Kamis, 26 Desember 2013

Menguak Kebenaran Misteri Terbesar Dalam Peringatan Natal : "Sinterklas" dan temannya Zwarte Piet ("Piet Hitam").

Santa

Sinterklas (dalam bahasa lain juga dikenal dengan nama Santa Klaus, Santo Nikolas, Santo Nick, Bapak Natal, Kris Kringle, Santy, atau Santa) adalah tokoh dalam berbagai budaya yang menceritakan tentang seorang yang memberikan hadiah kepada anak-anak, khususnya pada Hari Natal. Hari Sinterklas dirayakan secara khusus di seluruh dunia setiap tanggal 6 Desember.

Santa berasal dari tokoh dalam cerita rakyat di Eropa yang berasal dari tokoh Nikolas dari Myra, adalah orang Yunani kelahiran Asia Minor pada abad ketiga masehi di kota Patara (Lycia et Pamphylia), kota pelabuhan di Laut Mediterania, dan tinggal di Myra, Lycia (sekarang bagian dari Demre, Turki). Ia adalah anak tunggal dari keluarga Kristen yang berkecukupan bernama Epiphanius (Ἐπιφάνιος) dan Johanna (Ἰωάννα) atau Theophanes (Θεοφάνης) dan Nonna (Νόννα) menurut versi lain. Nikolas adalah seorang uskup yang memberikan hadiah kepada orang-orang miskin.

Tokoh Santa kemudian menjadi bagian penting dari tradisi Natal di dunia barat dan juga di Amerika Latin, Jepang dan bagian lain di Asia Timur. Di Tiongkok juga ada Sinterklas yang lebih lazim dipanggil sebagai Dun Che Lao Ren, yang berarti Kakek Natal. 


Kisah Sinterklas dari berbagai negara.
  • Dari Kristen kuno.
Santo Nikolas dari Myra adalah inspirasi utama untuk figur orang Kristen tentang Sinterklas. Dia adalah uskup Myra di Lycia pada abad ke 4. Nikolas terkenal untuk kebaikannya memberi hadiah kepada orang miskin. Dia sangat religius dari awal umurnya dan mencurahkan hidupnya untuk Kristen. Di Eropa (lebih tepatnya di Belanda, Belgia, Austria dan Jerman) dia digambarkan sebagai uskup yang berjanggut dengan jubah resmi. Relik dari Santo Nikolas dikirim ke Bari di Italia selatan oleh beberapa pedagang Italia; sebuah basilika dibangun tahun 1087 untuk memberi mereka rumah dan menjadi daerah ziarah.

Santo Nikolas menjadi dirujuk oleh orang banyak sebagai Santo pelindung bagi pelaut, pedagang, pemanah, anak-anak, tuna susila, ahli obat, pengacara, pegadaian, tahanan, kota Amsterdam dan Rusia.
Di Yunani, Santo Nikolas adalah pengganti untuk Santo Basil (Agios Vasilis dalam Bahasa Yunani), seorang uskup pada abad ke 4 dari Caesarea. Bagian utara Belanda dan beberapa desa di Flanders, Belgia, merayakan seorang figur yang agak mirip, Sint-Maarten (Santo Martin dari Tours).

  • Cerita rakyat Jerman.
Odin, sang pengembara.

Menurut konversi orang Jerman dalam Kristen, pada cerita rakyat Jerman terdapat kisah tentang Dewa Odin (Wodan), yang setiap tahun, pada masa perayaan Yule, melakukan pesta perburuan yang dibimbing oleh dewa-dewa dan prajurit yang mati dalam dunianya. Dewa Odin dan ia menyandang nama Norse Lama Jólnir, yang berarti "Angka Yule" dan nama Langbarðr, yang berarti "panjang jenggot"

Anak-anak akan menaruh sepatunya, diisi oleh wortel, jerami atau gula, di dekat cerobong asap untuk kuda terbang Odin, Sleipnir, agar kuda itu memakannya. Odin lalu akan memberi hadiah anak-anak itu untuk kebaikannya dengan mengganti makanan Sleipnir dengan hadiah atau permen [Siefker, chap. 9, esp. 171-173].

Peran Dewa Odin selama periode masa Natal telah berteori sebagai memiliki konsep dipengaruhi dari St Nicholas dalam berbagai aspek, termasuk jenggot panjang putih dan kuda abu-abunya untuk malam naik (lihat Odin kuda Sleipnir ), yang diperdagangkan untuk rusa di Amerika Utara.

Margaret Baker komentar bahwa "Munculnya Santa Claus atau Sinterklas, yang hari ini 25 Desember, berutang banyak Odin, biru-berkerudung, berjubah, berjenggot putih Giftbringer lama utara, yang naik langit pertengahan musim dingin pada kuda delapan kaki nya Sleipnir , mengunjungi orang-orang dengan hadiah. ... Odin, berubah menjadi Bapak Natal, maka Santa Claus, makmur dengan St Nicholas dan Christchild menjadi pemain terkemuka di panggung Natal. "

Praktek ini masih ada di Jerman, Belgia dan Belanda setelah adopsi kekristenan dan kemudian digabungkan dengan perayaan Santo Nikolas. Anak-anak masih menaruh jerami mengisi sepatu di cerobong asap setiap malam musim dingin, dan Santo Nikolas memberi mereka hadiah permen dan hadiah-hadiah. Kemunculan Odin cukup mirip dengan Santo Nikolas, digambarkan sebagai orang tua yang misterius dengan janggut.

