Rabu, 25 Desember 2013

Yesus, Benarkah Ia Pernah Ada ?

Wajah Yesus dari Nazaret, hasil analisa komputer dari potret Kain Kafan Turin.
(c. 5 BC / SM - c. 30 AD / CE)

Hari ini tanggal 25 Desember, umat Kristen Katolik memperingati kelahiran Yesus. Sebagian dari anda mungkin berpikir, apakah Yesus adalah tokoh yang benar-benar ada dalam sejarah/ tokoh fiktif dongengan buku yang disebut Injil ?  artikel ini akan membahas sisi historis manusia Yesus dalam kaitanya dengan sejarah bangsa Israel dan Romawi.


Etimologi Asal Nama Yesus

"Yesus" (diucapkan / zəs ː dʒi / ) adalah transliterasi/ terjemahan , terjadi dalam beberapa bahasa dan berdasarkan Iesus Latin, dari Ἰησοῦς Yunani (Iesous), sendiri merupakan Hellenisation dari Ibrani יְהוֹשֻׁעַ (Yĕhōšuă ', Yosua ) atau Ibrani- Aram יֵשׁוּעַ (Yēšûă ') ". yang berarti Yahwe memberikan (atau menyelamatkan) ". Nama Yesus tampaknya telah digunakan di Yudea pada waktu kelahiran Yesus. Dan Referensi Philo  ( Mutatione Nominum 121 item) menunjukkan bahwa etimologi Yosua dikenal di luar Yudea pada waktu itu. Alkitab Vulgata Latin kemungkinan adalah yang pertama yang membedakan keduanya, menuliskan Yesus sebagai Iesus dan Yosua sebagai Iosias .Nama Yesus dalam Bahasa Arab adalah Isa (عيسى, `Īsā, Essa). Jadi pribadi Isa yang anda kenal identik dengan Yesus.

Dalam Perjanjian Baru , di Lukas 1:31 malaikat memberitahu Maria untuk nama Yesus anaknya, dan dalam Matius 1:21 malaikat memberitahu Yusuf untuk nama Yesus. Pernyataan dalam Matius 1:21 "engkau akan menamakan Dia Yesus, karena ia akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka" rekan  keselamatan atribut dengan nama Yesus dalam teologi Kristen. 

Kristus "(diucapkan / kraɪst / ) adalah berasal dari bahasa Yunani Χριστός (Khristós) yang berarti " yang diurapi ", sebuah terjemahan dari מָשִׁיחַ Ibrani (Māšîaḥ), biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Mesias . Di Septuaginta versi Alkitab Ibrani (yang ditulis lebih dari satu abad sebelum zaman Yesus), kata Kristus digunakan untuk menerjemahkan ke dalam bahasa Yunani dalam Māšîaḥ kata Ibrani. Pada Matius 16:16 , Rasul Petrus mengatakan : "Anda adalah Kristus "mengidentifikasi Yesus sebagai Mesias. Dalam Alkitab Kristus digunakan menjadi sebuah nama, satu bagian dari nama "Yesus Kristus", tapi awalnya itu adalah gelar (Mesias) dan bukan nama


Keberadaan Yesus Dalam Sejarah

Meskipun beberapa sarjana telah mempertanyakan keberadaan Yesus sebagai tokoh sejarah yang sebenarnya kebanyakan ahli yang terlibat dengan penelitian Yesus sejarah percaya keberadaannya dapat dibentuk dengan menggunakan dokumen dan bukti lain.  Sebagaimana dibahas di bagian langsung di bawah, perkiraan tanggal kematian Yesus tempat umur nya sekitar awal abad pertama AD / CE, di wilayah geografis Romawi Yudea . Perjanjian Baru juga mengacu pada Danau Galilea yang berjarak sekitar 75 mil sebelah utara Yerusalem . 


Peta Palestina pada abad pertama.


Kekuasaan  Romawi di Yudea dimulai sekitar 63 SM dan dengan 6 AD / CE Yudea telah menjadi sebuah provinsi Romawi. Dari 26-37 AD / CE Pontius Pilatus adalah gubernur Romawi Yudea. Pada periode ini, meskipun Roma Yudea adalah posisi strategis antara Asia dan Afrika, hal itu tidak dipandang sebagai provinsi penting kritis oleh Romawi. Orang Romawi itu sangat toleran terhadap agama lain dan membiarkan penduduk lokal seperti orang-orang Yahudi untuk mempraktekkan agama mereka sendiri .


