Jumat, 04 Januari 2013

"Convertible", Harapan Baru di Dunia PC di Tahun 2013.

 

Menyambut kehadiran sistem operasi Windows 8, Intel telah menyiapkan perangkat komputer desain baru yang memadukan fungsi ultrabook dan tablet. Jika dibuka atau digeser ke atas, maka ia akan berwujud seperti Ultrabook. Namun jika ditutup atau digeser ke bawah, ia tampak seperti tablet. Perangkat jenis ini diberi nama convertible.




Perangkat convertible tak hanya bisa dinavigasi dengan keyboard, mouse, dan touchpad, tetapi juga bisa dinavigasi dengan sentuhan jari. Selain convertible, Intel juga mendukung jenis clamshell atau komputer jinjing yang dilipat, seperti yang umum saat ini, agar bisa dinavigasi dengan sentuhan jari.

Intel memandang teknologi layar sentuh bisa menumbuhkan pasar komputer yang saat ini sedang lesu. Sebagai pembuat prosesor, atau otak dari sebuah komputer, Intel memaksimalkan teknologi untuk layar sentuh dengan menggandeng perusahaan seperti HanssTouch, Cando, TPK, dan Wintek.

Country Manager Intel Indonesia Santhosh Viswanathan meyakini, perangkat jenis convertible bakal diminati oleh konsumen dan korporat. "Adopsi perangkat convertible punya potensi tinggi di era mobile saat ini," ujar Santhosh di Jakarta, Rabu (17/10/2012).

Optimistis ini didasari pada riset Intel tahun 2012, yang mencatat ada 44 persen responden yang mau menggunakan Windows 8 di komputer convertible. Selanjutnya, 31 persen responden ingin pakai Windows 8 di clamshell ultrabook dengan layar sentuh, 22 persen di tablet, dan 3 persen di ultrabook tanpa layar sentuh.


Santhosh mengatakan, Intel telah memperkenalkan teknologi layar sentuh pada kategori ultrabook. Hingga akhir 2012, ada lebih dari 40 varian desain berlayar sentuh. Sebagian di antaranya merupakan convertible. Ada enam perusahaan komputer yang telah mengadopsi desain convertible, antara lain Asus, Dell, Lenovo, Panasonic, Toshiba, dan Sony.

Penulis: Aditya Panji
Editor: Wicaksono Surya Hidayat
Sumber : http://tekno.kompas.com/, Rabu, 17 Oktober 2012, 15.20 WIB