Kamis, 17 Januari 2013

Gunakan Google Map atau Akun Twitter untuk Memantau Banjir Jakarta


Jakarta terus diguyur hujan dalam dua hari terakhir. Hal ini menyebabkan banjir di sejumlah lokasi di Jakarta hingga Kamis (17/1/2013). Sebelum memutuskan untuk bepergian atau berkendara, ada baiknya Anda memantau lokasi banjir dari jejaring sosial Twitter.

KompasTekno coba mengumpulkan sejumlah akun Twitter yang patut Anda ikuti (follow) untuk mengantisipasi lokasi yang terkena banjir agar bisa menghindari dan mencari jalur alternatif. Akun-akun ini cukup aktif melaporkan kondisi banjir Jakarta dan turut menyebarkan beberapa tweet dari warga Jakarta.


Berikut akun-akun Twitter tersebut:

1. Traffic Management Centre Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (@TMCPoldaMetro)

2. Radio Elshinta (@RadioElshinta)

3. Lalu Lintas dari LewatMana.com (@LewatMana)

4. InfoLaluLintas.com (@infoll)

5. Info Jakarta (@infojakarta)

Untuk bencana banjir kali ini, pengguna Twitter menggunakan tanda pagar #PrayForJakarta yang saat ini masuk topik yang banyak dibicarakan di Twitter kawasan Jakarta. Anda bisa mengikuti tagar tersebut untuk informasi terkini seputar banjir.


Selain Twitter, Anda juga bisa memantau banjir di Jakarta melalui peta interaktif yang dibuat di Google Maps. Peta interaktif ini bahkan memberi gambaran tentang ketinggian banjir di beberapa lokasi.

Layanan Google Maps menyediakan peta interaktif yang bisa dimanfaatkan untuk memantau daerah mana saja di Jakarta yang kebanjiran. 

 Anda dapat mengakses peta interaktif banjir Jakarta dalam Google Maps di tautan ini :




Lokasi yang diberi tanda berwarna biru merupakan titik banjir.

Peta interaktif yang diprakarsai oleh pengguna dengan inisial "dest" ini bisa membantu Anda menghindari lokasi banjir, dan mencari jalan alternatif untuk mencapai tujuan Anda.

Penulis: Aditya Panji
Editor: Reza Wahyudi
Sumber : http://tekno.kompas.com/, Kamis, 17 Januari 2013, 13.16 WIB