Kemungkinan Tahun Kelahiran Yesus. 

Tidak ada bukti sejarah kontemporer menunjukkan tanggal kelahiran Yesus . Kelahiran Yesus - yang Dionisius Exiguus memperkirakan kelahiran Yesus antara tahun 2 BC / SM dan 1 AD / CE . Injil Matius menyatakan 'kelahiran Yesus terjadi pada masa pemerintahan Herodes Agung , yang meninggal pada 4 SM, tetapi juga dengan maklumat bahwa Yesus mungkin lahir ketika Herodes memerintahkan Pembantaian anak-anak di Betlehem, dan karena itu dapat dipastikan Ia lahir sebelum peristiwa tersebut terjadi dan sebelum kematian Herodes. Injil Lukas menuliskan kelahiran Yesus telah terjadi pada masa pemerintahan Herodes Agung (antara 37 dan 4 BC / SM), tetapi pengarang Lukas juga menjelaskan kelahiran sebagai berlangsung selama sensus pertama dari provinsi Romawi Suriah dan Iudaea , yang diyakini sudah terjadi pada 6 AD / CE. Kebanyakan sarjana umumnya menganggap Yesus lahir antara 6 dan 4 SM. Ahli Sejarah lain menganggap bahwa Yesus dilahirkan kadang antara 7-2 BC / SM dan meninggal   antara 26-36 AD / CE. bukti tambahan ditemukan pada tahun 1923 oleh arkeolog menggali di reruntuhan dari Bait Suci Romawi dekat Ankara, Turki, menunjuk pada kemungkinan awal tahun bahkan lahir, 8 SM / SM, berdasarkan deskripsi dari tiga-lebar sensus kerajaan, salah satu yang terjadi di tahun itu. 
Kesimpulannya Yesus diperkirakan lahir antara tahun 6-5 tahun sebelum Masehi.

Yusuf , suami Maria , muncul dalam deskripsi dari masa kanak-kanak Yesus. Tidak disebutkan, bagaimanapun, adalah terbuat dari Yusuf selama pelayanan Yesus. Kitab Perjanjian Baru dalam Injil Matius, Markus, dan Galatia (Surat Paulus) menceritakan saudara dan saudari Yesus. Lukas juga menyebutkan bahwa Elizabeth , ibu Yohanes Pembaptis, adalah "sepupu" atau "relatif" dari Maria, [ Luk 1:36 ] yang akan membuat Yohanes Pembaptis sepupu jauh dari Yesus. Injil Matius dan Injil Lukas Menuliskan Yesus dilahirkan Ketika Yusuf dan Maria bertunangan, dan lahir di kota Betlehem . 

Kisah Kelahiran Yesus dalam film "The Nativity Story"

Dalam Injil Matius, tertulis tentang kunjungan Orang-Orang Majus (Maqi) membawa hadiah kepada Yesus  setelah mereka mengikuti bintang yang mereka percaya adalah tanda bahwa Raja orang Yahudi telah lahir [ Mat 2:1-12 ] Raja Herodes mendengar dari kelahiran Yesus dari Orang Bijak (Majus) dan mencoba untuk membunuh dia dengan membantai semua anak laki-laki di Betlehem di bawah usia dua tahun. [ Mat 2:16-17 ] Yusuf mengajak Maria dan bayi Yesus melarikan diri ke Mesir dan tetap ada sampai kematian Herodes, lalu mereka menetap di Nazaret untuk menghindari hidup di bawah pemerintahan putra dan penerus Herodes Arkhelaus. [ Mat 2:19-23 ] dari sini maka Yesus dikenal sebagai Yesus dari Nazaret.

Dalam Markus 6:3, Yesus disebut tekton (τέκτων dalam bahasa Yunani), biasanya dipahami sebagai tukang kayu . Matius 13:55 mengatakan dia adalah anak seorang tekton [. Mk 06:03 ] [ Mat 13:55 ] tekton tradisional telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "tukang kayu". 

