Virus HIV Telah Mulai Berevolusi Sejak 16 Juta Tahun Lalu



Studi menunjukkan, Human Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyebabkan AIDS tak muncul serta-merta, tetapi lewat proses evolusi yang panjang. Diduga, evolusi yang menciptakan spesies ini berlangsung sejak 5-16 juta tahun lalu. 

Ilmuwan dari University of Washington dan Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle menyimpulkan hal tersebut setelah mempelajari jejak genetik dari virus serupa HIV pada beragam primata, seperti orangutan, simpanse, gorila, dan monyet.

Virus HIV dan penyakit AIDS pertama kali ditemukan pada abad 20. Namun, peneliti menduga bahwa proses evolusi yang berujung pada terciptanya virus ini dimulai sejak 16 juta tahun lalu. Pertama kali, virus serupa HIV menjangkiti golongan primata. Virus serupa HIV yang menjangkiti primata diketahui ialah jenis lentivirus.

Pohon Filogenik evolusi Virus HIV

Studi genetik mengungkap, sepupu dari virus HIV diduga juga telah muncul kira-kira 10.000 tahun lalu. Namun, virus tersebut diabaikan. Virus terus berevolusi sehingga pada abad 20 dijumpai HIV yang menyerang manusia.

Michael Emerman dari Fred Hutchinson Cancer Research Center mengungkapkan, "Studi kami mengungkap, sementara lentivirus pada primata memiliki konsekuensi kesehatan bagi manusia, mereka punya asal-usul dari primata non-manusia."

Berkomentar tentang hasil riset, Sam Wilson dari Center for Virus Research, University of Glasgow, seperti dikutip BBC, Jumat (25/1/2013), mengatakan, "Riset ini membantu kita memahami bagaimana virus bekerja. Harapannya ini bisa diwujudkan dalam terapi di masa depan."

Populasi manusia yang terjangkit HIV kini diperkirakan sebanyak 34 juta. Hingga saat ini, infeksi HIV dan AIDS sebagai konsekuensinya belum dapat diobati.

Penulis : Yunanto Wiji Utomo 
Editor :yunan
Sumber :BBC, dikutip dari : http://sains.kompas.com/, Senin, 28 Januari 2013, 08:25 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??