Minggu, 06 Januari 2013

Menyulap Ponsel/ Handphone Lama Menjadi "Seperti Baru"

 
Memasuki tahun baru 2013, alangkah menyenangkan jika kita juga bisa memiliki peranti digital yang baru. Misalnya, ponsel baru. Tapi, bagaimana kalau dana yang ada belum mencukupi?

Opera Software memberikan tips untuk menyulap ponsel lama menjadi kembali seperti ponsel baru. Inilah tujuh tips di antaranya:

1. Simpan data di cloud. Ruang penyimpanan yang terbatas di memori ponsel bisa menjadi masalah saat ingin menyimpan foto, musik, dan dokumen baru. Untuk mengatasinya, salin data-data lama ke memori eksternal atau layanan cloud storage, seperti Dropbox dan Sugarsync.

2. Pilih aplikasi Anda. Lihat daftar aplikasi, pilih mana yang sering Anda gunakan sehari-hari, lalu hapus yang lainnya. Jika Anda tidak menggunakan aplikasi dalam beberapa bulan terakhir, kemungkinan besar Anda memang tidak membutuhkannya lagi. Keberadaannya hanya akan menghabiskan memori dan ruang layar yang penuh diisi ikon aplikasi

3. Gunakan peramban (browser internet) yang pintar. Dalam membuka web, pilih peramban yang cepat aksesnya. Salah satunya yang dapat memampatkan data hingga 10% dari ukuran aslinya. Selain itu, bisa lebih menghemat biaya data dan daya tahan baterai. Opera Mini sanggup melakukan hal ini.

4. Hapus file cache. Aplikasi dan peramban dapat menaruh berkas sementara (cache) yang memakan tempat dan memori. Bersihkan berkas-berkas ini dengan aplikasi seperti Easy Cache Cleaner.

5. Bersihkan inbox SMS. Pesan yang menumpuk akan memakan memori dan Anda tidak akan pernah membacanya lagi. Supaya lebih hemat ruang, hapus saja SMS-SMS lama yang sudah tidak penting lagi. Untuk melakukannya secara otomatis, gunakan aplikasi Delete Old Messages.

6. Ingat siapa namanya?. Jika Anda tidak dapat mengingat siapa saja nama di daftar kontak atau dari mana Anda mengenalnya, hapus saja. Periksa juga data duplikat di buku alamat. Terkadang jika Anda menggabungkan dari beberapa sumber, data bisa saja terduplikasi.

7. Hemat energi. Jika ponsel Anda boros baterai, coba tutup aplikasi yang tidak sedang digunakan, matikan data ponsel dan jaringan nirkabel (3G, Wi-Fi, dan Bluetooth) jika tidak diperlukan, turunkan tingkat kecerahan layar ponsel, dan matikan suara keyboard.


Tujuh tips di atas memang terlihat sederhana. Tapi, belum tentu Anda ingat dan peduli untuk melakukannya secara rutin. Padahal, cukup banyak manfaat yang dapat diperoleh, khususnya dari sisi penghematan ruang memori dan mempercepat akses data. Rasanya cukup untuk membuat kita bisa merasakan sensasi ponsel baru di dalam ponsel lama.

Penulis : Erry FP.
Sumber : http://www.infokomputer.com/, Jumat, 04 Januari 2013 14:32 WIB