Menelusur Keberadaan Yesus Dalam Sejarah.

Wajah Yesus dari Nazaret, hasil analisa komputer dari potret Kain Kafan Turin.
(c. 5 BC / SM - c. 30 AD / CE)

Hari ini tanggal 18 April 2014, kami umat Kristen Katolik memperingati peristiwa penyaliban dan meninggalnya Yesus/ Isa Al Masih. Sebagian dari anda mungkin berpikir, apakah Yesus adalah tokoh yang benar-benar ada dalam sejarah/ tokoh fiktif dongengan buku yang disebut Injil ?  artikel ini akan membahas sisi historis manusia Yesus dalam kaitanya dengan sejarah bangsa Israel dan Romawi.


Etimologi Asal Nama Yesus

"Yesus" (diucapkan / zəs ː dʒi / ) adalah transliterasi/ terjemahan , terjadi dalam beberapa bahasa dan berdasarkan Iesus Latin, dari Ἰησοῦς Yunani (Iesous), sendiri merupakan Hellenisation dari Ibrani יְהוֹשֻׁעַ (Yĕhōšuă ', Yosua ) atau Ibrani- Aram יֵשׁוּעַ (Yēšûă ') ". yang berarti Yahwe memberikan (atau menyelamatkan) ". Nama Yesus tampaknya telah digunakan di Yudea pada waktu kelahiran Yesus. Dan Referensi Philo  ( Mutatione Nominum 121 item) menunjukkan bahwa etimologi Yosua dikenal di luar Yudea pada waktu itu. Alkitab Vulgata Latin kemungkinan adalah yang pertama yang membedakan keduanya, menuliskan Yesus sebagai Iesus dan Yosua sebagai Iosias .Nama Yesus dalam Bahasa Arab adalah Isa (عيسى, `Īsā, Essa). Jadi pribadi Isa yang anda kenal identik dengan Yesus.

Dalam Perjanjian Baru , di Lukas 1:31 malaikat memberitahu Maria untuk nama Yesus anaknya, dan dalam Matius 1:21 malaikat memberitahu Yusuf untuk nama Yesus. Pernyataan dalam Matius 1:21 "engkau akan menamakan Dia Yesus, karena ia akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka" rekan keselamatan atribut dengan nama Yesus dalam teologi Kristen. 

Kristus "(diucapkan / kraɪst / ) adalah berasal dari bahasa Yunani Χριστός (Khristós) yang berarti " yang diurapi ", sebuah terjemahan dari מָשִׁיחַ Ibrani (Māšîaḥ), biasanya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai Mesias . Di Septuaginta versi Alkitab Ibrani (yang ditulis lebih dari satu abad sebelum zaman Yesus), kata Kristus digunakan untuk menerjemahkan ke dalam bahasa Yunani dalam Māšîaḥ kata Ibrani. Pada Matius 16:16 , Rasul Petrus mengatakan : "Anda adalah Kristus "mengidentifikasi Yesus sebagai Mesias. Dalam Alkitab Kristus digunakan menjadi sebuah nama, satu bagian dari nama "Yesus Kristus", tapi awalnya itu adalah gelar (Mesias) dan bukan nama


Keberadaan Yesus Dalam Sejarah

Meskipun beberapa sarjana telah mempertanyakan keberadaan Yesus sebagai tokoh sejarah yang sebenarnya kebanyakan ahli yang terlibat dengan penelitian Yesus sejarah percaya keberadaannya dapat dibentuk dengan menggunakan dokumen dan bukti lain.  Sebagaimana dibahas di bagian langsung di bawah, perkiraan tanggal kematian Yesus tempat umur nya sekitar awal abad pertama AD / CE, di wilayah geografis Romawi Yudea . Perjanjian Baru juga mengacu pada Danau Galilea yang berjarak sekitar 75 mil sebelah utara Yerusalem . 


Peta Palestina pada abad pertama.


Kekuasaan  Romawi di Yudea dimulai sekitar 63 SM dan dengan 6 AD / CE Yudea telah menjadi sebuah provinsi Romawi. Dari 26-37 AD / CE Pontius Pilatus adalah gubernur Romawi Yudea. Pada periode ini, meskipun Roma Yudea adalah posisi strategis antara Asia dan Afrika, hal itu tidak dipandang sebagai provinsi penting kritis oleh Romawi. Orang Romawi itu sangat toleran terhadap agama lain dan membiarkan penduduk lokal seperti orang-orang Yahudi untuk mempraktekkan agama mereka sendiri .


Kemungkinan Tahun Kelahiran Yesus. 