'Pelayanan Yesus , yang menurut Injil Lukas dimulai ketika Yesus "sekitar usia 30 tahun", [ Luk 3:23 ] diikuti bahwa dari Yohanes Pembaptis , yang pelayanan dikatakan telah dimulai "dalam lima belas tahun pemerintahan Tiberius Caesar ", [ Luk 3:1-2 ] yang akan sekitar 28 atau 29 AD / CE. Menurut Injil Sinoptik , 'pelayanan Yesus berlangsung kurang lebih satu tahun, sedangkan Injil Yohanes menyiratkan bahwa pihaknya mungkin telah berlangsung sekitar tiga tahun. Semua laporan Injil bahwa ia telah menjadi dikenal sebagai guru agama pada saat ia telah mencapai usia 30-an. Lukas mengatakan Yesus adalah "sekitar tiga puluh tahun" ketika dia dibaptis [. Luk 3:23 ] Semua tiga Injil Sinoptik menggambarkan Pembaptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis di Sungai Yordan, suatu peristiwa yang sarjana Bibel menggambarkan sebagai awal dari pelayanan publik 'Yesus . 

Yesus tinggal di Galilea untuk sebagian besar hidupnya dan berbicara bahasa Aram dan mungkin bahasa Ibrani dan beberapa Yunani.


Kemungkinan tahun dan tempat kematian 


Lihatlah Manusia ini !, Pontius Pilatus mengadili Yesus.


Keempat kanonik Injil melaporkan bahwa Yesus disalibkan selama masa pemerintahan Pontius Pilatus, menjadi Gubernur Romawi Yudea. Ia memerintah Yudea 26-36 AD / CE. Akhir abad ke-1 sejarawan Yahudi Josephus , menulis dalam The Antiquities orang Yahudi (c. 93 AD / CE), dan awal abad ke-2 sejarawan Romawi Tacitus , menulis di The Annals (c. 116 AD / CE ), juga menyatakan bahwa Pilatus memerintahkan eksekusi Yesus. Dalam hubungannya dengan kronologi tentang pelayanan-Nya (pada bagian atas), yang paling awal yang berlaku umum tanggal untuk penyaliban adalah 29 AD / CE (yaitu, tahun ke-15 Tiberius 'pemerintahan ditambah satu tahun untuk Yesus' pelayanan), dan terakhir 36 AD / CE (yaitu, tahun terakhir pemerintahan dari Pontius Pilatus ). Para sarjana Alkitab bahwa peristiwa penyaliban terjadi pada Hari Jumat pada atau dekat Paskah ( Nisan 15)



Yesus memandang dari Salib Penyaliban, oleh James Tissot , abad ke-19.

Selama berabad-abad, para astronom dan ilmuwan telah menggunakan metode komputasi yang beragam untuk memperkirakan tanggal penyaliban. Isaac Newton adalah salah satu ilmuwan pertama untuk memperkirakan tanggal penyaliban dengan memperhitungkan visibilitas relatif dari sabit bulan baru antara Ibrani dan kalender Julian . Newton menyarankan tanggal sebagai Jumat, 23 April 34 AD. John Pratt  menulis dalam Journal of Royal Astronomical Society tahun 1991, berpendapat Yesus disalib pada tahun 33. Dengan menggunakan perhitungan yang sama, pada tahun 1990 astronomer Bradley Schaefer mengemukakan bahwa penyaliban Yesus terjadi pada Hari Jumat, 3 April 33. 

Tanggal ini selanjutnya didukung pada tahun 2003. Menggunakan program komputer, astronom Liviu Mircea dan Tiberiu Oproiu lagi diperkirakan bahwa Yesus mati jam 3 sore pada Jumat, 3 April 33, dan bangkit pada hari Minggu, tanggal 5 April 33, tanggal yang setuju dengan Schaefer. 

Menggunakan pendekatan yang sama sekali berbeda dari gerhana bulan model, Humphreys dan Waddington dari Oxford University juga tiba pada kesimpulan hari Jumat, 3 April 33 Masehi adalah tanggal penyaliban.

Bukit Golgota dan Bangunan Gerja yang dibangun sesudahnya.


Kalvari adalah nama bahasa Inggris berasal dari kata Latin untuk tengkorak (calvaria), yang adalah bagaimana Jerome menerjemahkan Gûlgaltâ kata bahasa Aram yang mengidentifikasi tempat di mana Yesus disalibkan. atau kita sering menyebut sebagai Golgota.

Kitab Perjanjian Baru itu sebagian besar ditulis pada 100 AD / CE. Injil ditulis dengan tujuan untuk menjaga dan melestarikan ajaran Yesus. Injil Markus diyakini telah ditulis c. 70 AD / CE. Inji Matius ditempatkan pada sedang beberapa saat setelah tanggal ini dan Lukas diduga telah ditulis antara 70 dan 100 AD / CE.


Fakta Sejarah Penyaliban Yesus.

