Senin, 27 Januari 2014

Mendapatkan tambahan usaha tanpa harus meminjam dari Bank.


Saat kita mengembangkan sebuah usaha kebutuhan tambahan modal untuk mengembangkan usaha dirasa penting dan krusial karena modal tersebut akan menambah besar usaha yang kita jalankan sehingga berpotensi melipatgandakan penghasilan yang dimiliki. Apalagi jika usaha Anda sudah memiliki pelanggan tetap yang selalu rutin membeli produk Anda sehingga potensi kerugian yang didapat pun bisa ditekan.

Namun untuk mendapatkan modal tambahan usaha tersebut tidaklah selalu berjalan mulus, apalagi jika peluang untuk mendapatkan tambahan dana seperti dari Bank sudah tertutup dan sangatlah sulit. Jika ini menimpa usaha Anda maka Anda bisa melakukan berbagai cara alternatif untuk mendapatkan tambahan modal tanpa harus meminjam ke Bank.


Berikut beberapa cara alternatif untuk mendapatkan tambahan dana dari Bank tersebut.

1. Negosiasi kebijakan dengan supplier
Jika kita menjalankan bisnis yang berhubungan dengan supplier seperti bisnis baju, pangkalan gas atau berbagai bisnis lainnya yang berhubungan dengan produsen besar maka cobalah untuk menegosiasikan tambahan produk yang akan dijual ini kepada supplier. 

Pastikan bahwa pengajuan yang Anda tawarkan benar-benar menguntungkan dan dapat dipercaya, Anda tidak boleh memiliki rekam jejak yang buruk serta bisa bekerja sama dengan baik dengan supplier sebelumnya.
Jika perlu untuk mendapatkan tambahan dana Anda juga bisa menjaminkan BPKB kendaraan sebagai wujud jaminan.


2. Bekerjasama dengan investor non bank

Investor non bank bisa berasal dari berbagai pihak, salah satunya adalah teman atau saudara. Ajukan proposal kerjasama dengan matang dan terpercaya serta beberkan potensi keuntungan yang mungkin bisa didapat.

Namun sebelum berlanjut ke tanda tangan kerjasama pastikan bahwa Anda harus jujur dan amanah dalam menjalankan usaha ini, karena kejujuran akan membuat jalinan relasi menjadi langgeng. Sebaliknya jika Anda berlaku curang bukan tidak mungkin malah akan menambah konflik baru yang akan muncul.


3. Dongkrak pendapatan dengan tambahan varian penjualan
Jika selama ini Anda hanya menjual produk dengan cara konvensional, maka cobalah untuk menambah inovasi dan berbagai sentuhan baru dalam bisnis Anda sehingga pelanggan bisa lebih tertarik untuk membeli produk Anda.  Dari inovasi ini Anda akan mendapatkan tambahan dana dan modal tanpa harus meminta tambahan dana dari Bank.

Sumber : http://idebisnis-ideusaha.blogspot.com/, dikutip dari : http://entrepreneurshiplearningcenter.blogspot.com/.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...