Praktek ini lalu muncul di Amerika Serikat melalui koloni Belanda di New Amsterdam lebih dulu sebelum serangan Inggris pada abad ke 17, dan berevolusi menjadi menggantung kaus kaki natal di dekat cerobong asap. Banyak daerah di Austria dan bekas daerah Italia yang direbut Austria-Hongaria, (Friuli, kota Trieste) anak-anak memberi permen dan hadiah pada hari Santo Nikolas (San Niccolò dalam Bahasa Italia), menurut kalender Katolik, pada tanggal 6 Desember.

Cerita rakyat lain, berdasarkan dari suku Indo-Jerman, terdapat cerita bahwa ada orang suci (kadang-kadang Santo Nikolas) dan setan (kadang-kadang Krampus, atau troll). Laki-laki muda memakai baju sebagai Krampus masih ada dalam perayaan hari Santo Nikolas di Kärnten (Austria Selatan) dan Carnia (Italia timur laut). Cerita itu menyatakan bahwa sebuah daratan diserang teror oleh seorang monster yang pada saat malam hari melata masuk ke cerobong asap dan membunuh anak-anak ([[mengeluarkan isi perut mereka atau menyimpan mereka untuk dimakan nanti). Orang suci itu mencari setan itu, dan menipunya dengan borgol yang diberkati (dalam beberapa versi borgol yang sama untuk memenjarakan Yesus, dalam versi lain borgol itu adalah yang digunakan untuk menahan Santo Petrus atau Paulus dari Tarsus); setan itu terperangkap dan terpaksa untuk mengikuti perintah sang orang suci. Orang Suci itu menyuruhnya untuk pergi ke setiap rumah dan membuat perubahan, dengan memberikan hadiah kepada anak-anak. Orang suci itu juga membuatnya melakukan hal ini setiap tahun, atau sang setan sangat muak dengan melakukan hal baik dan memilih untuk kembali ke Neraka.

  • Cerita Rakyat Belanda.
Berkas:Sint in spanje.jpg
 Sinterklas dan temannya Zwarte Piet (Pit hitam)

Di Belanda dan Belgia , di samping Sinterklaas , karakter Santa Claus juga dikenal. Ia dikenal sebagai de Kerstman di Belanda ("pria Natal") dan Père Noël ("Father Christmas") dalam bahasa Perancis.

Tapi untuk anak-anak di Belanda Sinterklaas dominan sebagai pemberi hadiah pada bulan Desember (36% dari populasi hanya memberikan hadiah pada hari Sinterklaas), Natal digunakan oleh kelima lain dari penduduk Belanda untuk memberikan hadiah. (21% memberikan hadiah pada hari Natal saja). Sebanyak 26% dari penduduk Belanda memberikan hadiah pada hari kedua.

Di Belgia, hadiah yang diberikan kepada anak-anak saja, tetapi hampir semua dari mereka, pada hari Sinterklaas. Pada Hari Natal, semua orang menerima hadiah, tetapi sering tanpa bantuan Santa Claus

Di Belanda, Santo Nikolas (lebih sering disebut "De Goede Sint" ) dibantu oleh seorang budak, yang disebut Zwarte Piet ("Piet Hitam"). Beberapa kisah melukiskan Zwarte Piet memukul anak nakal dengan tongkat atau memasukan mereka ke dalam karung dan membawa mereka ke Spanyol. Beberapa berpendapat legenda Zwarte Piet menjadi rasis karena itu merujuk kalau Santo Nikolas menggunakan budak Afrika bekerja untuknya dalam hari sebelum pakjesavond (5 Desember — hari saat kado dibuka), meskipun “Zwarte Pieten tidak digambarkan sebagai budak sekarang".

Zwarte Piet yang berterima kasih tidak tahu harus kemana, dimana dia terpisah dari rekannya dan tidak ada pekerjaan untuk membantu dirinya, dan akhirnya Santo Nikolas menawarkannya pekerjaan. Beberapa mengatakan kalau dia menulis daftar hal yang diingini oleh anak-anak, yang lain mengatakan kalau Zwarte Piet mengikuti jejak semua anak nakal untuk memasukannya ke dalam karung dan membawanya ke Spanyol. Beberapa dasawarsa yang lalu, cerita ini telah diubah dan budak itu telah menjadi budak modern yang mempunyai muka hitam karena mereka memanjat cerobong asap dan menjadi hitam karena jelaga dari api.

File:Oldfashioned.jpg

Sinterklaas memakai baju mirip dengan uskup. Dia memakai mitra merah dengan salib emas dan membawa tongkat uskup. Kemiripannya dengan uskup dari Myra terlihat jelas disini.

Hadiah diberikan selama perayaan ini dan lebih sering diikuti oleh puisi. Lebih banyak hadiah serius mungkin disediakan untuk besok pagi. Karena memberi hadiah adalah pekerjaan Sinterklaas, hadiah tidak diberikan pada hari natal di Belanda, tapi orang komersial mulai memanfaatkannya di pasar.

Menurut tradisi, Sinterklaas memiliki Piet untuk berbagai macam hal,: Piet merupakan navigasi untuk keretanya dari Spanyol menuju Belanda, atau Piet untuk memanjat atap untuk memasukan hadiah kedalam cerobong asap.

Beberapa tahun banyak cerita telah muncul, paling banyak dibuat oleh orang tua untuk membuat anak-anak tetap percaya kepada Sinterklaas dalam kebijaksanaan dan untuk menghilangkan kelakuan yang buruk.

Dalam beberapa kasus, Piet agak ceroboh dalam pekerjaan, seperti Piet sebagai navigasi {Bahasa Belanda "wegwijs piet") menunjuk ke arah yang salah. Ini lebih sering digunakan untuk memberikan komedi kecil dalam parade tahunan saat Santo Nikolas datang ke Belanda, dan juga bisa digunakan untuk kemajuan anak-anak di sekolah dengan membuat Piet memberikan jawaban yang salah, sebagai contoh, sebuah soal matematika yang sangat sederhana seperti 2+2, sehingga anak-anak dapat diyakinkan untuk memberikan jawaban yang benar.