 

Dalam Agama Kristen Katolik Yesus meninggal dengan cara disalib, namun diluar itu ada beberapa versi cerita tentang akhir hidup Yesus ini.
  • Yesus tidak disalib dan hidup berkeluarga hingga akhir hayatnya (konon ada yang mengaku keturunan dari Yesus).
  • Yesus tidak disalib, namun digantikan oleh orang lain yang serupa dengan Dia, dan Dia diangkat ke Surga.
  • Mayat Yesus dicuri para murid untuk menunjukkan bahwa Yesus bangkit dari mati.
  • Yesus disalib namun turun dari salib dan akhirnya mengembara keluar dari Bangsa Israel menjelajah bahkan hingga Mongolia dan India (konon kabarnya Ia meninggal dan dikuburkan di India).
Yesus meninggal dengan cara disalib dengan dibuktikan dengan 2 hal, yaitu peristiwa alam yang terjadi sewaktu penyaliban dan catatan sejarah pada waktu beliau disalibkan.

1 Fenomena alam yang terjadi pada saat penyaliban Yesus, dari alkitab.
  • Yesus disalib pada hari Jumat pada atau dekat Paskah (15 Nisan : Penanggalan Bangsa Yahudi), selama gubernur Pontius Pilatus (yang memerintah 26-36 M ). Berbagai pendekatan memiliki digunakan untuk memperkirakan tahun penyaliban, termasuk Injil Kanonik, kronologi kehidupan Rasul Paulus, serta model astronomi berbeda . Para sarjana telah memberikan perkiraan untuk tahun penyaliban dalam AD kisaran 30-36. Sebuah tanggal  disepakati sebagai tanggal penyaliban adalah hari Jumat, 3 April AD 33.

  • Pada hari penyaliban Yesus terdapat fenomena alam berupa "hari menjadi gelap", selama 3 jam dari jam 12 sampai jam 3 sore, Bulan nampak berwarna merah darahHumphreys dan Waddington dari Universitas Oxford direkonstruksi skenario untuk sebuah gerhana bulan pada hari itu. Mereka menyimpulkan bahwa.: "Gerhana ini terlihat dari Yerusalem pada bulan terbit .... pertama terlihat dari Yerusalem pada sekitar 06:20 am (awal hari Sabat Yahudi dan juga awal hari Paskah di AD 33) dengan sekitar 20% dari disk dalam umbra bayangan bumi .... Gerhana selesai sekitar tiga puluh menit kemudian pada 6:50. " Selain itu, perhitungan mereka menunjukkan bahwa bayangan umbra 20% diposisikan dekat dengan leading edge, bagian terlihat pertama di bulan terbit. Sedangkan fenomena datangnya kegelapan selama 3 jam bukanlah peristiwa "gerhana matahari", Ahli sejarah Roma Julius Africanus lebih mengacu pada tulisan-tulisan Thallus bahwa fenomena tersebut merupakan suatu peristiwa yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah (anomali), karena tidak mungkin sebuah peristiwa gerhana bulan terjadi bersamaan dengangerhana matahari..

  • Terjadi gempa bumi yang dasyat, yang menyebabkan rusaknya bangunan Bait Allah. Menurut Yosefus, tirai (dinding) di Bait Allah Herodes yang terbelah memiliki tinggi 60 kaki (18 m) dan dan berdinding setebal 4 inci (100 mm). Dalam sejarah Bait Allah, ruangan ini hanya boleh dimasuki  oleh seorang Imam yang terpilih setahun sekali, dan dengan terbelahnya dinding ini maka batas antara "Ruang Maha Kudus (Holy of Holies) dan Ruang Kudus (Holy Place)" lainnya tidak ada lagi.
  • Kebangkitan arwah orang kudus (nabi) yang sudah meninggal dan menampakkan diri kebanyak orang.

2. Fakta Sejarah pada saat Yesus disalibkan.
Tokoh Hanas, Kayafas, Pilatus, Raja Herodes adalah tokoh sejarah yang "memang ada dan berkuasa pada tahun-tahun tersebut, memerintah wilayah Israel.


