Senin, 07 Januari 2013

Bagaimana Cara Menangkal Penyadapan Handphone


Pada artikel kami sebelumnya anda telah mengetahui cara menyadap SMS, ciri handphone anda disadap serta cara kerjanya, sesuai janji saya berikut saya sajikan bagaimana cara menangkal penyadapan handphone.
Kita sebenarnya tidak perlu takut atau mengawatirkan keadaan ini,sebab selain penyadapan tersebut butuh alat-alat yang berteknologi canggih dan "biaya mahal", yang disadap biasanya juga bukan orang-orang biasa tapi orang-orang tertentu.

Tapi lepas dari takut tidaknya pembicaraan kita disadap orang , berikut adalah trik-trik atau cara-cara mengatasi atau menangkal hal tersebut.


Cara Untuk Mengatasi Penyadapan Suara


Untuk mengatasi hal ini kita membutuhkan software atau aplikasi yang bisa meng'enskripsi data suara kiat sehingga suara kita nanti akan dilindungi oleh kode-kode tertentu ,dan yang bisa mendengarkan suara kita adalah telepon/ponsel yang mempunyai software/aplikasi yang sesuai yang bisa menterjemahkan kode-kode tersebut. Berikut adalah sebagian dari software atau aplikasi tersebut

  • Cellcrypt
 
 Bagi pengguna Symbian OS versi 8 diantaranya Nokia 6630, 6680, N70 dan N90, aplikasi Cellcrypt bisa membantu keamanan percakapan kalian bro. Cellcrypt, dibuat oleh Voylent pengembang yang bermarkas di Silicon Valley. Untuk mencoba aplikasi ini, silahkan kunjungi situs Voylent (www.voylent.com). Unduh software/aplikasinya disini :
Dengan aplikasi ini, semua kegiatan komunikasi bisa diproteksi. Mulai dari MMS, SMS, Email hingga log telpon. Sejatinya, cara kerja Flexi Shield tak jauh beda dengan aplikasi black list yang banyak beredar. Yakni, dengan memproteksi dan menyembunyikan data telpon menggunakan password khusus. Kemampuan untuk mem-blokir telpon masuk berdasarkan kontak phonebook pun ditawarkan aplikasi ini. Untuk mendapatkan aplikasi shareware ini silakan kunjungi situs :
Atau untuk lebih jelasnya tentang aplikasi yang satu ini silahkan ke meluncur ke link berikut :

Software ini diperuntukan tertama bagi pengguna smartphone dan PDA-phone yang menggunaka atau berbasis Windows Mobile, cara kerja semua software adalah sama ,yang agak sedikit berbeda adalah cara penggunaanya, tapi semua mudah untuk di pelajari.


Cara Mengatasi Penyadapan SMS


Cara mengatasi penyadapan SMS tidak jauh beda dengan mengatasi penyadapan suara, disini kita juga perlu software atau aplikasi-aplikasi untuk melakukannya ,diantaranya adalah :

  • Fortress SMS
 
Tekniknya sederhana. Setiap SMS yang akan dikirim terlebih dahulu dibubuhi kata kunci. Si penerima sudah tentu tidak bisa membuka pesan tersebut jika tidak mengetahui kata kuncinya. Pesan yang terkirm bisa dibuka apabila memasukkan kata kunci yang sesuai. Dengan catatan, di ponsel penerima pun harus memiliki aplikasi Fortress SMS. 
Untuk melindungi pesan SMS dan email, pengguna Symbian bisa mengandalkan aplikasi Fortress SMS. Versi trial - nya bisa didownload di:
Aplikasi enkripsi SMS tidak hanya tersedia bagi ponsel-ponsel bersistem operasi saja. Salah satu yang mendukung ponsel Java (MIDP 2.0) adalah SMS007. Aplikasi ini memiliki kompatibilitas yang lebih luas karena menggunakan general user interface (GUI).

