All About Superman, Legenda Pahlawan Super dari Planet Krypton.


Superman (bahasa Indonesia: "Lelaki Super"), adalah tokoh fiksi karakter pahlawan super yang paling terkenal dan berpengaruh dari penerbit komik DC Comics dari Amerika Serikat. Superman secara luas telah dianggap sebagai ikon budaya yang melambangkan kekuatan budaya Amerika Serikat.

Dalam bahasa Inggris, Superman juga dikenal sebagai "The Man of Steel" ("Manusia Baja") "The Man of Tomorrow" ("Pria Masa Depan") dan "The Last Son of Krypton" ("Putra Terakhir Planet Krypton"). Superman diberikan julukan oleh teman pahlawan super sejawatnya dengan julukan "The Big Blue Boy Scout" ("Anak Pramuka Lelaki yang Biru Besar").

Diciptakan oleh seorang seniman Kanada, Joe Shuster, dan penulis Amerika Serikat Jerry Siegel pada tahun 1932 saat mereka masih remaja di Cleveland, Ohio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Inc. pada 1938. Superman pertama kali muncul dalam serial Action Comics ("Komik Aksi") edisi #1 di Amerika Serikat (30 Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial drama radio, acara televisi, film layar lebar, surat kabar, komik, novel, dan permainan video berbahasa Inggris. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan ragam pahlawan super dan populernya buku-buku komik Amerika Serikat.


Sejarah.

Berkas:Reign of the Superman.jpg
"The Reign of the Super-Man" dalam majalah Science Fiction, Vol. 1, No.3 (Juni 1933).

Ketika Jerry Siegel dan Joe Shuster pertama kali membuat Superman, bukanlah seorang pahlawan super yang selalu membantu manusia lain, tetapi seorang psikopat botak jenius dengan kekuatan telepati yang hendak menguasai seluruh dunia. Ia muncul pada cerita pendek yang berjudul "The Reign of the Super-Man" dari Science Fiction #3, sebuah majalah yang diterbitkan oleh Siegel pada tahun 1933. Karena tidak lakunya karakter ini, pada akhirnya "Superman Botak" itu pun kemudian ditulis ulang oleh Siegel ditahun 1933 sebagai seorang pahlawan, berbeda dari karakter jahat sebelumnya, mengambil model dari aktor Douglas Fairbanks Sr. dan alter egonya Clark Kent, dari aktor komedi Harold Lloyd. Superman botak dan jahat kemudian menjadi seorang musuh utama Superman yang bernama Lex Luthor.

Seperti diceritakan dalam Action Comics edisi #1, Superman lahir di planet Krypton dengan nama Kal-El, dan ketika masih bayi diluncurkan dengan roket ke Bumi oleh ayahnya, Jor-El, sesaat sebelum planet itu hancur. Roket kemudian mendarat di Bumi, di sebuah ladang, yang ditemukan oleh pasangan Kent, Jonathan Kent dan Martha Kent, yang kemudian mengadopsinya dan diberi nama Clark Kent. Sebagai seorang anak yang sedang tumbuh, ia menemukan bahwa ia menguasai kekuatan yang jauh diatas manusia biasa dan menggunakan kekuatannya untuk menolong orang lain. Untuk menyembunyikan rahasia identitasnya saat tidak sedang berhadapan dengan penjahat sebagai seorang Superman, ia hidup sebagai Clark Kent, manusia biasa yang berwatak halus, seorang reporter The Daily Star (kemudian berganti nama menjadi The Daily Planet). Clark bekerja bersama reporter Lois Lane, dan terlibat kisah asmara dengannya, dan diceritakan menikah dalam lanjutan kisah komiknya.


Logo S


Superman adalah karakter pahlawan super pertama yang memakai eblem atau sebuah logo di dadanya. Rancangan karakter aslinya tidak memakai emblem apapun, tetapi karena perkembangan zaman dan waktu, maka ditambahkanlah Tanda “S” tersebut. Bagi para penciptanya “S” juga bisa berasal singkatan dari “Shield” (tameng). Bentuk original Logo nya adalah contekan dari Lencana Polisi di Amerika, tetapi setelah superman menjadi terkenal, logo itu lebih dikenal dengan sebutan “The Knight Shield”.



Karakteristik Kepribadian

Pada awal pernciptaan oleh Siegel dan Shuster, Superman memiliki kepribadian yang kasar dan agresif. Karakter yang terlihat dalam langkah untuk menghentikan kekerasan dalam rumah tangga, para lintah darat, gangster dan mafia, dengan sedikit kasar dan kurang memiliki kode moral untuk penonton dapat digunakan pada saat ini. Kemudian ada penulis yang telah melembutkan karakter ini dan menanamkan rasa idealisme moral dan kode etik. Meskipun tidak sesadis/ sedingin karakter Batman pada awal kemunculan, Superman muncul pada komik tahun 1930-an menceritakan tentang tidak pedulinya akan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kekuatannya, melontarkan para penjahat dengan cara sekiranya akan menyebabkan kematian yang terjadi, meskipun ini tidak jarang ditampilkan secara eksplisit pada halaman. Kisah ini datang ke sebuah akhir akhir tahun 1940, ketika seorang editor baru yang bernama Whitney Ellsworth memberikan kode etik untuk karakter ini, melarang Superman untuk pernah membunuh seseorang.

