iPhone, Si Telepon Cerdas Untuk Pemakai Yang Cerdas.



Judul di atas sengaja saya tulis seperti itu, lantaran saya merasa aneh padahampir semua pemakai smartphone di Indonesia. Hampir semua para kawula muda Indonesia begitu gandrungnya pada teknologi, ya mereka adalah para remaja yang cenderung bergaya modern walau harus merogoh kocek yang dalam (kadang jika tidak ada uang, mereka bela-belain utang/ kredit, hanya untuk satu kata : "pokoknya aku harus punya iPhone !". Lucunya mereka hanya memakai sebagian kecil dari fasilitas yang tersedia di dalamnya. Melalui tulisan ini mari mengenal iPhone, beserta teknologi yang ada di dalamnya, harapannya agar tidak rugi anda memiliki benda canggih tersebut hanya untuk telepon, sms, chatting, facebook atau beberapa fungsi sederhana lain.


iPhone ( /ˈaɪfoʊn/ eye-fohn) adalah jajaran telepon pintar yang dirancang dan dipasarkan oleh Apple Inc. iPhone menggunakan sistem operasi telepon genggam iOS Apple yang dikenal dengan nama "iPhone OS" sampai pertengahan 2010, sesaat setelah peluncuran iPad. iPhone pertama diluncurkan tanggal 29 Juni 2007; iPhone terbaru, yaitu iPhone 5 generasi keenam, diluncurkan tanggal 21 September 2012.


IPhone ini memungkinkan audio yang conferencing , call holding, panggilan penggabungan, caller ID , dan integrasi dengan fitur jaringan selular dan fungsi iPhone. Misalnya, jika musik yang sedang dimainkan saat panggilan diterima, memudar musik keluar, dan memudar kembali ketika panggilan berakhir.

The sensor jarak menutup layar dan touch-sensitive sirkuit ketika iPhone dibawa dekat ke wajah, baik untuk menghemat baterai dan mencegah sentuhan yang tidak disengaja. IPhone tidak mendukung video calling atau videoconference pada versi sebelum generasi keempat, karena hanya ada satu kamera di sisi berlawanan dari layar.

Ketika melakukan panggilan, iPhone menyajikan sejumlah pilihan, termasuk FaceTime pada model yang didukung. Layar otomatis dinonaktifkan saat dipegang dekat wajah.

IPhone 4 mendukung video calling baik menggunakan bagian depan atau kamera belakang melalui Wi-Fi, Apple fitur panggilan FaceTime. Yang pertama dua model hanya mendukung panggilan suara melalui aplikasi pihak ketiga. Kontrol suara, hanya tersedia pada iPhone 3GS dan iPhone 4, memungkinkan pengguna untuk mengatakan nama kontak atau nomor dan iPhone akan memanggil.

IPhone ini mencakup visual voicemail (di beberapa negara) fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat daftar pesan voicemail saat di layar tanpa harus menelepon ke voicemail mereka. Tidak seperti kebanyakan sistem lain, pesan dapat didengarkan dan dihapus dalam urutan non-kronologis dengan memilih pesan dari daftar pada layar.

Sebuah musik ringtone fitur diperkenalkan di Amerika Serikat pada tanggal 5 September 2007. Pengguna dapat membuat nada dering kustom dari lagu yang dibeli dari iTunes Store untuk biaya tambahan kecil. Nada dering bisa panjang dari setiap bagian dari lagu 3 sampai 30 detik, bisa memudar masuk dan keluar, jeda dari setengah detik sampai lima detik saat dilingkarkan, atau loop terus menerus . Semua menyesuaikan dapat dilakukan di iTunes, atau alternatif dengan Apple GarageBand software 4.1.1 atau yang lebih baru (hanya tersedia pada Mac OS X ) atau alat pihak ketiga.

IPhone, iPod Touch dan iPad menjalankan sistem operasi yang dikenal sebagai iOS (iPhone OS sebelumnya). Ini adalah varian yang sama Darwin sistem operasi inti yang ditemukan di Mac OS X . Juga termasuk adalah " Animasi Inti "komponen perangkat lunak dari Mac OS X v10.5 Leopard. Bersama dengan PowerVR perangkat keras (dan pada 3GS iPhone, OpenGL ES 2.0), ia bertanggung jawab untuk antarmuka itu gerak grafis . Sistem operasi memakan waktu kurang dari setengah gigabyte .

Seperti iPod, iPhone dikelola dari komputer menggunakan iTunes. Versi-versi awal dari OS yang dibutuhkan versi 7.3 atau yang lebih baru , yang kompatibel dengan Mac OS X versi 10.3.9 Panther atau lambat, dan 32-bit Windows XP atau Vista . Pelepasan iTunes 7.6 memperluas dukungan ini untuk memasukkan 64 versi-bit XP dan Vista, dan solusi telah ditemukan untuk 64-bit sistem operasi Windows sebelumnya.

