PerhubunganIgnasiusjonan.jpegIgnasius Jonan27 Oktober 2014Petahana
17Menteri Kelautan dan PerikananSusi Pudjiastuti.jpgSusi Pudjiastuti27 Oktober 2014Petahana
18Menteri KetenagakerjaanHanif Dhakiri.jpgHanif Dhakiri27 Oktober 2014Petahana
19Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tinggal dan TransmigrasiMarwan Jafar.jpgMarwan Ja'far27 Oktober 2014Petahana
20Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan RakyatBasuki Hadimuljono.jpgBasuki Hadimuljono27 Oktober 2014Petahana
21Menteri KesehatanBerkas-Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM (K).jpgNila Moeloek27 Oktober 2014Petahana
22Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan MenengahAniesBaswedan1.JPGAnies Baswedan27 Oktober 2014Petahana
23Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan TinggiMuhammad Nasir.jpgMuhammad Nasir27 Oktober 2014Petahana
24Menteri SosialKhofifah Indar Parawansa.jpgKhofifah Indar Parawansa27 Oktober 2014Petahana
25Menteri AgamaLukman Hakim Saifudin.jpgLukman Hakim Saifuddin27 Oktober 2014Petahana
26Menteri PariwisataArief Yahya CEO Telkom.JPGArief Yahya27 Oktober 2014Petahana
27Menteri Komunikasi dan InformatikaRudiantara.jpgRudiantara27 Oktober 2014Petahana
28Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan MenengahAA Puspayoga.jpgAA Puspayoga27 Oktober 2014Petahana
29Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan AnakYohana Yembise.jpgYohana Yembise27 Oktober 2014Petahana
30Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi BirokrasiYuddy Chrisnandi.jpgYuddy Chrisnandi27 Oktober 2014Petahana
31Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan NasionalAndrinof Chaniago.jpgAndrinof Chaniago27 Oktober 2014Petahana
32Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan NasionalFerry Mursyidan Baldan.jpgFerry Mursyidan Baldan27 Oktober 2014Petahana
33Menteri Badan Usaha Milik NegaraRini soewandi.jpgRini Soemarno27 Oktober 2014Petahana
34Menteri Pemuda dan OlahragaImam Nahrawi.jpgImam Nahrawi27 Oktober 2014Petahana

Nilai 7 Untuk Kabinet Kerja Jokowi-JK !


Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan nama-nama menterinya yang tergabung dalam Kabinet Kerja. Susunan kabinet Jokowi ini belum termasuk kategori 'dream team' atau kabinet impian. 

Berapa skala nilai kabinet Jokowi-JK dari skala 1-10?

Ekonom Senior Standar Chartered Fauzi Ichsan memberi nilai tujuh (7) untuk Kabinet Kerja Jokowi-JK. "Nilainya 7," kata Fauzi kepada detikFinance, Minggu (26/10/2014).

Fauzi menjelaskan, pelaku pasar sudah memasang ekspektasi tinggi terhadap nama-nama menteri yang akan muncul di kabinet Jokowi. Harapan pelaku pasar selama ini adalah, yang menduduki posisi menteri banyak dari para profesional, namun nyatanya banyak diisi dari partai politik.

"Ekspektasi pasar sudah tinggi. Berharap banyak menteri impian tapi kenyataannya ini adalah pemerintahan koalisi, banyak dari partai politik jadi belum bisa dibilang kabinet profesional," terang Fauzi.

Namun begitu, untuk posisi Menteri Keuangan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian memang sudah sesuai harapan para pelaku pasar, yang masing-masing dipimpin Bambang Brodjonegoro dan Sofyan Djalil.

"Kalau Menkeu sama Menko memang sudah sesuai ekspektasi pasar. Bambang Brodjonegoro, Sofyan Djalil memang masuk daftar calon yang diharapkan pasar, walaupun sebenarnya pelaku pasar lebih suka ke Sri Mulyani," jelas dia.

Fauzi menilai, posisi Kabinet Kerja saat ini yang masih banyak diisi partai politik memang wajar adanya karena Kabinet Indonesia Hebat (KIH) hanya menempati 43% di parlemen, sehingga perlu adanya akomodasi untuk partai-partai koalisi.

"KIH hanya 43% kursi di DPR, otomatis harus mengakomodasi yang dari partai lain," kata dia.

Selanjutnya, Fauzi menambahkan, para pelaku pasar akan melihat implementasi dari para menteri yang telah ditunjuk Jokowi. Program yang dibuktikan dengan kerja akan mendorong perekonomian menjadi lebih positif. "Ke depan harus dibuktikan dengan kerja," ujar Fauzi.

Sumber : 
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Kabinet_Kerja
  2. http://banjarmasin.tribunnews.com/2014/10/26/ini-34-menteri-di-kabinet-kerja-presiden-jokowi-jk
  3. http://finance.detik.com/read/2014/10/26/210154/2730073/4/nilai-7-untuk-kabinet-kerja-jokowi-jk

Komentar

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??