  • Hanas atau Ananos, putra Set, diangkat menjadi Imam Besar pada thn 6 M dan dipecat pada thn 15 M. Namun Hannas masih disebut Imam Besar sesudah tahun 15 M. Pada sidang pengadilan yg mengadili Yesus, Hanas melakukan penyelidikan pendahuluan sebelum pengadilan resmi yg dikepalai oleh Kayafas (Yohanes 18:13-14).
  • Yusuf, yang disebut Kayafas, menjadi imam besar Bait Allah antara ± tahun 18-36 M. Ia dipecat oleh Vitelius, gubernur Siria. Dia menantu Hanas (Yohanes 18:13).
  • Herodes Antipas (20 SM–sekitar 40 M), tetrarkh Galilea dan Perea, namanya disebutkan dalam Kis.4:27. Ia digambarkan dalam Perjanjian Baru sebagai orang yang memerintahkan pembunuhan Yohanes Pembaptis dan mengejek Yesus sebelum kematiannya. 


  • Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea,  ( memerintah 26-36 M ) dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene. (Lukas 3:1-2)
  • Dusta Mahkamah Agama : dikutip dari Injil Matius 27: 57- 28 : 15
  1. 27:57 Menjelang malam datanglah seorang kaya, orang Arimatea, yang bernama Yusuf dan yang telah menjadi murid Yesus juga.
  2. 27:58 Ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus. Pilatus memerintahkan untuk menyerahkannya kepadanya.
  3. 27:59 Dan Yusuf pun mengambil mayat itu, mengapaninya dengan kain lenan yang putih bersih,
  4. 27:60 lalu membaringkannya di dalam kuburnya yang baru, yang digalinya di dalam bukit batu, dan sesudah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu, pergilah ia.
  5. 27:61 Tetapi Maria Magdalena dan Maria yang lain tinggal di situ duduk di depan kubur itu
  6. 27:62 Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus,
  7. 27:63 dan mereka berkata: "Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit.
  8. 27:64 Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari  pada yang pertama."
  9. 27:65 Kata Pilatus kepada mereka: "Ini penjaga-penjaga bagimu, pergi dan jagalah kubur itu sebaik-baiknya."
  10. 27:66 Maka pergilah mereka dan dengan bantuan penjaga-penjaga itu mereka memeterai kubur itu dan menjaganya.
  11. 28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.
  12. 28:2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya.
  13. 28:3 Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju.
  14. 28:4 Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.
  15. ......
  16. 28:11 Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala.
  17. 28:12 Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu
  18. 28:13 dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.
  19. 28:14 Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa."
  20. 28:15 Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini

Fakta sejarah non-kristiani.
  • Referensi non-Kristen paling awal untuk penyaliban tersebut kemungkinan berasal dari Mara Bar-Serapion, dalam surat retoris ditulis beberapa saat setelah 73 tapi sebelum Masehi abad ke-3, di mana dia membuat hanya melewati menyebutkan "Raja bijaksana" dijalankan oleh orang Yahudi.
  • Dalam Antiquities orang Yahudi (ditulis sekitar 93 AD) Josephus sejarawan Yahudi, menyatakan (Ant 18.3) bahwa Yesus disalibkan oleh Pilatus, menulis bahwa: "Sekarang ada sekitar saat ini Yesus, seorang bijaksana, .... Dia menarik kepadanya baik Banyak orang Yahudi dan banyak dari bangsa-bangsa lain ... Dan ketika Pilatus, atas saran dari orang-orang utama di antara kami, telah menghukum dia untuk kayu salib ...."
  • Pada awal abad kedua referensi lain untuk penyaliban Yesus yang dibuat oleh Tacitus, umumnya dianggap sebagai salah satu sejarawan Romawi terbesar. Menulis di jurnal Annals ini (c. 116 AD), Tacitus menggambarkan penganiayaan orang Kristen oleh Nero dan menyatakan (Annals 15.44) bahwa Pilatus memerintahkan eksekusi Yesus.
  • Referensi lain mungkin untuk penyaliban = "menggantung"(Luk 23:39; Gal 3:13) ditemukan dalam Talmud Babel :"Pada malam menjelang Paskah Yeshu digantung. Selama empat puluh hari sebelum eksekusi terjadi, seorang pemberita pergi dan berteriak, 'Dia akan balik ke dirajam karena dia telah berlatih sihir dan Israel terpikat untuk murtad. Siapa pun yang dapat mengatakan apa-apa di hati, biarkan dia maju ke depan dan memohon atas namanya "Tapi. Karena tidak ada yang dibawa ke depan menguntungkannya ia digantung pada malam Paskah!" (Sanhedrin 43a-, Babilonia Talmud (Soncino Edition))


  • Pada kain kafan yang yang digunakan untuk membungkus jenasah Yesus (disebut "The Shroud of Turin") di temukan bekas penganiayaan identik dengan yang tertulis pada keempat injil.


Sumber : dari berbagai sumber.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...