Apple menyediakan update gratis ke OS untuk iPhone melalui iTunes, dan update besar secara historis disertai model-model baru. update tersebut sering membutuhkan versi terbaru dari iTunes, misalnya, update 3.0 memerlukan iTunes 8.2-tapi persyaratan sistem iTunes tetap sama. Pembaruan termasuk perbaikan bug, patch keamanan dan fitur baru. Sebagai contoh, pengguna iPhone 3G awalnya mengalami menjatuhkan panggilan sampai pembaruan dikeluarkan.

Versi 3.1 diperlukan iTunes 9.0, dan iOS 4 diperlukan iTunes 9.2. iTunes 10.5, yang diperlukan untuk sinkronisasi dan mengaktifkan iOS 5, membutuhkan Mac OS X 10.5.8 atau Leopard di G4 atau G5 komputer pada 800 MHz atau lebih tinggi; versi 10.3 dan 10.4 dan 10.5-10.5.7 tidak lagi didukung.

File: IOS 6 Rumah Screen.png
Default layar Asal iOS 6 menunjukkan sebagian besar aplikasi yang disediakan oleh Apple. 

Dengan rilis iOS 6 , yang dirilis pada tanggal 19 September 2012, Apple menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memiliki pilihan untuk menolak panggilan telepon ketika seseorang memanggil mereka. Pengguna memiliki kemampuan untuk membalas dengan pesan, atau untuk mengatur pengingat untuk memanggil mereka kembali di lain waktu. Pada tanggal 12 September 2012, Apple meluncurkan iPhone 5, iterasi keenam dari iPhone. Fitur baru termasuk besar layar 4 inci, desain tipis dan 4G LTE. Antarmuka penggunanya dikembangkan secara menyeluruh di layar multisentuhnya, termasuk sebuah papan ketik virtual. iPhone memiliki konektivitas Wi-Fi dan seluler (2G, 3G dan 4G).

Secara singkat iPhone dapat anda memanfaatkanya untuk: 
  1. merekam video (meski tidak dijadikan fitur standar sampai iPhone 3GS), 
  2. mengambil foto, 
  3. memutar musik, 
  4. mengirim dan menerima surel, 
  5. menjelajah web, 
  6. mengirim SMS, dan 
  7. menerima surat suara visual. 
  8. permainan, 
  9. referensi, 
  10. navigasi GPS, 
  11. jejaring sosial, dll.
Aplikasi dalam iPhone dapat diaktifkan dengan mengunduh aplikasi, App Store menawarkan lebih dari 700.000 aplikasi buatan Apple dan pengembang pihak ketiga. Nah sekarang anda pahamkan fungsi iPhone sesungguhnya, berapa point dari fungsi tersebut yang telah anda manfaatkan ? 

Dalam sejarahnya dari tahun 2007 sampai 2013 ini iPhone telah melahirkan enam generasi model iPhone, masing-masing dilengkapi satu dari enam versi iOS yang tersedia.

iPhone Evolution iPhone 5 Rumored specs
  1. iPhone pertama, dirilis pada tanggal 29 Juni 2007,  berupa telepon Pita frekuensi GSM dan menjadi perintis desain produk-produk selanjutnya; ukuran layar dan penempatan tombolnya tidak berubah di seluruh jajaran produknya. 
  2. iPhone 3G, dirilis pada tanggal  11 Juli 2008, dilengkapi kemampuan jaringan seluler 3G dan lokasi A-GPS. 
  3. iPhone 3GS, dirilis pada tanggal 19 Juni 2009, dilengkapi prosesor yang lebih cepat dan kamera beresolusi tinggi yang dapat merekam video beresolusi 480p. 
  4. iPhone 4, dirilis pada tanggal 24 Juni 2010,  dilengkapi "retina display" 960 × 640, sebuah kamera belakang beresolusi tinggi dan sebuah kamera depan beresolusi rendah untuk panggilan video dan aplikasi lain. 
  5. iPhone 4S, dirilis pada tanggal 14 Oktober 2011, dilengkapi kamera 8-megapiksel dengan kemampuan merekam video beresolusi 1080p, prosesor inti ganda, dan sistem kendali suara bahasa alami bernama Siri.
  6. iPhone 5, dirilis pada tanggal 21 September 2012, dilengkapi prosesor A6 baru, layar Retina 4-inci yang lebih besar daripada layar 3,5-inci di iPhone versi sebelumnya, dan menggantikan konektor 30 pin dengan konektor digital Lightning.


