Melintas di Jalan Basah dengan Aman Kala Hujan.


Pada saat musim hujan seperti sekarang ini kita wajib lebih berhati-hati saat berkendara, kondisi jalan basah dan licin, berkurangnya jarak pandang, banyaknya genangan air dan faktor lain bisa menjadi bahaya yang mungkin tidak kita sadari.
 
Jika anda berkendara di permukaan jalan basah karena hujan, dipastikan licin. Karena itulah, saat harus melintasinya, meluncurlah dengan hati-hati kendati kembang telapak ban masih bagus.

"Kalau sudah bertemu air, semua jadi berbeda. Antara ban dan permukaan jalan terdapat lapisan air (aquaplanning). Akibatnya, daya cengkram ban berkurang atau bisa saja hilang," jelas Chandra Alim, pebalap mobil nasional. Menurutnya, beberapa hal yang harus diperhatikan saat harus melalui jalan basah.
  1. Kurangi kecepatan saat melintasinya. Hal tersebut dapat membantu Anda mengontrol arah mobil dengan baik.
  2. Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan dua kali ( 2x ) saat jalan kering. Bila mobil direm pada permukaan jalan basah, jarak lebih jauh. Jangan mengerem secara mendadak, apalagi tidak dilengkapi ABS. Operasikan pedal rem secara bertahap (kocok) sehingga kecepatan berkurang dan setelah itu berhenti.
  3. Hati-hati saat melintasi genangan air. Karena cengkeraman ban berkurang atau tidak ada sama sekali, mobil tidak bisa dikontrol dengan baik. Bahkan, jika pedal rem ditekan mendadak, risiko sangat berbahaya.
Penulis: Aris F. Harvenda
Editor : Zulkifli BJ
Sumber : http://otomotif.kompas.com/, Kamis, 29 November 2012, 19:19 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??