File: Clark-Kent.png

Clark Kent , Superman identitas rahasia , didasarkan sebagian pada Harold Lloyd dan dinamai Clark Gable dan Kent Taylor.  Kreator telah mendiskusikan ide apakah Superman berpura-pura menjadi Clark Kent atau sebaliknya, dan kadang-kadang berbeda dalam publikasi baik pendekatan telah diadopsi. 

Meskipun biasanya seorang reporter surat kabar, selama tahun 1970 karakter meninggalkan Daily Planet untuk waktu yang bekerja untuk televisi, sementara tahun 1980 oleh John Byrne merubah melihat karakter menjadi agak lebih agresif. Agresivitas ini sejak memudar dengan pencipta berikutnya mengembalikan sifat lembut tradisional untuk karakter.


Data pribadi

  • Nama asli: Clark Kent (Planet Bumi) / Kal-El (Planet Krypton)
  • Status: Menikah
  • Tinggi: 6'3" (192.024 cm)
  • Berat: 102.1 kg
  • Warna mata: Biru
  • Rambut: Hitam
  • Alias: Man of Steel, Man Of Tomorrow,Last son of Krypton, dan Krypton's favorite son
  • Pekerjaan: Petualang, reporter surat kabar, kolumnis, novelis, mantan editor,
  • Group Affiliasi: Justice League of America (saat ini); Justice League International
  • Alamat: Metropolis, Amerika Serikat

Keluarga

  • Jor-El (ayah kandung; meninggal);
  • Lara (bunda kandung; meninggal);
  • Jonathan Kent (ayah angkat),
  • Martha Clark Kent (bunda angkat);
  • Lois Lane (istri);
  • Harry Kent (paman angkat);
  • Sarah Kent (bibi angkat);
  • Jason White (anak kandung);



Usia dan hari ulang tahun Superman.

Usia Superman telah bervariasi melalui sejarah dalam komik. Umurnya awalnya tidak didefinisikan, dengan waktu referensi nyata untuk tahun-tahun tertentu kadang-kadang diberikan kepada peristiwa masa lalu di Golden Age dan awal Perak komik Age. Dalam komik yang diterbitkan antara 1970-an dan awal 1990-an, usianya biasanya dikutip sebagai 29 tahun. Namun, selama Kematian Superman alur cerita, usia Clark diberikan sebagai 34 tahun (di koran promosi fiksi dipublikasikan), sementara tahun 1994 Zero Hour waktu didirikan usianya sebagai 35.

Dalam Golden Age, 1950 Action Comics # 149 memberikan Oktober sebagai tanggal lahir Superman. Dalam Silver Age dan cerita Zaman Perunggu, ulang tahun Superman digambarkan sebagai pada 29 Februari, seperti yang ditunjukkan pada Superman Tahunan # 11 pada tahun 1985. Clark Kent, sementara itu, akan merayakan hari ulang tahunnya pada tanggal 18 Juni, tanggal Kents pertama kali ditemukan Clark (18 Juni juga lahir dari Superman aktor suara Bud Collyer .) Pasca Krisis cerita juga referensi Februari 29 sebagai ulang Clark Kent , seperti yang ditunjukkan dalam Action Comics # 655 (Juli 1990). Namun, tahun 2009 Superman: Secret Origin menggambarkan Clark merayakan ulang tahunnya pada 1 Desember. 



Biografi Superman.


Rincian asal Superman, hubungan dan kemampuan berubah secara signifikan selama publikasi karakter, dari apa yang dianggap sebagai Golden Age of Comic Books melalui Zaman Modern . Kekuasaan dan penjahat dikembangkan melalui tahun 1940-an, dengan Superman mengembangkan kemampuan untuk terbang, dan penjahat berkostum diperkenalkan dari tahun 1941. Karakter ditunjukkan telah belajar keberadaan Krypton pada tahun 1949. Konsep itu sendiri semula didirikan untuk pembaca pada tahun 1939 di komik Superman. 

1960-an melihat pengenalan Superman kedua . DC telah menciptakan multiverse dalam alam semesta fiksi yang sang karakter. Hal ini memungkinkan karakter yang diterbitkan pada tahun 1940 untuk eksis bersama rekan-rekan diperbarui diterbitkan pada tahun 1960. Hal ini menjelaskan kepada pembaca melalui gagasan bahwa dua kelompok karakter dihuni Bumi paralel . Superman kedua diperkenalkan untuk menjelaskan kepada anggota pembaca Superman di kedua tim superhero 1940-an Masyarakat Kehakiman Amerika dan tim superhero tahun 1960 Justice League of America . 