  • Cerita rakyat Skandinavia
Berkas:Santaandgoat.gif
Penggambaran cerita rakyat tentang Father Christmas menaiki seekor kambing. 
Barangkali, ini adalah versi evolusi dari Tomte Swedia.

Di negara lain, gambaran Santo Nikolas juga dicampur dengan cerita rakyat lokal. Sebagai contoh hal yang masih bertahan, penggambaran pagan, di daerah Nordic, ada seekor Kambing Yule (Bahasa Swedia julbock, Bahasa Norwegia "julebukk", Bahasa Denmark "julebuk" Bahasa Finlandia joulupukki), sebuah figur yang mengejutkan dengan tanduk yang mengantar hadiah pada malam natal.

Pada tahun 1840-an, makhluk dalam cerita rakyat Nordic disebut " Tomte "atau" Nisse "mulai memberikan hadiah Natal di Denmark. The Tomte digambarkan sebagai seorang pria berjanggut pendek mengenakan pakaian abu-abu dan topi merah. Versi baru dari makhluk folkloric kuno terinspirasi oleh tradisi Santa Claus yang sekarang menyebar ke Skandinavia. Pada akhir abad ke-19 tradisi ini juga telah menyebar ke Norwegia dan Swedia , menggantikan Kambing Yule . Hal yang sama terjadi di Finlandia , tapi ada sosok yang lebih manusiawi mempertahankan nama Yule Kambing. Tapi meskipun tradisi Yule Kambing sebagai pembawa hadiah sekarang semua tapi punah, kambing jerami masih merupakan hiasan Natal umum di seluruh Skandinavia. Islandia memiliki 13 Yule pemuda yang berasal dari cerita rakyat daripada agama Kristen dan mulai tiba dari pegunungan ke kota-kota 13 hari sebelum tanggal 24 Desember.

Kambing jerami masih menjadi dekorasi natal di Swedia, Norwegia dan Finlandia. Pada tahun 1840, peternakan gnome dalam cerita rakyat Nordic memulai mengantarkan hadiah natal di Denmark, tapi disebut "Julenisse", berpakaian baju abu-abu dan topi merah. Pada akhir abad ke 19, tradisi ini telah menyebar ke Norwegia dan Swedia (dimana "nisse" disebut Tomte), menggantikan Kambing Yule. Hal yang sama terjadi di Finlandia, tapi disana lebih banyak figur manusia yang menggunakan nama kambing Yule.

  • Father Christmas, St Klaus Versi Inggris.
Berkas:Scrooges third visitor-John Leech,1843.jpg
Hantu Hadiah Natal,  versi yang diwarnai dari ilustrasi awal oleh John Leech, 
dibuat untuk novel Charles Dickens A Christmas Carol (1843).

Father Christmas di Inggris, dan dia masih ada pada zaman itu, menggambarkannya sebagai orang yang berjanggut memakai baji yang panjang, hijau, jubah berbulu. Dia melambangkan jiwa dari semangat natal, dan digambarkan dalam "Hantu Hadiah Natal" dalam novel A Christmas Carol oleh Charles Dickens.

Father Christmas tanggal kembali sejauh abad ke-16 di Inggris pada masa pemerintahan Henry VIII , ketika ia digambarkan sebagai pria besar dalam jubah hijau atau merah dilapisi dengan bulu.  Dia melambangkan semangat gembira saat Natal, membawa perdamaian , sukacita, baik makanan dan anggur dan pesta pora. Sebagai Inggris tidak lagi menyimpan hari raya dari Saint Nicholas pada 6 Desember, perayaan Father Christmas dipindahkan ke 25 Desember bertepatan dengan Hari Natal. Kebangkitan Victoria Natal termasuk Bapa Natal sebagai lambang 'gembira'. Penampilan fisik-Nya adalah variabel, dengan satu gambar terkenal adalah John Leech itu ilustrasi "Ghost of Christmas Present" di Charles Dickens 's klasik meriah A Christmas Carol (1843 ), sebagai seorang pria ramah yang besar di mantel hijau dilapisi dengan bulu yang mengambil Gober melalui jalan-jalan yang ramai dari London pada pagi hari Natal saat ini, percikan esensi dari Natal ke bahagia rakyat. 

Gambaran Pra-Modern tentang Sinterklaas yang suka memberi hadiah dari sejarah gereja dan cerita rakyat bergabung dengan karakter Inggris Father Christmas untuk membuat karakter yang diketahui oleh orang Inggris dan Amerika Serikat sebagai Santa Claus.

  • Dari cerita modern.
Nama Santa Claus berasal dari Sinterklaas, nama Bahasa Belanda yang berdasarkan dari karakter Santo Nikolas. Dia juga diketahui denga nama Sint Nikolas dimana menjelaskan penggunaan 2 nama yang berbeda, Santa Claus dan Santo Nikolas atau Santo Nick.

Selama Abad Pertengahan, sering pada malam sebelum hari namanya dari 6 Desember, anak-anak diberikan hadiah untuk menghormatinya. Tanggal ini adalah awal dari hari asli hadiah untuk anak-anak, yang bergerak dalam perjalanan Reformasi dan oposisi terhadap pemujaan orang-orang kudus di banyak negara pada tanggal 24 dan 25 Desember. Jadi Saint Nicholas berubah menjadi Santa Claus. Kebiasaan Gifting/ memneri hadiah anak pada Natal telah disebarkan oleh Martin Luther sebagai alternatif sebelumnya sangat populer hadiah kustom pada St Nicholas, untuk memfokuskan kepentingan anak-anak kepada Kristus bukan penghormatan terhadap orang-orang kudus. Martin Luther pertama menyarankan Christkind sebagai pembawa hadiah. Tapi Nicholas tetap populer sebagai hadiah pembawa untuk rakyat.

