Robot Transformers Serang Kota Jiaxing, Provinsi Zhejiang, China !



Robot-robot transformers menyerang China! Begitulah khayalan Zhu Kefeng, seorang seniman China yang telah membuat sekitar 600 robot dan figur kartun dari limbah mobil. Karyanya itu dibuat dalam berbagai ukuran dan rupa,  mulai dari robot yang besar, sangar dan selalu mengancam, hingga pada tokoh kartun kecil-kecil dengan tampang bersahabat.


Proyek yang mulai dibangun pada 2010 ini berdiri di lahan 225 hektar di kota Jiaxing, provinsi Zhejiang, China. Untuk pembuatan robot, Zhu beserta timnya menghabiskan umur 10 tahun buat mengumpulkan, membaur dan membentuk besi-besi tua tersebut. Tempat itu pun diberi nama "Mr. Iron Robot Theme Park", dengan robot setinggi lebih dari 3 meter berada di depan taman.



Hampir semua bagian mobil bekas dipakai oleh Zhu, mulai dari bodi, roda, bagian mesin, knalpot dan yang lainnya. 


"Karya-karya ini terinspirasi dari kenangan masa kecil saya yang sangat suka bermain dengan mainan robot dan mobil besi. Saya ingin membagikan kegembiraan masa kecil saya dengan anak-anak dengan membangun taman hiburan ini. Hasilnya ketika taman ini bisa dinikmati orang lain, saya senang sekali," jelas seniman berusia 49 tahun itu.


Seiring berkembangnya pasar otomotif Cina dan banyak mobil-mobil baru bermunculan, bertambah pula limbah-limbah mobil bekas. Fenomena itu ikut mendorong kreatifitas Zhu membangkitkan kesadaran terhadap lingkungan melalui karya seni yang eksentrik. Tempat itu juga menjadi kawasan wisata bagi keluarga dan anak-anak di Cina.  

Penulis : Jeremia Pattihahuan, Zulkifli BJ
Sumber : Senin, 02 April 2012, 15:59 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??