1980-an melihat revisi radikal karakter. DC memutuskan untuk menghapus multiverse dalam upaya untuk menyederhanakan lini komik nya. Hal ini menyebabkan penulisan ulang kembali kisah dari karakter DC diterbitkan, Superman disertakan. John Byrne menulis ulang Superman, memindahkan kembali banyak ketentuan yang ditetapkan dan karakter dari kontinuitas, termasuk Superboy dan Supergirl. Byrne juga didirikan kembali orang tua angkat Superman, The Kents , sebagai karakter.  Dalam cerita sebelumnya, karakter telah ditulis sebagai telah meninggal di kehidupan awal Superman (tentang waktu kelulusan Clark Kent dari SMA).

File: Deathofsuperman.jpg
Superman meninggal di Lois Lane lengan 's: Superman No 75 (vol. 2 Januari 1993), Art by Dan Jurgens dan Brett Breeding

Pada tahun 1992 Superman dibunuh oleh penjahat Doomsday,  meskipun karakter segera dibangkitkan pada tahun berikutnya.  Superman juga menikah dengan Lois Lane pada tahun 1996. Asal-Nya kembali di 2004. Pada tahun 2006 Superman dilucuti kekuasaannya, meskipun ini dikembalikan dalam waktu satu tahun fiksi. 

Video Pertempuran SUPERMAN vs DOOMSDAY di Youtube, 
klik link untuk menyaksikan.

SUPERMAN: DOOMSDAY - The Death of Superman Part 1

SUPERMAN: DOOMSDAY - The Death of Superman Part 2

SUPERMAN: DOOMSDAY - The Death of Superman Part 3

SUPERMAN: DOOMSDAY - The Death of Superman Part 4

SUPERMAN: DOOMSDAY - The Death of Superman Part 5

Setelah konfrontasi dengan Jenius yang menghasilkan kematian ayahnya, Superman menemukan kota hilang dari Kandor, yang berisi 10.000 Kryptonians. Mereka tinggal di Bumi menyebabkan masalah, dan Kryptonians membuat planet mereka sendiri, New Krypton. Akhirnya, New Krypton perang upah terhadap Bumi. Kedua belah pihak mempertahankan korban besar dan sebagian besar Kryptonians dibunuh. Superman kemudian mulai perjalanan untuk berhubungan kembali dengan dunia rumah angkatnya.



Kekuatan dan kemampuan.


Sebagai pola dasar berpengaruh dari genre superhero, Superman memiliki kekuatan yang luar biasa, dengan karakter tradisional digambarkan sebagai "lebih cepat dari kecepatan peluru, lebih kuat dari lokomotif, dan mampu melompat gedung tinggi di terikat tunggal", sebuah frase diciptakan oleh Jay Morton dan pertama kali digunakan dalam serial radio Superman dan Max Fleischer celana pendek animasi tahun 1940-an,  serta serial TV tahun 1950-an. 

Untuk sebagian besar dari keberadaannya, persenjataan terkenal Superman :
  1. penerbang super 
  2. kekuatan super 
  3. kekebalan terhadap serangan non-magis, kecepatan super , 
  4. kekuatan visi (termasuk sinar-x , panas -memancarkan, teleskopik, infra-merah, dan mikroskopis visi)
  5. pendengaran super 
  6. kemampuan berpikir super 
  7. bernapas super, yang memungkinkan dia untuk meniup udara pada suhu beku, serta mengerahkan kekuatan pendorong dari kecepatan tinggi angin. 


Sebagai awalnya dipahami dan disajikan dalam cerita awal, kekuatan Superman relatif terbatas, terdiri dari kekuatan super yang memungkinkan dia untuk mengangkat mobil di atas kepalanya, berjalan pada kecepatan luar biasa dan melompat seperdelapan dari satu mil, serta sangat padat struktur tubuh yang bisa ditembus oleh tidak kurang dari shell artileri meledak.  Siegel dan Shuster membandingkan kekuatan dan kemampuan melompat semut dan belalang.  Ketika membuat kartun, para Saudara Fleischer merasa sulit untuk menjaga menghidupkan dia melompat dan diminta untuk DC untuk mengubah kemampuannya untuk terbang,. ini adalah konsep yang sangat nyaman untuk film pendek, yang akan dinyatakan telah membuang waktu berjalan berharga bergerak membumi Clark Kent dari satu tempat ke tempat.  

Penulis bertahap meningkat nya kekuasaan untuk luasan yang lebih besar selama Zaman Perak , dimana Superman bisa terbang ke dunia dan galaksi lain dan bahkan di seluruh alam semesta dengan relatif mudah. ​ Dia sering terbang melintasi tata surya untuk menghentikan meteor dari menabrak bumi, atau kadang-kadang hanya untuk menjernihkan pikirannya. 

Penulis merasa semakin sulit untuk menulis cerita Superman di mana karakter ini believably menantang, sehingga DC membuat serangkaian upaya untuk mengendalikan karakter masuk upaya yang paling signifikan, John Byrne 's 1986 rewrite, mendirikan beberapa batas keras pada kemampuannya: ia nyaris tidak selamat ledakan nuklir, dan penerbangan ruang-nya dibatasi oleh berapa lama dia bisa menahan nafas. Tingkat daya Superman ini telah kembali meningkat sejak itu, dengan Superman saat ini memiliki cukup kekuatan untuk melemparkan gunung, menahan ledakan nuklir dengan mudah, terbang ke matahari terluka, dan bertahan dalam kekosongan luar angkasa tanpa oksigen.