Di Inggris dan koloni Inggris kemudian Amerika Utara , dan kemudian di Amerika Serikat , versi Inggris dan Belanda dari pemberi hadiah digabung lanjut. Sebagai contoh, di Washington Irving History murah dari New York (1809), Sinterklaas itu Amerikanisasi menjadi "Santa Claus" (nama pertama kali digunakan dalam pers Amerika pada tahun 1773) namun kehilangan pakaian uskupnya, dan pada awalnya digambarkan sebagai pelaut Belanda tebal-bellied dengan pipa di mantel hijau musim dingin. Buku Irving adalah seorang mencerca budaya Belanda New York.

Pada tahun 1821, buku "A New-year's present", untuk anak-anak kecil 5-12 diterbitkan di New York. Isinya Old Santeclaus, sebuah puisi anonim yang menggambarkan seorang pria tua di kereta rusa, membawa hadiah untuk anak-anak.

Beberapa ide modern Santa Claus tampaknya menjadi kanon setelah publikasi anonim dari puisi " "A Visit from St. Nicholas" ( lebih dikenal hari ini sebagai "The Night Before Christmas") di Troy, New York , Sentinel pada 23 Desember 1823; puisi itu kemudian dikaitkan dengan Clement Clarke Moore. 

File:MerryOldSanta.jpg
"A Visit from St. Nicholas" illustrasi yang dibuat Thomas Nast tahun 1881, yang mungkin menjadi inspirasi versi modern dari Santa Klaus.

Seperti tahun-tahun berlalu, Santa Claus berkembang dalam budaya populer menjadi besar, orang kekar. Salah satu artis pertama yang menentukan citra modern Santa Claus adalah Thomas Nast , seorang Amerika kartunis dari abad ke-19.

Santa Claus shot

Pada tahun 1863, gambar Santa diilustrasikan oleh Nast muncul di Harper Weekly. Banyak atribut yang modern ditetapkan dalam puisi ini, seperti seperti mengendarai di kereta,mendarat di atap, masuk melalui cerobong asap, dan memiliki sebuah tas penuh dengan mainan. St Nick digambarkan sebagai "gemuk dan gemuk, hak periang elf lama" dengan "perut bundar kecil", bahwa "mengguncang ketika ia tertawa seperti semangkuk jelly", terlepas dari mana "giring miniatur" dan " rusa kecil "masih menunjukkan bahwa ia kecil secara fisik. Para rusa juga bernama: Dasher, Dancer, Prancer, Vixen, Comet, Cupid, Dunder dan Blixem (Dunder dan Blixem berasal dari kata Belanda tua untuk guntur dan kilat, yang kemudian diubah menjadi lebih Jerman terdengar Donner dan Blitzen).

Gambar ini menjadi populer di Amerika Serikat dan Kanada pada abad 19 dan dipertahankan dan diperkuat melalui lagu, radio, televisi, buku dan film anak-anak .

Santa Claus, Sleigh, Reindeer, Christmas

Cerita yang Santa Claus tinggal di Kutub Utara mungkin juga telah ciptaan Nast. Image Natalnya dalam isu Harper tanggal 29 Desember 1866 adalah kolase ukiran berjudul Santa Claus dan Pekerjaan-Nya, yang termasuk judul "Santa Claussville, NP"  Sebuah koleksi warna gambar Nast, yang diterbitkan pada tahun 1869, memiliki puisi juga berjudul "Santa Claus and His Works" oleh George P. Webster, yang menulis bahwa rumah Santa Claus adalah "dekat Kutub Utara, pada es dan salju" (ear the North Pole, in the ice and snow). Kisah ini telah menjadi dikenal oleh 1870-an. Seorang anak dari Colorado menulis untuk majalah anak-anak Nursery The pada akhir 1874 mengatakan, "Jika kita tidak hidup begitu jauh dari Kutub Utara, saya harus meminta Santa Claus untuk membawa saya keledai."

Ide seorang istri untuk Santa Claus mungkin telah penciptaan penulis Amerika, dimulai pada pertengahan abad ke-19. Pada tahun 1889, penyair Katherine Lee Bates dipopulerkan Ibu Claus dalam puisi "Goody Santa Claus on a Sleigh Ride".

"Is There a Santa Claus?" Adalah judul sebuah editorial muncul di September 21, 1897 edisi The New York Sun . The editorial, yang termasuk jawaban yang terkenal " Yes, Virginia, there is a Santa Claus ", telah menjadi bagian tak terhapuskan dari pengetahuan Natal populer di Amerika Serikat dan Kanada.

L. Frank Baum 's "The Life and Adventures of Santa Claus", sebuah  buku anak-anak terjual 1.902 buah ikut mempopulerkan Santa Claus. Banyak mitos Santa Claus itu tidak diatur secara baku  pada saat itu, meninggalkan Baum untuk memberikan nya "Neclaus" (Necile Little One) berbagai dukungan abadi, sebuah rumah di Laughing Valley of Hohaho, dan sepuluh rusa-yang tidak bisa terbang, tapi melompat atau terbang namun terbatas.

 Claus itu keabadian itu diperoleh, seperti gelar ("Santa"), diputuskan oleh suara dari orang-orang secara alami abadi (cerita rakyat). Karya ini juga mendirikan motif Claus itu: masa kecil bahagia di antara abadi. Ketika Ak, Master Woodsman of the World, memperlihatkan dia untuk penderitaan dan kemiskinan anak-anak di dunia luar, Santa berusaha untuk menemukan cara untuk membawa sukacita ke dalam kehidupan semua anak, dan akhirnya menciptakan mainan sebagai sarana utama.

