Minggu, 29 April 2012

Mengenal Super Junior, Inspriasi Boy/ Girl Band Indonesia


Konser di Jakarta, 28 April 2012


Anda mengenal Super Junior ? Jika belum waah parah ..., Boyband asal Korea Selatan ini menghibur penggemarnya di Indonesia selama tiga hari berturut-turut dari 27-29 April 2012. Super Junior menghibur para kawula muda Indonesia dalam konser bertajuk "Supershow 4 Super Junior World Tour" di Mata Elang International Stadium, Ancol, Jakarta Utara. 

Grup Boyband inilah yang mengilhami tumbuhnya puluhan grup boyband/ girlband di Indonesia setahun/ dua tahunan belakangan ini. Untuk berita tentang grup boyband ini dapat anda temukan di berbagai media cetak maupun elektronik kesayangan anda, artikel berikut hanya untuk mengenal lebih dekat grup ini, semoga bermanfaat.


Introduction.



Super Junior (Korea: 슈퍼주니어), atau lebih dikenal dengan SJ atau SuJu (Super Junior) (Korea: 슈주), merupakan sebuah boyband yang berasal dari Seoul, Korea Selatan. Anggotanya berjumlah 13 orang yaitu Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun. 

Super Junior merupakan salah satu boyband terbesar di dunia. Album perdananya ialah SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada tahun 2005. 




Sejarah.


Boy band H.O.T

Sejak akhir 1990-an, agen bakat Korea dan label rekaman SM Entertainment telah mengadakan audisi tahunan untuk menemukan bakat-bakat baru yang melengkapi keberhasilan kelompok pop H.O.T, S.E.S, dan Shinhwa, yang semuanya diciptakan oleh pendiri SM, Soo-Man Lee, di pertengahan 1990-an. Black Beat dan M.I.L.K adalah dua anggota pertama kelompok untuk direkrut pada tahun 2000 di bawah SM's Starlight Casting System di Seoul.


Pada tahun 2001, perusahaan pertama mereka di luar negeri mengadakan casting audisi dan menemukan Han Geng di Beijing, terpilih di antara tiga ribu pelamar. Pada tahun yang sama, Yesung ditemukan pada Seoul's casting system bersama temanya, Shindong, Sungmin dan Donghae juga dipilih untuk menjadi trainee setelah penampilan mereka dalam sebuah kontes yang disponsori SM. Pada tahun 2002, Kang-In dan Kim Heechul direkrut bersama dengan Kibum, yang ditemukan di Los Angeles. Siwon di-casting pada tahun 2003 dan Ryeowook pada tahun 2004, di mana yang terakhir ini ditemukan melalui Chinchin Youth Festival. Pada tahun 2005, Kyuhyun dipilih.

Boy band TVXQ

Tidak lama setelah boy band TVXQ debut pada tahun 2003, berita tentang rencana Lee yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu membentuk boy band lain dengan cepat menyebar di Internet. Pada awal 2005, Lee mengkonfirmasi berita dan mengumumkan bahwa boy band yang terdiri dari dua belas anggota akan melakukan debut di dekat akhir tahun, mempromosikan kelompok bernyanyi ini untuk menjadi "The Gateway of Stardom Asia." Lee mengumumkan bahwa bahwa sebagian besar anggota dalam kelompok ini dipilih karena mereka telah berpengalaman tampil sebagai aktor, MC, model, dan host radio sebelum debut. Heechul dan Kibum telah berprofesi sebagai penghibur, dan sebagian besar anggota lain sudah membuat berbagai macam penampilan di televisi dan media.yang sangat terinspirasi oleh konsep rotasi gadis Jepang grup Morning Musume, kelompok ini juga akan mengalami perubahan line-up, dengan anggota-anggota baru menggantikan beberapa anggota lama yang dipilih setiap tahun untuk menjaga grup ini tetap muda dan memiliki berbagai talenta. Konsep ini kemudian baru diperkenalkan ke pasar K-pop.


Untuk sementara kelompok itu dikabarkan akan bernama O.V.E.R, singkatan dari "Obey the Voice for Each Rhythm" (Patuhilah Suara untuk Tiap Irama). Namun, sebelum nama ini diputuskan, SM hanya menyebut mereka sebagai Junior, yang berasal dari para anggota yang masih berusia muda ketika pertama kali menjadi SM trainee. Setelah para anggota memamerkan bakat mereka yang berbeda kepada perusahaan pada sebuah piknik. Kemudian perusahaan memutuskan meresmikan grup ini bernama Super Junior, generasi pertama dari Super Junior.


Super Junior 05 membuat pra-debut mereka di saluran Korea M-net pada 11 September 2005. Pada acara itu, mereka melakukan berbagai gaya tarian hip hop. Mereka menampilkan tarian B2K. Han Geng, Eunhyuk, dan Donghae juga melakukan tarian dari lagu Usher, Caught Up. Namun penampilan mereka tidak disiarkan di televisi, hingga akhirnya pada 16 Mei 2006 disiarkan pada sebuah segmen di acara Super Junior Show.


Super Junior 05 memulai debutnya pada program musik SBS Online Songs pada tanggal 6 November 2005, melakukan single pertama mereka, "TWINS (Knock Out)." Tunggal digital dengan "TWINS (Knock Out)", "You are the One", dan tiga lagu tambahan yang dirilis secara online pada 8 November. CD fisik dijadwalkan akan dirilis pada minggu berikutnya, tetapi album yang lebih lengkap, SuperJunior05 (TWINS), dirilis pada 6 Desember 2005 sebagai gantinya. Album perdana mereka terjual 28.536 kopi di bulan pertama rilis dan debutnya di # 3 di chart bulanan Desember 2005. 