Sumber kekuatan Superman telah berubah secara halus selama sejarahnya. Ini pada awalnya menyatakan bahwa kemampuan Superman yang berasal dari warisan Krypton, yang membuatnya ribuan tahun lebih berkembang daripada manusia, ini segera diubah, dengan sumber kekuasaan sekarang didasarkan pada pembentukan gravitasi Krypton sebagai yang telah kuat dari itu Bumi. Situasi ini mencerminkan bahwa Edgar Rice Burroughs ' John Carter . Sebagai kekuatan Superman meningkat, implikasi bahwa semua Kryptonians telah memiliki kemampuan yang sama menjadi masalah bagi penulis, sehingga diragukan bahwa ras makhluk tersebut bisa telah hancur oleh sesuatu yang sepele sebagai planet meledak. Pada bagian untuk melawan ini, penulis Superman menetapkan bahwa Kryptonians, yang bintangnya asli Rao telah merah, memiliki kekuatan super hanya di bawah cahaya matahari kuning. 

Superman yang paling rentan terhadap hijau Kryptonite , puing-puing mineral dari Krypton berubah menjadi bahan radioaktif oleh kekuatan yang menghancurkan planet ini. Paparan radiasi Kryptonite hijau membatalkan kekuatan Superman dan melumpuhkan dia dengan rasa sakit dan mual, kontak yang terlalu lama akhirnya akan membunuhnya. 

Satu-satunya substansi di Bumi yang dapat melindungi dirinya dari Kryptonite adalah timah, yang menghambat radiasi. Timbal juga satu-satunya zat diketahui bahwa Superman tidak bisa melihat melalui dengan visi x-ray nya. Kryptonite pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1943 sebagai perangkat plot untuk memungkinkan radio suara aktor serial, Bud Collyer , untuk mengambil beberapa waktu. Meskipun hijau Kryptonite adalah bentuk yang paling sering terlihat, penulis telah memperkenalkan bentuk lain selama tahun: seperti merah, emas, biru, putih, dan hitam, masing-masing dengan efek sendiri. 


Musuh Superman.

Superman juga memiliki musuh, termasuk musuh bebuyutannya paling terkenal, Lex Luthor , yang telah dibayangkan selama bertahun-tahun dalam berbagai bentuk baik sebagai ilmuwan jenius yang brengsek dengan dendam pribadi terhadap Superman, dan kuat tapi korup CEO konglomerat disebut LexCorp yang berpikir Superman entah bagaimana menghambat kemajuan manusia dengan upaya heroik nya. 

Pada tahun 2000-an, ia bahkan menjadi presiden Amerika Serikat, dan telah digambarkan biasanya sebagai mantan sahabat masa kecil Clark Kent. Para alien android (dalam banyak inkarnasi) dikenal sebagai Jenius dianggap oleh Richard George menjadi musuh kedua yang paling efektif Superman. 

Musuh yang dicapai paling, dengan benar-benar membunuh Superman, adalah rakasa mengamuk Doomsday . Darkseid , satu dari makhluk paling kuat di DC Universe, juga merupakan musuh tangguh di sebagian besar pasca- Krisis komik. Musuh penting lainnya yang telah ditampilkan dalam berbagai inkarnasi dari karakter, dari buku komik ke film dan televisi termasuk kelima dimensi imp Pak Mxyzptlk , kebalikan Superman yang dikenal sebagai Bizarro dan penjahat Krypton Jenderal Zod , di antara banyak lainnya.




Publikasi Superman.
  • Publikasi Superman dalam Serial komik Superman


Komik dengan peran Superman sendiri tidaklah sesukses pada awal-awal kemunculannya. Superman lalu bergabung pada kelompok JLA sebagai pemimpinnya dan menjadi sebuah komik tersendiri. Dilain pihak Superman melakukan Cross-Over dengan jagoan dari DC lainnya seperti Superman vs Batman dan lain sebagainya.

File: Action Comics 1.jpg


Penampilan pertama Superman itu dalam Action Comics # 1, diterbitkan pada April 18, 1938 (cover-tanggal sampai Juni 1938). Pada tahun 1939, sebuah seri self-titled diluncurkan. Masalah pertama terutama dicetak ulang petualangan diterbitkan dalam Action Comics, tetapi meskipun ini buku mencapai penjualan yang lebih besar.  Tahun 1939 juga melihat publikasi dari New York World Fair Komik, yang pada musim panas tahun 1942 menjadi Komik Terbaik Dunia . Dengan masalah No.7 Tahun All Star Comics, Superman membuat pertama dari sejumlah penampilan jarang, pada kesempatan ini muncul dalam cameo untuk membangun keanggotaan kehormatan nya di Masyarakat Kehakiman Amerika . 