Gambar Santa Claus yang lebih dipopulerkan melalui Haddon Sundblom 'penggambaran murah dari dia untuk The Coca-Cola Company 's iklan Natal di tahun 1930-an. Popularitas gambar melahirkan legenda urban yang Santa Claus diciptakan oleh The Coca-Cola Company atau Santa memakai merah dan putih karena mereka adalah warna yang digunakan untuk mempromosikan merek Coca-Cola. Secara historis, Coca-Cola bukan pertama minuman ringan perusahaan untuk memanfaatkan citra modern Santa Claus dalam Surat iklan- White Rock Minuman sudah menggunakan Santa merah dan putih untuk menjual air mineral pada tahun 1915 dan kemudian dalam iklan untuk perusahaan ginger ale pada tahun 1923. Sebelumnya lagi, Santa Claus muncul berpakaian merah dan putih dan pada dasarnya dalam bentuk saat ini pada beberapa sampul Puck majalah dalam beberapa tahun pertama abad ke-20. 

Sejak abad ke-20, dalam sebuah ide yang dipopulerkan oleh 1934 lagu " Santa Claus Apakah Datang ke Kota ", Santa Claus telah dipercaya untuk membuat daftar anak-anak di seluruh dunia, mengkategorikan mereka sesuai dengan perilaku mereka (" nakal "atau" bagus ") dan untuk memberikan hadiah, termasuk mainan , dan permen untuk semua anak-anak yang berperilaku baik di dunia, dan kadang-kadang batubara kepada anak-anak nakal, pada malam tunggal Natal. Dia menyelesaikan prestasi ini dengan bantuan para elf yang membuat mainan dalam lokakarya dan terbang rusa yang menarik keretanya.

File: Chicago Santa Claus 1902.jpg
Seorang pria berpakaian sebagai Santa Claus penggalangan dana untuk Volunteers of America di trotoar jalan di Chicago, Illinois , pada tahun 1902.

Citra Santa Claus sebagai karakter baik hati menjadi diperkuat dengan hubungannya dengan amal dan filantropi , terutama oleh organisasi-organisasi seperti Bala Keselamatan . Relawan berpakaian sebagai Santa Claus biasanya menjadi bagian dari penggalangan dana drive untuk membantu keluarga yang membutuhkan pada waktu Natal.

Pada tahun 1937, Charles W. Howard , yang bermain Santa Claus di department store dan parade, mendirikan Charles W. Howard Santa School, tertua terus-menjalankan sekolah seperti di dunia.

Dalam beberapa gambar dari awal abad ke-20, Santa digambarkan sebagai pribadi membuat mainannya dengan tangan di bengkel kecil seperti pengrajin. Akhirnya, muncul gagasan bahwa ia memiliki banyak elf bertanggung jawab untuk membuat mainan, tapi mainan masih buatan tangan oleh setiap kerja elf individu dengan cara tradisional.

1956 lagu populer oleh George Melachrino , "Mrs Santa Claus", dan buku 1963 anak-anak Bagaimana Mrs Santa Claus Tersimpan Natal, oleh Phyllis McGinley , membantu standarisasi dan membentuk karakter dan peran Ibu Claus dalam imajinasi populer.

Seabury Quinn 's 1948 baru Roads menarik dari legenda sejarah untuk menceritakan kisah Santa dan asal-usul Natal. Tambahan modern lainnya ke "cerita" dari Santa termasuk Rudolph the Red-Nosed Reindeer , rusa 9 dan memimpin diabadikan dalam Gene Autry lagu, ditulis oleh seorang Montgomery Ward.



Funny Reindeer Pictures


Santa Robber

Modern Story About Christmas

Santa Claus Flying Sleigh

Banyak iklan televisi , komik dan media lainnya menggambarkan ini sebagai semacam bisnis lucu, dengan Santa elf bertindak sebagai tenaga kerja kadang-kadang nakal puas, lelucon dan menarik pranks pada bos mereka. 

File: Santa dengan anak laki-laki (5100645240) jpg.

Penggambaran modern Santa Claus yang sering menggambarkan dirinya mendengarkan Natal keinginan anak

  • Dari Amerika Serikat.
Berkas:1863 harpers.jpg
Thomas Nast mengabadikan Santa Claus dengan ilustrasi pada tanggal 3 January 1863, 
berita dari Harper's Weekly.

Di koloni Inggris di Amerika Utara dan nantinya Amerika Serikat, versi pemberi hadiah Inggris dan Belanda digabungkan lebih jauh. Sebagai contoh, dalam Sejarah of New York (1809) oleh Washington Irving, Sinterklaas diubah menjadi versi Amerika dengan nama "Santa Claus" tapi kehilangan pakaian uskupnya, dan adalah yang pertama digambarkan sebagai pelaut Belanda dengan pipa rokok dan mengenakan baju dingin berwarna hijau. Buku Irving cercaan dari kebudayaan Belanda di New York, dan lebih banyak gambaran dalam penemuan candaannya.


Kisah St. Nikolas yang sebenarnya.

Ibu dari Nikolas tidak pernah punya anak sebelumnya, tetapi karena ia selalu memohon dan berdoa kepada Tuhan, akhirnya permohonannya dikabulkan. Ia melahirkan seorang anak lelaki yang diberi nama Nikolas. Menurut legenda pada saat masih bayipun Nikolas sudah melakukan puasa, seperti yang sering dilakukan oleh hamba Tuhan pada saat itu, ialah tiap hari Rabu dan Jumat. Setiap hari-hari itu, ia tidak mau minum air susu ibunya walaupun anak ini usianya belum 1 tahun.