Kemampuan enkripsinya tidak hanya untuk SMS saja, tetapi dapat pula digunakan untuk data-data di ponsel. Jika ponsel hilang, data tersebut tidak akan bisa dibuka oleh sembarang orang.
Untuk mengirim pesan rahasia, bisa dilakukan langsung dari menu contact yang tersedia. SMS rahasia tersebut bisa dikirim ke satu atau lebih penerima.  

Fungsi dari aplikasi ini tidak jauh beda yaitu menangkal penyadapan terhadap SMS, untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi SMS007, silahkan kinjungi link :

  • SecureGSM
 
Khusus pengguna smartphone dan PDA-phone berbasis Windows Mobile, tersedia aplikasi SecureGSM. 
Cara kerjanya hampir sama dengan Cellcrypt, hanya saja dengan cara penggunaan yang sedikit berbeda. Di SecureGSM, tidak perlu menambahkan angka pada awal nomor tujuan. Ketika melakukan panggilan, si penerima telepon akan menerima kode verifikasi. Kode tersebut sama dengan kode yang tertera pada dilayar si penelpon. Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi SecureGSM, silahkan kinjungi link :

Perlu diketahui aplikasi atau software Fortress SMS dan SMS007 hanya dapat digunakan untuk handphone yang menggunakan aplikasi java.

Cara mengatasi penyadapan handphone tanpa software yaitu :
  1. Jika Anda menerima hadiah sebuah HP sebaiknya di periksa dengan teliti siapa tatu sudah di sisipi dengan software sadap hp.
  2. Jika Anda curiga handphone Anda sudah disisipi alat sadap handphone  sebaiknya jika ada hal yang benar-benar penting untuk di bicarakan jangan menjelaskan terlalu spesifik di jelaskan via handphone.
  3. Hindari penggunaan HP dengan sistem operasi canggih , karena HP canggih terdapat fitur bluetooth, WiFi, JAVA, dll, sebagai ganti gunakan HP jenis lama ,  ini lebih aman karena tentu hp jenis lama belum support dengan program program sadap handphone.
  4. Nah ini yang lebih membahayakan Jika Anda sedang merasa disadap, jangan berkomunikas via handphone dilokasi rutin anda, seperti di rumah atau di kantor, karena bisa saja semua sinyal yg keluar masuk dari lokasi itu sudah disadap, jadi walau sudah ganti nomor atau ganti handphone tetap  saja bisa disadap jika lokasi itu sudah di lengkapi alat sadap handphone.
  5. Berdasarkan sumber salah satu situs jasa sadap handphone ini , bisa kita ketahui kegiatan sadap handphone bisa terjadi jika handphone target telah di install software sadap hp itu jadi hati-hati jika handphone anda jika di pinjam beberapa menit oleh seseorang atau di berikan tutorial untuk mendownload dan menginstal program misterius, bisa saja si pelaku menipu Anda , dan ia berikan link download untuk anti virus terbaru  dan ternyata itu bukanlah anti virus melainkan software sadap handphone yang akan mengirimkan aktivitas telekomunikasi Anda.
  6. Bila baterai ponsel Anda menjadi lebih cepat terkuras padahal jarang digunakan, Anda harus curiga. Sebab, sebuah software mata-mata (spyware) yang sudah tertanam di ponsel, biasanya akan mengirimkan informasi-informasi kepada si penyadap. Hal ini menyebabkan baterai ponsel akan lebih cepat terkuras, solusi : tanyakan kepada service center resmi untuk memeriksa/ mereset handphone anda.
  7. Saat digunakan untuk menelepon orang lain, Anda mendengar berbagai macam bunyi-bunyian, misalnya bunyi klik, derau, atau bunyi lainnya. Bahkan, kemungkinan volume ponsel juga bisa bisa berubah-rubah sendiri, solusi : tanyakan kepada service center resmi untuk memeriksa/ mereset handphone anda.

Sumber: (dengan perubahan dan penambahan.)
  1. http://id.shvoong.com/, 26 Nopember, 2011
  2. http://maniakinfopenting.blogspot.com/