Sejarah Pengembangan.



Pengembangan apa yang menjadi iPhone dimulai pada tahun 2004, ketika Apple mulai mengumpulkan tim 1000 karyawan untuk bekerja pada sangat rahasia "Project Purple", termasuk Sir Jonathan Ive , desainer di belakang iPhone. CEO Apple, Steve Jobs mengarahkan fokus asli dari tablet, seperti iPad , dan menuju telepon. Apple menciptakan perangkat selama kerjasama rahasia dengan AT & T Mobility -Cingular Wireless pada waktu-dengan biaya pembangunan sekitar US $ 150.000.000 lebih dari tiga puluh bulan.

Apel menolak " desain oleh panitia "pendekatan yang telah menghasilkan para Motorola ROKR E1 , yang sebagian besar tidak berhasil bekerja sama dengan Motorola . Sebaliknya, Cingular memberi Apple kebebasan untuk mengembangkan perangkat keras iPhone dan perangkat lunak di rumah dan bahkan dibayar Apple sebagian kecil dari pendapatan layanan bulanan (sampai iPhone 3G), dalam pertukaran untuk empat tahun penjualan eksklusif AS, sampai 2011.

Jobs meluncurkan iPhone untuk umum pada tanggal 9 Januari 2007, di Macworld 2007 konvensi di Moscone Center di San Francisco. Kedua model awal, 4 GB model yang dibanderol dengan harga US $ 499 dan model 8 GB seharga US $ 599, mulai dijual di Amerika Serikat pada tanggal 29 Juni 2007, pukul 06:00 waktu setempat, sementara ratusan pelanggan berjajar up di luar toko nasional. Reaksi bergairah untuk peluncuran iPhone mengakibatkan bagian dari media dubbing menjadi 'Yesus telepon.  The 1st iPhone generasi dibuat tersedia di Inggris, Perancis , dan Jerman pada bulan November 2007, dan Irlandia dan Austria pada musim semi 2008.

Sebelum rilis iPhone, produsen handset seperti Nokia dan Motorola sedang menikmati rekor penjualan ponsel lebih didasarkan pada fashion dan merek daripada inovasi teknologi. iPhone namun mendasar mengubah industri, dengan Steve Jobs menyatakan pada tahun 2007 bahwa "telepon itu bukan hanya alat komunikasi tetapi cara hidup". yang dominan sistem operasi mobile saat seperti Symbian , BlackBerry OS , dan Windows Mobile tidak dirancang untuk menangani tugas-tugas tambahan di luar komunikasi dan fungsi dasar, iPhone OS (iOS berganti nama pada tahun 2010) dirancang sebagai OS yang kuat dengan kemampuan seperti multitasking dan grafis dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan konsumen di masa depan. Ini sistem operasi tidak pernah berfokus pada aplikasi dan pengembang, dan karena pertikaian antara produsen serta sebagai birokrasi yang rumit dan bloatness dari OS, mereka tidak pernah mengembangkan ekosistem berkembang seperti Apple App Store atau Android 's Google Play . Rival produsen telah dipaksa untuk menghabiskan lebih banyak pada perangkat lunak dan biaya pengembangan untuk menangkap sampai ke iPhone. Keberhasilan iPhone telah menyebabkan kematian di ponsel fashion high-end dan smartphone berorientasi bisnis seperti Vertu dan BlackBerry , masing-masing.


Pada tanggal 11 Juli 2008, Apple merilis iPhone 3G di dua puluh dua negara, termasuk enam aslinya.  Apple merilis iPhone 3G di atas dari delapan puluh negara dan wilayah. Apple mengumumkan iPhone 3GS pada tanggal 8 Juni, 2009, bersama dengan rencana untuk merilis nanti bulan Juni, Juli, dan Agustus, dimulai dengan Amerika Serikat, Kanada dan negara-negara besar Eropa pada 19 Juni. Banyak calon pengguna keberatan dengan biaya iPhone, dan 40% dari pengguna memiliki pendapatan rumah tangga lebih dari US $ 100.000.

File: 3rareiphoneviews.jpg
Tiga generasi dari iPhone, terlihat dari belakang. dari kiri ke kanan: gengenerasi pertama, 3GS putih, hitam 4.

Bagian belakang asli iPhone generasi 1 yang terbuat dari aluminium dengan aksen plastik hitam. IPhone 3G dan 3GS memiliki plastik penuh kembali untuk meningkatkan kekuatan GSM sinyal. iPhone 3G yang tersedia dalam model 8 GB hitam, atau pilihan hitam atau putih untuk model 16 GB. IPhone 3GS tersedia dalam dua warna, terlepas dari kapasitas penyimpanan.