Ia ditahbiskan menjadi pastor pada usia 18 tahun di Katedral dari pamannya, karena sifat belas kasihnya yang besar untuk membela umat dan fakir miskin, akhirnya ia diangkat menjadi uskup. 

Nikolas dari Myra atau yang biasa juga disebut dengan Santo Nikolas adalah seorang uskup yang sangat populer yang berasal dari Myra. Ia pernah dipenjarakan di bawah pemerintahan Kaisar Dioklesianus. 

St. Nikolas dari Myra

Nikolas adalah santo pelindung Rusia, para pelaut dan anak-anak. Pada hari pestanya pada tanggal 6 Desember, ia membawa berbagai macam hadiah untuk anak-anak. Santo Nikolas dikenal sebagai santo yang sangat baik hati dan oleh karena itulah ia menjadi populer. Dia sangat religius dari usia dini dan mengabdikan hidupnya sepenuhnya Kristen. Di benua Eropa (lebih tepatnya di Belanda , Belgia , Austria dan Jerman ) dia biasanya digambarkan sebagai uskup berjanggut dengan jubah resmi.

Ada cerita mengenai dirinya yang menolong tiga orang gadis dengan memberi mereka uang supaya mereka bisa menikah, sehingga mereka tidak harus menjadi pelacur lagi.  Karena kebaikannya, Nikolas dijadikan orang suci. 

Menurut legenda pada saat Nikolas mengadakan perjalanan ke tanah suci dalam perjalanan kapalnya dilanda angin ribut, sehingga salah satu tiang layarnya patah dan menimpa kepala dari seorang kelasi di kapal itu. Yang mengakibatkan kematian dari kelasi tersebut. Dengan doa akhirnya Nicolaas bisa meredakan angin ribut tersebut bahkan ia bisa "menghidupkan" kembali kelasi yang telah meninggal tadi. Sejak saat itulah Nikolas menjadi terkenal sebagai santo atau orang suci pelindung dari para pelaut dan semua kapal dagang.

Kepercayaan tersebut semakin besar dan semakin kuat sehingga ia dianggap sebagai wakil Tuhan untuk melindungi mereka oleh para pelaut Yunani maupun Italia pada saat tersebut. Ada pihak yang mengatakan bahwa sisa-sisa jenazahnya memiliki kemampuan untuk menyembuhkan secara ajaib, sehingga akhirnya dicuri dari makamnya di negara asalnya. 

Tepatnya pada tanggal 9 Mei 1087 para pemilik kapal dari Italia, mengambil semua tulang-tulang dan semua sisa dari tubuh Nikolas untuk dipindahkan dari Turki ke Italia ke kota Bari. Dan disana dibuat satu gereja besar yang diberi nama St Nicolaas Katedral. Oleh sebab itu tiap tanggal 9 Mei orang Italia merayakan hari St Nikolas sebagai pelindung para pelaut.

Sebelum sisa jenazah Nikolas dipindahkan ke Italia, orang Italia percaya akan cerita mengenai seorang nenek sihir yang bernama Befana. Ia mendapatkan tugas dari malaikat untuk memberikan hadiah kepada Yesus pada saat Yesus dilahirkan, seperti juga orang majus, tetapi karena kelalaiannya ia datang terlambat. Oleh sebab itu Befana mendapat hukuman tiap tahun sebelum kelahiran Yesus, ia harus memberikan hadiah sebanyak mungkin kepada anak-anak kecil yang tidak mampu.

Kepercayaan yang lebih bersifat animisme ini dianut oleh banyak orang Italia, maka dari itu para pemuka agama di Italia mengambil keputusan agar kepercayaan dari nenek sihir Befana ini dialihkan saja kepada Sinterklas. Diharapkan bisa memulihkan citra dan nama baik dari orang Katolik sekalian mengalihkan kepercayaan animisme mereka, menjadi lebih percaya kepada Tuhan.

Inilah awal dari kepercayaan bahwa Sinterklas selalu memberi hadiah kepada anak-ank pada saat hari ulang tahunnya. Bahkan pengalihan ini memberi efek sampingan lainnya seakan-akan ada dua Sinterklas, yang satu sebagai pelindung para pelaut sedangkan yang lain ialah pelindung dari anak-anak dan dua-duanya berasal dari Myra (Turki).

Para pelaut zaman dahulu kebanyakan orang Spanyol, maka dari itu orang Belanda percaya bahwa Sinterklas datang dari Spanyol dan tentu datangnya dengan kapal laut, sebab dahulu belum ada pesawat terbang. Kebanyakan kelasi dari para kapal dagang zaman dahulu adalah budak-budak dari Afrika, maka dari itu jelas pembantu dari Sinterklas pun seorang budak dari Afrika yang diberi nama Zwarte Piet (Piet Hitam).

Sinterklas selalu berusaha apabila ia memberi sesuatu, agar tidak dilihat maupun diketahui oleh si penerima, sesuai dengan ajaran dari Alkitab. Pada suatu hari ia berusaha untuk membantu seseorang dari sebuah atap rumah dengan menjatuhkan sekantung uang melalui cerobong asap. Dan kebetulan uang tersebut jatuh ke dalam kaos kaki yang sedang digantungkan oleh anak si pemilik rumah untuk dikeringkan di dekat api pemanas. Hal ini rupanya diketahui oleh si pemilik rumah.

File:ChristmasEveOhio1928.jpg
Kepercayaan St Klaus menaruh hadiah dalam kaos kaki di Ohio As, tahun 1928.

Sejak saat itu timbul kepercayaan bahwa Sinterklas selalu datang melalui cerobong asap di waktu tengah malam dan memberi hadiah untuk anak-anak di kaos kaki atau kantong di dekat ranjang atau di bawah pohon Natal.

