Minggu, 20 April 2014

ViaProtect, Aplikasi "Anti-sadap" Pada Android + Link Download.


Rangkaian berita penyadapan NSA telah memunculkan kekhawatiran soal privasi di kalangan pengguna perangkat komputer. Sejumlah layanan dan produk yang menjanjikan fitur "anti-sadap" pun banyak mengemuka dan mencoba menyasar mereka yang oleh suatu sebab merasa khawatir diintip oleh pihak luar.

Nah, sebuah aplikasi Android bernama ViaProtect mencoba menawarkan jasa serupa. Sebagaimana dilaporkan oleh Phone Arena, aplikasi ini bekerja dengan memonitor kemungkinan pembocoran data pribadi lewat perangkat mobile oleh aplikasi lain.

"Aplikasi-aplikasi mobile bisa mengirim informasi tak terenkripsi ke server luar negeri. Data tersebut bisa dicegat oleh pihak-pihak berniat jahat. Konsekuensinya, bisa muncul pencurian identias, pencurian uang, dan pelanggaran privasi," tulis pengembang ViaProtect, Via Forensics, dalam penjelasan aplikasinya.

Bagaimana ViaProtect melindungi data pengguna? Aplikasi ini mengawasi segala macam informasi yang dikirimkan dari perangkat Android oleh aplikasi lain. Apabila mengendus ada aplikasi yang dicurigai membocorkan data pribadi, ViaProtect akan memberi notifikasi ke pengguna. 


ViaProtect kemudian bakal membuat laporan tentang tingkat keamanan data pada perangkat yang bersangkutan dan memberitahu pemilik yang bersangkutan mengenai data pribadi apa saja yang dikirimkan ke pihak luar. 

ViaProtect bisa diunduh secara gratis dari toko aplikasi Google Play atau langsung melalui tautan ini. 


Aplikasi beukuran 2,9 MB ini dapat berjalan di perangkat dengan sistem operasi Android versi 4.0 atau lebih baru. 

Mungkin metode NSA terlalu canggih untuk bisa dibendung oleh ViaProtect, namun setidaknya aplikasi ini bisa membantu pengguna untuk lebih berhati-hati dengan data pribadi.

Penulis: Oik Yusuf 
Editor: Reza Wahyudi
Sumber: Phone Arena, dikutip dari : http://tekno.kompas.com/, Senin, 17 Maret 2014, 13.56 WIB.