IPhone 4 memiliki aluminosilikat kaca depan dan belakang dengan stainless steel tepi yang berfungsi sebagai antena . Itu pada awalnya tersedia dalam warna hitam, versi putih diumumkan, tapi tidak dirilis sampai April 2011, 10 bulan kemudian.

IPhone telah mengumpulkan review positif dari kritikus seperti David Pogue dan Walt Mossberg . iPhone menarik pengguna dari segala usia, dan selain digunakan konsumen, iPhone juga telah diadopsi untuk tujuan bisnis .

Pengguna iPhone 4 melaporkan panggilan telepon yang terputus / terputus ketika memegang ponsel mereka dengan cara tertentu. Ini dikenal sebagai antennagate .

Pada 11 Januari 2011, Verizon mengumumkan selama acara media bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Apple dan akan mulai menjual CDMA2000 iPhone 4 . Verizon mengatakan akan tersedia untuk pre-order pada tanggal 3 Februari, dengan rilis ditetapkan untuk 10 Februari. Pada bulan Februari 2011, iPhone Verizon menyumbang 4,5% dari semua tayangan iklan iPhone di AS pada jaringan iklan seluler Seribu Media.


Dari 2007-2011, Apple menghabiskan $ 647.000.000 pada iklan untuk iPhone di Amerika Serikat. Pada Selasa, 27 September, Apple mengirimkan undangan untuk acara pers yang akan diselenggarakan 4 Oktober 2011, pukul 10.00 WIB di Markas Cupertino mengumumkan rincian dari iPhone generasi berikutnya, yang ternyata menjadi iPhone 4S . Lebih dari 1 juta model 4S terjual dalam 24 jam pertama setelah rilis pada bulan Oktober 2011. Karena volume besar dari iPhone yang diproduksi dan harga jual yang tinggi, Apple menjadi penjual handset mobile terbesar di dunia dengan pendapatan, pada tahun 2011, melebihi pemimpin lama Nokia . Amerika pembawa C Spire Wireless mengumumkan bahwa mereka akan membawa iPhone 4S pada tanggal 19 Oktober 2011.

Pada Januari 2012, Apple melaporkan laba kuartalan terbaik yang pernah, dengan 53% dari total pendapatan berasal dari penjualan 37 juta iPhone, dengan harga jual rata-rata hampir $ 660. Harga jual rata-rata tetap cukup konstan untuk sebagian besar ponsel umur, melayang antara $ 622 dan $ 660.   Harga produksi iPhone 4S diperkirakan oleh IHS iSuppli , pada Oktober 2011, menjadi $ 188, $ 207 dan $ 245, untuk 16GB, model 32GB dan 64GB, masing-masing.  Biaya tenaga kerja diperkirakan antara $ 12,5 dan $ 30 per unit, dengan pekerja pada iPhone perakitan membuat $ 1,78 per jam.

Pada bulan Februari 2012, ComScore melaporkan bahwa 12,4% dari pelanggan seluler AS menggunakan iPhone. Sekitar 6,4 juta iPhone yang aktif di Amerika Serikat saja.

Pada tanggal 12 September 2012, Apple mengumumkan iPhone 5. Hal ini memiliki layar 4-inci, naik dari layar pendahulunya '3,5 inci. Perangkat ini dilengkapi dengan sama 326 pixel per inci ditemukan di iPhone 4 dan 4S. IPhone 5 memiliki soc prosesor A6, chip adalah 22% lebih kecil dari A5 iPhone 4S 'dan dua kali lebih cepat, menggandakan kinerja grafis pendahulunya. Perangkat ini 18% lebih tipis dari iPhone 4S, mengukur 7.6mm, dan 20% lebih ringan pada 112 gram.


Konflik nama produk

Meksiko
Pada tahun 2003 (4 tahun sebelum iPhone diperkenalkan secara resmi), merek dagang iFone telah terdaftar di Meksiko oleh sebuah perusahaan sistem komunikasi dan layanan, bernama iFone. Apple mencoba untuk mendapatkan kontrol dari nama produknya, namun pengadilan Meksiko menolak permintaan itu. Kasus dimulai pada tahun 2009, saat perusahaan Meksiko tersebut menuntut Apple.

Brazil
Pada tahun 2000 merek IPHONE telah terdaftar oleh perusahaan bernama Gradiente Eletrônica S.A., sekarang bernama IGB ELETRÔNICA S.A. Di Brazil, kasus ini berakhir pada tahun 2008.

Sumber :
  1. http://en.wikipedia.org/wiki/IPhone
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/IPhone

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??