Senin, 09 Desember 2013

Inilah Cara Wanita Agar Terhindar Dari Kejahatan Seksual


Pelecehan seksual semakin hari semakin marak terjadi. Korbannya, hampir didominasi oleh wanita. Ironisnya, kebanyakan dari para pelaku pelecehan adalah orang-orang yang memiliki hubungan dekat dengan korbannya. Bahkan, suami atau pacar bisa jadi pelaku pelecehan seksual. Bukan hanya orang terdekat, jika ada kesempatan, orang-orang yang tidak dikenalpun bisa melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. 


Lalu, bagaimana cara mencegah terjadinya hal tidak menyenangkan ini? Dilansir dari situs University of Ottawa, berikut cara mencegah kekerasan seksual. 


Beri jarak

Kekerasan seksual adalah sesuatu yang paling sulit dicegah dibanding jenis kejahatan lainnya. Untuk itu, meski Anda sudah memiliki hubungan yang dekat dengan seseorang, teman, pacar, ataupun keluarga, Anda tetap harus memberi jarak yang pasti. Jangan biarkan siapapun merasa bahwa mereka memiliki hak untuk mengakses tubuh Anda dengan bebas. 


Saling melindungi

Saat bepergian, lakukanlah bersama orang-orang yang dapat Anda percaya untuk saling melindungi dari tindak kejahatan apapun. Pastikan, teman-teman Anda dapat mengawasi dan memastikan bahwa diri Anda akan tetap aman bersama mereka. Saat Anda harus mengadakan pertemuan penting dengan seseorang yang tak dikenal, pastikan bahwa minimal ada satu orang yang tahu kemana Anda pergi. Lakukan hal yang sama kepada teman-teman Anda. Dengan saling menjaga, Anda dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya kekerasan seksual. 


Waspada di perjalanan

Saat menggunakan kendaraan umum, pastikan Anda mencari transportasi umum yang aman. Pastikan juga, Anda membawa cukup uang untuk ongkos taksi atau bus. Jika memilih taksi, catat nomor taksi, nama dan nomor pengemudi taksi yang Anda tumpangi. Kirim data tersebut pada teman atau seseorang yang Anda percaya. Pastikan mereka tahu kemana Anda akan pergi. Selain itu, ketika menunggu taksi atau bus, pastikan Anda berada di lokasi ramai dan cukup terang. Hindari jalan pintas atau jalan-jalan yang sepi. Waspada jika ada seseorang yang mengikuti Anda. Jangan takut berteriak atau meminta bantuan orang lain di sekeliling saat melihat hal-hal mencurigakan.


Ambil minuman sendiri

Beberapa orang menggunakan obat untuk melumpuhkan korban-korban mereka. Obat tersebut biasanya tidak berwarna, tidak berbau dan hambar, sehingga tidak akan ada yang tahu, jika dicelupkan di dalam minuman. Karenanya, jangan pernah meninggalkan minuman Anda tanpa pengawasan. Jika ingin ke kamar kecil, akan lebih baik jika menghabiskan minuman terlebih dulu. Saat berada di bar, perhatikan bartender saat menyiapkan minuman Anda.

Penulis : Lesthia Kertopati, Marlina Irdayanti
Sumber : http://life.viva.co.id/, Senin, 9 Desember 2013, 13:57 WIB