Awalnya Jerry Siegel dan Joe Shuster disediakan cerita dan seni untuk semua strip diterbitkan. Namun, penglihatan Shuster mulai memburuk, dan penampilan meningkatnya karakter berarti peningkatan beban kerja. Hal ini menyebabkan Shuster untuk mendirikan sebuah studio untuk membantu dalam produksi seni, meskipun ia bersikeras menggambar wajah setiap Superman studio diproduksi. Di luar studio, Jack Burnley mulai memasok selimut dan cerita pada tahun 1940, dan pada tahun 1941 seniman Fred Ray mulai berkontribusi aliran Superman meliputi, beberapa di antaranya, seperti yang dari Superman No.14 (Februari 1942), menjadi ikon dan banyak direproduksi. Wayne Boring , awalnya bekerja di studio Shuster, mulai bekerja untuk DC di kanan sendiri pada tahun 1942 menyediakan halaman untuk kedua Superman dan Action Comics. Al Plastino dipekerjakan awalnya untuk menyalin Wayne Boring namun akhirnya diizinkan untuk membuat gayanya sendiri dan menjadi salah satu yang paling produktif Superman seniman selama Emas dan Perak Abad komik. 

Tugas scripting juga menjadi bersama. Pada akhir 1939 sebuah tim editorial baru memegang kendali petualangan karakter. Whitney Ellsworth , Mort Weisinger dan Jack Schiff dibawa setelah kepergian Vin Sullivan. Tim editorial baru yang dibawa Edmond Hamilton , Manly Wade Wellman , dan Alfred Bester , didirikan penulis fiksi ilmiah. 

Pada tahun 1943, Jerry Siegel direkrut menjadi tentara dalam perayaan khusus, dan sebagai hasilnya kontribusi berkurang. Don Cameron dan Alvin Schwartz bergabung dengan tim penulisan, Schwartz bekerja sama dengan Wayne Boring untuk bekerja pada komik Superman , yang telah diluncurkan oleh Siegel dan Shuster pada tahun 1939. 

Pada tahun 1945, Superboy melakukan debut di Lebih Fun Comics # 101. Karakter pindah ke Petualangan Komik pada tahun 1946, dan judul sendiri, Superboy , diluncurkan pada tahun 1949. Tahun 1950-an melihat peluncuran Superman Pal Jimmy Olsen (1954) dan Superman Girl Friend, Lois Lane (1958). Pada tahun 1974 judul tersebut telah bergabung menjadi Superman Keluarga , meskipun seri dibatalkan pada tahun 1982. DC Comics Presents adalah serangkaian diterbitkan 1978-1986 menampilkan tim-up antara Superman dan berbagai karakter lain dari DC Universe .

Pada tahun 1986, diambil keputusan untuk merestrukturisasi semesta karakter Superman dihuni dengan karakter DC lainnya dalam mini-seri Crisis , sehingga dalam publikasi dari " Apapun yang Terjadi dengan Man of Tomorrow ", cerita dua bagian yang ditulis oleh Alan Moore , dengan seni oleh Curt Swan , George Pérez dan Kurt Schaffenberger .  Cerita ini diterbitkan dalam Superman No.423 dan No.583 Action Comics dan disajikan apa Les Daniels mencatat sebagai "rasa kehilangan fans mungkin memiliki dialami jika ini benar-benar telah menjadi Superman kisah lalu. " 

File: Mansteel1.png
Asal Superman dirubah dalam The Man of Steel No.1 (Juli 1986), yang ditulis dan digambar oleh John Byrne .


Superman diluncurkan kembali oleh penulis & seniman John Byrne , awalnya dalam seri terbatas The Man of Steel (1986). Tahun 1986 juga melihat pembatalan Komik Terbaik Dunia, dan judul Superman berganti nama The Adventures of Superman . 

Sebuah volume kedua Superman diluncurkan pada tahun 1987, berjalan sampai pembatalan pada tahun 2006. Setelah pembatalan ini, The Adventures of Superman kembali ke judul Superman. Superman: The Man of Steel diluncurkan pada tahun 1991, berjalan sampai tahun 2003, sedangkan triwulan buku Superman: The Man of Tomorrow berlari 1995-1999. 

Pada tahun 2003 Superman / Batman diluncurkan, berakhir pada tahun 2011 serta Superman: Birthright seri terbatas, dengan All-Star Superman diluncurkan pada tahun 2005 dan Superman Rahasia pada tahun 2006 (judul ini dibatalkan pada tahun 2008). Dia juga muncul di TV animasi berbasis seri buku komik tie-in Superman Adventures (1996-2002), Justice League Adventures , Justice League Terbatas (dibatalkan pada tahun 2008) dan The Legion of Super-Heroes Dalam 31 ​​Century (dibatalkan pada tahun 2008 ).

Pada tahun 2011, DC Comics diluncurkan kembali komik Superman, bersama dengan sisa gelar mereka .  Superman dan Action Comics dibatalkan dan restart dengan semua-baru # 1 masalah. Kostum Superman didesain ulang untuk terlihat lebih seperti baju besi dan celana pendek merah atas stoking telah dihapus.