Super Junior album resmi kedua pada akhir tahun 2006 rilis, namun karena kebetulan beberapa kemunduran, Don't Don tidak dirilis hingga 20 September 2007. Dalam tiga hari pertama dirilis, penjualan album offline untuk Don't Don melewati tanda 11.000 unit, memulai debutnya sebagai # 1 di semua tersedia offline grafik. Itu selesai bulanan September penjualan album sebagai # 1. 60.000 unit dikirim oleh minggu pertama rilis dan salinan tambahan dicetak.




Album ketiga Super Junior, "Sorry Sorry", dirilis pada 12 Maret 2009 dengan diakui ulasan. Judul album single, "Sorry Sorry" ini dirilis secara digital pada 9 Maret 2009. Dalam waktu kurang dari seminggu setelah preorders diumumkan, lebih dari 150.000 eksemplar pra-perintahnya. "Sorry Sorry" adalah album pertama mereka debut di # 1 pada Hanteo Charts, dan terjual lebih dari 29.000 eksemplar pada hari pertama, Seo Taiji mengalahkan rekor 25.000.

Super Junior merilis album terbarunya yaitu "Bonamana" pada tahun 2010, dengan hanya 10 personel, yaitu: Leeteuk, Heechul, Donghae, Diwon, Sungmin, Shindong, Ryeowook, Yesung, Kyuhyun, Eunhyuk, dikarenakan 2 personel mereka yang lain, Kibum lebih memilih berkonsentrasi di dunia peran dan Kangin mengikuti wajib militer. Agustus 2010 Super Junior memulai konser mereka di luar negeri dengan tema Super Show 3. 


Pada tahun 2011 mereka telah meluncurkan album kelima dengan single "Mr.Simple" tetap 10 orang anggota dan sekarang  Heechul  resmi mengikuti wajib militer sehingga sekarang yang aktif hanya 9 anggota .


Diskografi
Daftar Album rilis :


  • 2005: SuperJunior05 (TWINS)
  • 2007: Don't Don
  • 2009: Sorry, Sorry
  • 2010: Bonamana
  • 2011: Mr. Simple


Daftar Lagu terpopuler :

  • 2005: "Show Me Your Love" (With TVXQ)
  • 2006: "U"
  • 2008: "U/TWINS" (Special Japan release)
  • 2008: "Marry U" (Special Japan release)
  • 2009: "Sorry Sorry"
  • 2010: "Bonamana"
  • 2011: "Mr. Simple"
  • 2011: "SUPERMAN"
  • 2011: "A-CHA"
  • 2011: "Santa U Are The One"

Kunci Keberhasilan.


  • Super Junior dikenal paling baik menjadi seorang muda, energik,dan kelompok humor. Kelompok ini juga menyatakan bahwa memiliki kerja sama tim yang baik adalah salah satu alasan kunci untuk keberhasilan mereka.
  • Musik Super Junior dikenal karena memiliki banyak gambar dengan mengarang yang berbeda setiap rilis baru. 
  • Mereka menampilkan desain gaya pakaian, potongan serta warna rambut,  tato, serta style penampilan berbeda, khas masing-masing anggota untuk menunjang penampilan grup mereka.
  • Super Junior dikenal melakukan pertunjukan yang sangat berpusat di sekitar mereka koreografi, sehingga tarian mereka sangat sinkron
  • Genre lagu-lagu ini biasanya dicampur dengan cabang jenis musik yang berbeda instrumen elektronik, dengan penekanan berat pada perkotaan kontemporer, tari pop, dan rap.


Kritik


Super Junior telah dikritik di masa lalu untuk lipsync dan kurangnya keterampilan vokal secara khusus untuk nada gemetar dan berat bernapas, Kritik memburuk pada bulan Juli 2006 ketika mereka lipsynched on Show! Musik Inti dari MBC, sebuah pertunjukan yang menjamin semua pertunjukan secara live. Meskipun penggemar membela mereka mengatakan bahwa Heechul sakit, para pengkritik mereka tidak menerima penjelasan ini. Mereka berpendapat bahwa karena band ini berisi tiga belas anggota, salah satu penyanyi seharusnya tidak memerlukan lipsynching oleh seluruh kelompok. 

Apakah lipsync itu ? Lip-sync atau lip-synch adalah istilah teknis untuk pencocokan gerakan bibir dengan suara. Dalam sebuah konser musik atau siaran langsung di televisi, lip sync merupakan hal yang kontroversial, karena suara penyanyi di dalam sebuah konser adalah "suara rekaman" yang dibuat sebelumnya sehingga pada saat konser si penyanyi "hanya mangap-mangap" menyesuaikan lagu yang dimainkan pada saat itu. 

Walaupun demikian, mereka masih tetap populer melalui basis penggemar yang besar dan penjualan album mereka telah kuat. Untuk meringankan kritik, Super Junior kinerja pertama "Don't Don," timah satu dari kelompok album kedua, adalah hidup dan tidak lipsynched. Dari tiga puluh enam lagu-lagu yang dilakukan pada kelompok live pertama tur konser, Super Show, hanya enam lagu yang lipsynched, suatu prestasi yang diterima ulasan positif. 

Disarikan dari berbagai sumber.