Petunujuk historis pertama yang pasti mengenai Nikolas terdapat di gereja S. Priskus dan S. Nikolas yang didirikan oleh Kaisar Yustinianus di Konstantinopel. Penghormatan terhadap santo ini menyebar dan kerangka jenazahnya dipindahkan ke Bari, Italia Selatan. Figur Santa Claus yang membawa hadiah pada saat Natal merupakan sekularisasi tokoh Nikolas yang sebenarnya.


Tradisi dan ritual yang berhubungan dengan St Klaus.
  • Tradisi Chimney
Tradisi Santa Claus memasuki tempat tinggal melalui cerobong dibagi oleh banyak musiman pemberi hadiah Eropa. Dalam pra-Kristen Norse tradisi, Odin sering masuk melalui cerobong asap dan lubang api pada solstice. Di Italia Befana tradisi, pemberian hadiah penyihir terus-menerus ditutupi dengan jelaga dari perjalanan menuruni cerobong asap rumah anak-anak. Dalam kisah Saint Nicholas, santo melemparkan koin melalui jendela, dan, dalam versi terbaru dari kisah itu, menuruni cerobong asap ketika ia menemukan jendela terkunci.

File: Jan Steen.Het Sint Nicolaasfeest.jpg
Steen ini The Feast of Saint Nicholas .

 Dalam seniman Belanda Jan Steen lukisan 's, The Feast of Saint Nicholas , dewasa dan balita yang melirik sebuah cerobong asap dengan takjub di wajah mereka, sementara anak-anak lain bermain dengan mainan mereka. Perapian itu dianggap suci dalam kepercayaan primitif sebagai sumber kebaikan, dan kepercayaan populer memiliki elf dan peri membawa hadiah ke rumah melalui portal ini. Santa pintu masuk ke rumah-rumah pada malam Natal melalui cerobong asap dibuat bagian dari tradisi Amerika melalui puisi "A Visit from St Nicholas" di mana penulis menggambarkan dia sebagai peri.

  • Ritual Malam Natal.
Funny Santa Claus Pictures

Di Amerika Serikat dan Kanada, anak-anak tradisional meninggalkan Santa segelas susu dan sepiring kue , di Inggris dan Australia, ia kadang-kadang diberikan sherry atau bir , dan pai gantinya. Di Swedia dan Norwegia, anak-anak meninggalkan bubur. Di Irlandia ini populer untuk memberinya Guinness atau susu, bersama dengan puding Natal atau mince pie.

Di Hungaria, St Nicolaus (Mikulas) datang pada malam tanggal 5 dan anak-anak mendapatkan hadiah mereka keesokan harinya. Mereka mendapatkan permen dalam tas jika mereka baik, dan sebuah saklar birch berwarna emas jika tidak. Pada malam Natal "Sedikit Yesus" datang dan memberikan hadiah untuk semua orang.

Di Slovenia, Saint Nicholas (Miklavž) juga membawa hadiah kecil untuk anak-anak yang baik pada malam tanggal 6 Desember. Božiček (Natal Man) membawa hadiah pada malam 25 Desember, dan Dedek Mraz (Kakek Frost) membawa hadiah di malam hari tanggal 31 Desember akan dibuka pada hari tahun baru.

Selandia Baru, Inggris, Australia, Irlandia, Kanada dan Amerika anak-anak juga meninggalkan wortel untuk rusa Santa, dan secara tradisional diberitahu bahwa jika mereka tidak baik sepanjang tahun, bahwa mereka akan menerima sebongkah batubara di stoking mereka, meskipun praktik ini sekarang dianggap kuno. Anak-anak mengikuti kebiasaan Belanda Sinterklaas akan "memadamkan sepatu mereka"-yaitu, meninggalkan jerami dan wortel untuk kudanya dalam sepatu sebelum tidur-kadang minggu sebelum avond Sinterklaas. Keesokan harinya mereka akan menemukan jerami dan wortel digantikan oleh hadiah, sering, ini adalah marzipan patung. Anak-anak nakal yang pernah mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan roe (seikat tongkat) bukan permen, tetapi praktik ini telah dihentikan.
Lain ritual Malam Natal Santa Claus di Amerika Serikat termasuk membaca Kunjungan dari St Nicholas atau kisah lain tentang Santa Claus, menonton program animasi Santa atau Natal terkait di televisi (seperti yang disebutkan di atas Santa Claus Apakah Comin 'ke Town and mirip spesial, seperti Rudolph the Red-Nosed Reindeer , di antara banyak lainnya), dan nyanyian Santa Claus lagu-lagu seperti " Santa Claus Apakah Datang ke Kota "," Here Comes Santa Claus ", dan" Sampai di Rumah Top ". Menit terakhir ritual untuk anak-anak sebelum tidur termasuk stoking penyelarasan di perapian atau tempat lain di mana Santa tidak dapat gagal untuk melihat mereka, mengintip cerobong (di rumah dengan perapian), melirik keluar jendela dan memindai langit untuk kereta Sinterklas, dan (di rumah tanpa perapian) membuka pintu eksterior sehingga Santa dapat dengan mudah masuk rumah. Tags pada hadiah untuk anak-anak kadang-kadang ditandatangani oleh orang tua mereka "Dari Santa Claus" sebelum hadiah diletakkan di bawah pohon.

  • Di Rumah-rumah.
Rumah Santa Claus secara tradisional termasuk tempat tinggal dan lokakarya di mana ia menciptakan-sering dengan bantuan elf atau lainnya supranatural makhluk-hadiah ia memberikan kepada anak-anak yang baik saat Natal. Beberapa cerita dan legenda termasuk sebuah desa yang dihuni oleh pembantunya, sekitar rumahnya dan toko.