Superman dan Wonder Woman berbagi ciuman di Justice League vol. 2, # 12 (Agustus 2013), yang sejak telah berkembang menjadi sebuah hubungan romantis. 

Seperti tahun 2013, publikasi yang sedang berlangsung yang menampilkan Superman secara teratur adalah Superman, Action Comics dan Justice League. Karakter sering muncul sebagai bintang tamu di serial lain dan biasanya seorang tokoh penting dalam DC Crossover acara .

  • Publikasi Superman dalam dunia film.
  1. 1948: Superman, sebuah serial dalam 15 seri yang dibintangi oleh Kirk Alyn dan Noel Neill.
  2. 1950: Atom Man vs. Superman serial dalam 15 bagian dibintangi oleh Kirk Alyn, Noel Neill dan Lyle Talbot. Bertampur dengan Atom Man dan Lex Luthor.
  3. 1951: Superman and the Mole Men, film layar lebar, dibintangi oleh George Reeves dan Phyllis Coates.
  4. 1954: Stamp Day for Superman, film berdurasi pendek menampilkan George Reeves dan Noel Neill mempromosikan Stamp Day untuk Department Keuangan Amerika.
  5. 1978: Superman, arahan Richard Donner dan dibintangi oleh Christopher Reeve, Marlon Brando, Gene Hackman dan Margot Kidder.
  6. 1981: Superman II, arahan Richard Lester dan dibintangi oleh Christopher Reeve, Margot Kidder, dan Terence Stamp.
  7. 1983: Superman III, arahan Richard Lester dan dibintangi oleh Christopher Reeve, Richard Pryor, Annette O'Toole dan Robert Vaughn.
  8. 1984: Supergirl, film untuk penghasilan tambahan berdasar karakter ekstra komik, arahan Jeannot Szwarc dan dibintangi oleh Helen Slater dan Faye Dunaway.
  9. 1987: Superman IV: The Quest For Peace, arahan Sidney J. Furie dan dibintangi oleh Christopher Reeve, Gene Hackman, Margot Kidder, dan Mariel Hemingway.
  10. 2006: Superman Returns, arahan Bryan Singer dan dibintangi oleh Brandon Routh, Kate Bosworth dan Kevin Spacey.
  11. 2006: Superman II: The Richard Donner's Cut. Versi suntingan baru film Superman II, menampilkan sekitar 70% tambahan panjang baru yang diambil oleh sutradara Richard Donner, termasuk materi baru yang menampilkan Marlon Brando.
  12. 2013: Man of Steel, film arahan Zack Snyder, dibintangi oleh Kevin Costner, Amy Adams, Russell Crowe dan Henry Cavill.

  • Publikasi Superman dalam Serial Televisi
  1. 1952 - 1958:Adventures of Superman, dibintangi oleh George Reeves, Phyllis Coates (musim 1) dan Noel Neill (musim 2 - 6).
  2. 1957: I Love Lucy - episode "Lucy and Superman" menampilkan George Reeves sebagai Superman.
  3. 1961: The Adventures of Superboy tidak ditayangkan di serial televisi, dibintangi Johnny Rockwell.
  4. 1975: It's A Bird, It's A Plane, It's Superman, produksi untuk televisi dari drama musikal broadway dibintangi oleh David Wilson and Lesley Ann Warren.
  5. 1988 - 1992: Superboy, serial televisi yang dibintangi John Haymes Newton (1988–1989), Gerard Christopher (1989–1992) dan Stacy Haiduk
  6. 1993 - 1997: Lois & Clark: The New Adventures of Superman, dibintangi Dean Cain dan Teri Hatcher.
  7. 2001 - (saat ini): Smallville, dibintangi Tom Welling, Michael Rosenbaum, Kristin Kreuk and Erica Durance.

  • Publikasi Superman dalam Video Game.

Sementara Superman sebagian besar dianggap sebagai superhero pola dasar, dan karakter unggulan dari DC Comics, ia telah menikmati hampir tidak ada keberhasilan dalam video game. Berbagai video game Superman telah dirilis, dimulai dengan 1978 Superman untuk Atari 2600 , tidak ada yang telah sukses secara komersial. 

Salah satu contoh yang paling terkenal adalah permainan 1999 untuk Nintendo 64 , hanya berjudul Superman (meskipun sering keliru disebut Superman 64 karena tradisi N64 games menempatkan nomor "64" pada akhir beberapa judul), yang sebagian besar dianggap menjadi salah satu permainan terburuk sepanjang masa.



"DC Versus Marvel"

Pada tahun 2007, sebuah situs mengadakan pemilihan pahlawan super dengan tenaga terkuat yang diberi judul “The Most Strength Superhero” (bahasa Indonesia: "Pahlawan Super Terkuat"). 
Berikut adalah yang menempati posisi kesatu hingga ketiga. 
  1. The Incredible Hulk (dari Marvel comic) 
  2. Superman (dari DC comic) 
  3. The Thing dari Fantastic Four (dari Marvel comic)

Namun kemudian, DC yang bekerja sama dengan Marvel menerbitkan komik gabungan yang berjudul “DC versus Marvel”. Pada komik ini mempertemukan beberapa tokoh DC melawan tokoh Marvel. Dan di antaranya mempertemukan juara 1 The Incredible Hulk yang dipertemukan melawan Supeman. Dan pada pertarungan ini, Superman berhasil mengalahkan The Incredible Hulk yang berarti meruntuhkan pendapat bahwa Hulk lebih kuat daripada Superman. Bahkan The Thing yang menempati posisi ketiga berhasil dikalahkan oleh Martian Manhunter yang kembali meruntuhkan posisi The Thing.



