Anda Gunakan Facebook di Android, Waspadai Trojan "Qadars" !!!


Trojan baru ditemukan, kali ini pengguna Facebook di platform sistem operasi mobile, Android menjadi sasaran utamanya. Trojan tersebut bisa membobol metode autentikasi dua langkah yang sering digunakan dalam transaksi mobile banking.

Penemuan trojan baru tersebut pertama kali dikabarkan oleh PC World, Kamis (17/4/2014) setelah mendapat laporan dari lembaga peneliti keamanan internet, ESET. Trojan tersebut diberi nama Qadars, dan bekerja dengan menginjeksi kode JavaScript jahat ke dalam halaman Facebook, yang diakses dari browser yang telah diinfeksi.


Kode JavaScript tersebut menginjeksi kode untuk menampilkan pesan bahwa pengguna harus mengunduh dan meng-instal malware di smartphone Android-nya. Malware tersebut bisa mencuri kode otentikasi transaksi perbankan yang sering dikirim ke ponsel melalui SMS.

Metode webinject seperti ini sudah lama digunakan sebagai modus trojan komputer yang menampilkan formulir registrasi online palsu yang menyasar pengguna online banking. Tujuannya adalah untuk mencuri data-data penting dan informasi finansial dari pengguna.

Webinject juga sudah umum digunakan untuk menampilkan pesan yang memerintahkan pengguna mengunduh dan meng-instal aplikasi-aplikasi berbahaya dalam smartphone-nya, dengan berpura-pura sebagai aplikasi keamanan yang dibutuhkan oleh lembaga perbankan tertentu.

Pada kenyataannya, aplikasi tersebut justru mencuri sejumlah informasi yang dimasukkan pengguna saat bertransaksi online, serta password-password yang dikirim oleh bank melalui SMS.

Jika Anda membuka Facebook dan menjumpai pemberitahuan yang mengharuskan Anda mengunduh aplikasi Android tertentu yang terkait dengan layanan perbankan, ada baiknya Anda menghubungi pihak bank untuk meminta konfirmasi terlebih dahulu.

Penulis: Reska K. Nistanto 
Editor: Reza Wahyudi
Sumber: PC World, dikutip dari : http://tekno.kompas.com/, Sabtu, 19 April 2014, 11.06 WIB.a

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??