Selasa, 22 April 2014

Ini yang Harus Dilakukan Saat Anak Mengalami Pelecehan Seksual...


Terkadang meskipun Bunda sudah melindungi buah hati tercinta dengan baik, kejadian yang tidak diinginkan pun tetap dapat terjadi termasuk pelecehan seksual. Nah, apabila Bunda mengetahui apa mungkin masih mencurigai terjadinya pelecehan seksual pada si kecil, berikut adalah yang harus Bunda lakukan.

Seberapa marahnya Bunda terhadap kejadian yang menimpa buah hati Anda, Bunda tetap harus menenangkan diri dan menjernihkan pikiran. Jangan melampiaskan kemarahan Anda kepada anak Anda yang justru dapat membuatnya semakin tertekan dan depresi.

Selain itu, menurut webmd.com, hindari memberondong buah hati Anda dengan berbagai macam pertanyaan mengenai detail kejadian yang menimpanya. Hindari juga menunjukkan rasa panik yang Bunda rasakan di depan anak Anda yang justru akan membuatnya semakin down.

Bunda sebaiknya mulai melindungi buah hati Anda dari pelecehan seksual yang dapat dilakukan lagi oleh si pelaku dengan menghindarkannya dari kontak dengan beberapa orang yang Bunda curigai. Hindari menyalahkan diri sendiri atas apa yang menimpa buah hati Anda, semua yang terjadi pasti ada hikmahnya.

Sebaliknya, Bunda harus segera melaporkan kejadian tersebut kepada polisi supaya pelaku pelecehan seksual segera ditangkap dan tidak ada anak-anak lain yang menjadi korban. Melaporkan kepada polisi pun akan memberikan efek jera terhadap pelaku sehingga tidak melakukan perbuatan kejinya lagi.

Bunda juga dapat menghubungi psikiater yang dapat membantu menghilangkan rasa trauma yang dialami buah hati Anda. Semoga buah hati tercinta tidak menjadi korban pelecehan seksual ya Bun.

Penulis : Lies Nureni.
Sumber : http://www.vemale.com/, Selasa, 21 Januari 2014 22:08 WIB.

Jika Anda mempunyai  pengaduan yang berhubungan dengan perlindungan anak, silahkan hubungi :

Komisi Nasional Perlindungan Anak
Alamat : 
Jalan TB Simatupang No. 33 Jakarta Timur Indonesia 13760

Situs Resmi : 

Hotline Services : (62-21) 8779 1818
Telp   : (62-21) 8416157
Fax    : (62-21) 8416158
Email : info@komnaspa.or.id