Penerimaan Kritis dan popularitas.

File: Obama Superman Los Angeles.jpg
Barack Obama sebagai Superman, Los Angeles , California.

Karakter Superman dan berbagai seri komiknya telah menerima berbagai penghargaan selama bertahun-tahun.
  1. Majalah "Empire" menamainya tokoh buku komik terbesar sepanjang masa 
  2. Pemerintahan Superman yang merupakan salah satu dari banyak alur cerita atau karya telah menerima Pembeli Komik Panduan untuk Penghargaan Fan, memenangkan kategori Cerita Komik Favorit tahun 1993 
  3. Superman datang di nomor 2 di VH1 Top Ikon Budaya Pop 2004 
  4. Juga pada tahun 2004, "Cinemagoers" Inggris sebagai Superman superhero terbesar sepanjang masa 
  5. Bekerja menampilkan karakter juga telah mengumpulkan enam Eisner Awards dan tiga Harvey Awards , baik untuk bekerja sendiri atau pencipta karya
  6. Film-film Superman telah menerima sejumlah nominasi dan penghargaan, dengan Christopher Reeve memenangkan BAFTA untuk penampilannya dalam Superman: The Movie
  7. The Smallville serial televisi telah mengumpulkan Emmy untuk awak dan berbagai penghargaan lainnya.






Masalah hak cipta.

Joe Shuster & Jerry Siegel, BBC © BBC Four (1981)


Sebagai bagian dari kesepakatan yang melihat Superman diterbitkan dalam Action Comics, Siegel dan Shuster menjual hak kepada perusahaan dengan imbalan sebesar $ 130 dan kontrak untuk memasok penerbit dengan bahan. 

The Saturday Evening Post melaporkan pada tahun 1940 bahwa pasangan itu masing-masing yang dibayar $ 75.000 per tahun, sebagian kecil dari jutaan Nasional Komik Publikasi 'keuntungan Superman.  Siegel dan Shuster dinegosiasi ulang kesepakatan mereka, tapi darah yang buruk berlama-lama dan pada tahun 1947 Siegel dan Shuster digugat untuk kontrak 1938 mereka harus dibuat batal dan pembentukan kembali kepemilikan mereka atas hak kekayaan intelektual Superman. Pasangan ini juga menggugat Nasional pada tahun yang sama atas hak Superboy, yang mereka mengklaim adalah ciptaan terpisah yang Nasional telah diterbitkan tanpa otorisasi. Nasional segera memecat mereka dan mengambil byline mereka dari cerita, mendorong pertempuran hukum yang berakhir pada tahun 1948, ketika pengadilan New York memutuskan bahwa kontrak 1938 harus ditegakkan. Namun, putusan dari Hakim J. Addison muda diberikan Siegel hak Superboy. Sebulan setelah penghakiman Superboy kedua belah pihak menyepakati penyelesaian . Nasional dibayar Siegel dan Shuster $ 94.000 untuk menjatuhkan semua klaim. Pasangan ini juga mengakui secara tertulis kepemilikan perusahaan dari Superman, membuktikan bahwa mereka memegang hak untuk "semua bentuk lain reproduksi dan presentasi, apakah sekarang ada atau yang mungkin selanjutnya akan dibuat", tetapi DC menolak untuk kembali mempekerjakan mereka . 

Pada tahun 1973 Siegel dan Shuster kembali meluncurkan gugatan mengklaim kepemilikan Superman, kali ini mendasarkan klaim pada UU Hak Cipta tahun 1909 yang melihat hak cipta diberikan selama 28 tahun, tetapi diperbolehkan untuk perpanjangan tambahan 28 tahun. Argumen mereka adalah bahwa mereka telah diberikan DC hak cipta untuk hanya 28 tahun. Pasangan ini kembali kehilangan pertempuran ini, baik di pengadilan distrik berkuasa 18 Oktober 1973 dan pengadilan banding putusan tanggal 5 Desember 1974.

Pada tahun 1975 setelah laporan berita keberadaan orang miskin seperti mereka, Warner Communications memberi Siegel dan Shuster seumur hidup pensiun sebesar $ 20,000 per tahun dan tunjangan kesehatan. Jay Emmett, wakil presiden maka eksekutif Warner Bros, seperti dikutip The New York Times yang menyatakan, "Tidak ada kewajiban hukum, tapi saya yakin merasa ada kewajiban moral di pihak kita." Heidi MacDonald, menulis untuk Publishers Weekly, mencatat bahwa di samping pensiun ini "Warner sepakat bahwa Siegel dan Shuster selanjutnya akan dikreditkan sebagai pencipta Superman pada semua komik, acara TV dan film".