Dalam tradisi Amerika Utara (di Amerika Serikat dan Kanada), Santa tinggal di Kutub Utara, yang menurut Canada Post terletak dalam yurisdiksi Kanada di kode pos H0H 0H0 (referensi untuk "ho ho ho", kata terkenal Santa, meskipun pos Kode dimulai dengan H biasanya disediakan untuk pulau Montreal di Quebec). Pada tanggal 23 Desember 2008, Jason Kenney , Menteri Kanada Kewarganegaraan, Imigrasi dan Multikulturalisme, secara resmi mendapat status kewarganegaraan Kanada untuk Santa Claus. "Pemerintah Kanada berharap Santa yang terbaik dalam nya tugas malam Natal dan ingin membiarkan dia tahu bahwa, sebagai warga negara Kanada, ia memiliki hak otomatis untuk masuk kembali ke Kanada setelah perjalanannya di seluruh dunia selesai," kata Kenney dalam sebuah pernyataan resmi.

Ada juga sebuah kota bernama Kutub Utara di Alaska di mana obyek wisata yang dikenal sebagai "Santa Claus House" telah dibentuk. The layanan pos AS menggunakan kode pos kota dari 99.705 sebagai kode pos mereka diiklankan untuk Santa Claus. A Wendy di North Pole, AK juga mengaku memiliki "giring terbang melalui".

Setiap negara Nordik mengklaim tempat tinggal Santa untuk berada dalam wilayah mereka. Norwegia mengklaim ia tinggal di Drøbak . Di Denmark, ia dikatakan tinggal di Greenland (dekat Uummannaq ). Di Swedia, kota Mora memiliki taman bernama Tomteland . Terminal pos nasional di Tomteboda di Stockholm menerima surat anak-anak untuk Santa. Di Finlandia , Korvatunturi telah lama dikenal sebagai rumah Santa, dan dua taman tema, Santa Claus Village dan Santa Taman yang terletak di dekat Rovaniemi .

  • St Klaus mampir di pusat perbelanjaan
Santa Claus muncul dalam minggu-minggu sebelum Natal di department store atau pusat perbelanjaan , atau di pesta-pesta. Praktek ini telah dikreditkan ke James Edgar , saat ia mulai melakukan hal ini pada tahun 1890 dalam bukunya Brockton, Massachusetts department store.  Ia dimainkan oleh seorang aktor, biasanya dibantu oleh aktor-aktor lain (sering karyawan mall) berpakaian seperti elf atau makhluk lain dari cerita rakyat yang terkait dengan Santa.

Fungsi Santa adalah baik untuk mempromosikan citra toko dengan membagikan hadiah kecil untuk anak-anak, atau untuk memberikan pengalaman musiman untuk anak-anak dengan mendengarkan wishlist mereka sementara memiliki mereka duduk di lututnya (praktek sekarang sedang ditinjau oleh beberapa organisasi di Inggris, dan Swiss). Kadang-kadang foto anak dan Santa diambil. Memiliki Santa dibentuk untuk mengambil gambar dengan anak-anak adalah ritual yang tanggal kembali setidaknya ke 1918.

  • Surat menulis ke Santa

funny santa



Menulis surat kepada Santa Claus telah menjadi tradisi Natal untuk anak-anak selama bertahun-tahun. Surat-surat ini biasanya mengandung wishlist mainan dan pernyataan perilaku yang baik. Beberapa ilmuwan sosial telah menemukan bahwa anak laki-laki dan perempuan menulis berbagai jenis surat. Anak-anak perempuan menulis lagi tapi daftar lebih sopan dan mengekspresikan sifat Natal lebih dalam surat mereka daripada surat yang ditulis oleh anak laki-laki. Girls juga lebih sering meminta hadiah untuk orang lain.

Banyak layanan pos memungkinkan anak-anak untuk mengirim surat ke Santa Claus. Surat-surat ini dapat dijawab oleh para pekerja pos dan / atau relawan luar.  Menulis surat ke Santa Claus memiliki manfaat pendidikan mempromosikan keaksaraan, melek komputer, dan e-mail keaksaraan.


Sikap Vatikan tentang keberadaan St Klaus/ Sinterklas.

Berkas:FatherChristmastrial.jpg
Kutipan dari Josiah King The Examination and Tryal of Father Christmas (1686), segera dipublikasi setelah Natal.Folger Shakespeare Library, Washington, D.C.

Walaupun Sinterklas merupakan gambaran dari seorang uskup gereja Katolik, Paus tidak yakin akan kebenarannya karena pada kenyataannya lebih banyak dongeng atau khayalan yang dibuat mengenai Sinterklas, bahkan juga tercampur dengan berbagai kepercayaan dan budaya. Pada 1970 Vatikan menghapus dan mencoret nama Sinterklas dari daftar orang-orang suci, tetapi karena banyaknya protes yang berdatangan, akhirnya Vatikan memberikan kelonggaran dan kebebasan untuk memilih apakah Sinterklas termasuk orang suci atau bukan diserahkan kepada diri masing-masing, tetapi secara resmi Sinterklas bukan termasuk orang yang dianggap suci lagi.

funny santa

Paus Paulus VI memerintahkan agar sisa mayat dari Sinterklas dipindahkan saja dari Italia ke Amerika. Dengan demikian diharapkan orang Eropa akan bisa lebih cepat melupakan Sinterklas. Tepatnya pada 5 Desember 1972 sisa dari mayat Sinterklas sudah dipindahkan ke gereja Saint Nicolhas - Flushing - di New York.

The Boy Who Laughed at Santa Claus by Ogden Nash


Penyusun : Yohanes Gitoyo.
  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Santa_Claus
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Nikolas_dari_Myra
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Sinterklas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...