Tahun setelah penyelesaian ini, 1976, jangka waktu hak cipta diperpanjang lagi, kali ini selama 19 tahun dengan total 75 tahun. Namun, kali ini klausa dimasukkan ke ekstensi untuk memungkinkan penulis untuk merebut kembali pekerjaan mereka, mencerminkan argumen Siegel dan Shuster telah membuat tahun 1973. The UU baru mulai berlaku pada tahun 1978 dan memungkinkan jendela reklamasi dalam periode yang bersangkutan berdasarkan masa berlaku hak cipta sebelumnya 56 tahun. Ini berarti hak cipta pada Superman bisa direklamasi antara tahun 1994 sampai dengan tahun 1999 berdasarkan tanggal publikasi awal tahun 1938. Jerry Siegel telah meninggal pada Januari 1996, istri dan putrinya mengajukan pemberitahuan penghentian hak cipta pada tahun 1999. Meskipun Joe Shuster meninggal pada Juli 1992, tidak ada pemutusan diajukan pada waktu itu oleh-Nya real .

Pada tahun 1998, hak cipta diperpanjang lagi dengan Sonny Bono Copyright Term Perpanjangan Act . Kali ini istilah hak cipta diperpanjang sampai 95 tahun dengan jendela lebih lanjut untuk reklamasi diperkenalkan. Pada Januari 2004 Mark Peary, keponakan dan hukum waris dengan real Joe Shuster itu, mengajukan pemberitahuan niatnya untuk merebut kembali setengah Shuster tentang hak cipta, penghentian efektif pada tahun 2013. Status saham Siegel hak cipta sekarang subjek pertempuran hukum. Warner Bros dan Siegel mengadakan diskusi tentang cara mengatasi masalah yang diangkat oleh pemberitahuan penghentian, tetapi diskusi ini disisihkan oleh Siegel dan pada bulan Oktober 2004 mereka mengajukan gugatan dugaan pelanggaran hak cipta pada bagian dari Warner Bros Warner Bros kontra digugat, menuduh bahwa pemberitahuan penghentian mengandung cacat, antara argumen lain.

Pada tanggal 26 Maret 2008, Hakim Larson dari Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Pusat California memutuskan bahwa real Siegel berhak untuk mengklaim saham di Amerika Serikat hak cipta. Keputusan itu tidak mempengaruhi hak-hak Internasional, yang Time Warner berpegang pada karakter melalui DC. Isu mengenai jumlah uang yang dipinjam real Siegel dan apakah klaim perkebunan memiliki meluas ke karya turunan seperti versi film akan diselesaikan di pengadilan, meskipun kompensasi apapun akan berutang hanya dari karya yang diterbitkan sejak tahun 1999. Time Warner tidak memberikan pernyataan pada putusan tetapi memiliki hak untuk menantang itu. Kasus ini dijadwalkan untuk didengar di California pengadilan federal pada bulan Mei, 2008.

Sebuah pemberitahuan pemutusan-of-hak cipta yang sama diajukan pada tahun 2002 oleh Siegel istri dan anak mengenai karakter Superboy diperintah pada menguntungkan mereka pada tanggal 23 Maret 2006. Namun, pada tanggal 27 Juli 2007, pengadilan yang sama mengeluarkan putusan membalikkan 23 Maret 2006 berkuasa. Putusan ini saat ini tunduk pada tantangan hukum dari Time Warner, dengan kasus yang belum terselesaikan.

File: Siegels.jpg The
Jerry Siegel, dengan istri dan anak perempuannya Joanne Laura pada tahun 1976. Joanne dan Laura Siegel mengajukan pemberitahuan berakhirnya Persetujuan pada saham Jerry Siegel hak cipta Superman pada tahun 1999.

Sebuah tanggal 9 Juli 2009, putusan pada kasus ini membantah klaim oleh keluarga Siegel bahwa itu berutang biaya lisensi. Pengadilan Distrik AS Hakim Stephen G. Larson mengatakan Warner Bros dan DC Comics telah memenuhi kewajiban mereka untuk Siegel bawah perjanjian pembagian keuntungan untuk film 2006 Superman Returns dan CW seri Smallville . Namun, pengadilan juga memutuskan bahwa jika Warner Bros tidak memulai film Superman baru pada tahun 2011, keluarga akan memiliki hak untuk menuntut untuk memulihkan kerusakan. Warner Bros menyewa David S. Goyer untuk menulis naskah dan Christopher Nolan untuk menghasilkan pada tahun 2010.

Pada tanggal 10 Januari 2013, 9th Circuit Pengadilan Banding memutuskan bahwa perjanjian 2001 bahwa keluarga Siegel telah dicapai dengan DC Comics masih mengikat secara hukum, sehingga quashing 2008 keputusan dalam mendukung Siegel. Satunya hak cipta ini secara efektif memastikan DC Comics 'Superman.


Sumber : 

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Superman
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Superman




Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??