Tidak ada bukti sejarah kontemporer menunjukkan tanggal kelahiran Yesus . Kelahiran Yesus - yang Dionisius Exiguus memperkirakan kelahiran Yesus antara tahun 2 BC / SM dan 1 AD / CE . Injil Matius menyatakan 'kelahiran Yesus terjadi pada masa pemerintahan Herodes Agung , yang meninggal pada 4 SM, tetapi juga dengan maklumat bahwa Yesus mungkin lahir ketika Herodes memerintahkan Pembantaian anak-anak di Betlehem, dan karena itu dapat dipastikan Ia lahir sebelum peristiwa tersebut terjadi dan sebelum kematian Herodes. Injil Lukas menuliskan kelahiran Yesus telah terjadi pada masa pemerintahan Herodes Agung (antara 37 dan 4 BC / SM), tetapi pengarang Lukas juga menjelaskan kelahiran sebagai berlangsung selama sensus pertama dari provinsi Romawi Suriah dan Iudaea , yang diyakini sudah terjadi pada 6 AD / CE. Kebanyakan sarjana umumnya menganggap Yesus lahir antara 6 dan 4 SM. Ahli Sejarah lain menganggap bahwa Yesus dilahirkan kadang antara 7-2 BC / SM dan meninggal   antara 26-36 AD / CE. bukti tambahan ditemukan pada tahun 1923 oleh arkeolog menggali di  reruntuhan dari Bait Suci Romawi dekat Ankara, Turki, menunjuk pada kemungkinan awal tahun bahkan lahir, 8 SM / SM, berdasarkan deskripsi dari tiga-lebar sensus kerajaan, salah satu yang terjadi di tahun itu. 
Kesimpulannya Yesus diperkirakan lahir antara tahun 6-5 tahun sebelum Masehi.

Yusuf , suami Maria , muncul dalam deskripsi dari masa kanak-kanak Yesus. Tidak disebutkan, bagaimanapun, adalah terbuat dari Yusuf selama pelayanan Yesus. Kitab Perjanjian Baru dalam Injil Matius, Markus, dan Galatia (Surat Paulus) menceritakan saudara dan saudari Yesus. Lukas juga menyebutkan bahwa Elizabeth , ibu Yohanes Pembaptis, adalah "sepupu" atau "relatif" dari Maria, [ Luk 1:36 ] yang akan membuat Yohanes Pembaptis sepupu jauh dari Yesus. Injil Matius dan Injil Lukas Menuliskan Yesus dilahirkan Ketika Yusuf dan Maria bertunangan, dan lahir di kota Betlehem . 

Kisah Kelahiran Yesus dalam film "The Nativity Story"

Dalam Injil Matius, tertulis tentang kunjungan Orang-Orang Majus (Maqi) membawa hadiah kepada Yesus  setelah mereka mengikuti bintang yang mereka percaya adalah tanda bahwa Raja orang Yahudi telah lahir [ Mat 2:1-12 ] Raja Herodes mendengar dari kelahiran Yesus dari Orang Bijak (Majus) dan mencoba untuk membunuh dia dengan membantai semua anak laki-laki di Betlehem di bawah usia dua tahun. [ Mat 2:16-17 ] Yusuf mengajak Maria dan bayi Yesus melarikan diri ke Mesir dan tetap ada sampai kematian Herodes, lalu mereka menetap di Nazaret untuk menghindari hidup di bawah pemerintahan putra dan penerus Herodes Arkhelaus. [ Mat 2:19-23 ] dari sini maka Yesus dikenal sebagai Yesus dari Nazaret.

Dalam Markus 6:3, Yesus disebut tekton (τέκτων dalam bahasa Yunani), biasanya dipahami sebagai tukang kayu . Matius 13:55 mengatakan dia adalah anak seorang tekton [. Mk 06:03 ] [ Mat 13:55 ] tekton tradisional telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "tukang kayu". 

'Pelayanan Yesus , yang menurut Injil Lukas dimulai ketika Yesus "sekitar usia 30 tahun", [ Luk 3:23 ] diikuti bahwa dari Yohanes Pembaptis , yang pelayanan dikatakan telah dimulai "dalam lima belas tahun pemerintahan Tiberius Caesar ", [ Luk 3:1-2 ] yang akan sekitar 28 atau 29 AD / CE. Menurut Injil Sinoptik , 'pelayanan Yesus berlangsung kurang lebih satu tahun, sedangkan Injil Yohanes menyiratkan bahwa pihaknya mungkin telah berlangsung sekitar tiga tahun. Semua laporan Injil bahwa ia telah menjadi dikenal sebagai guru agama pada saat ia telah mencapai usia 30-an. Lukas mengatakan Yesus adalah "sekitar tiga puluh tahun" ketika dia dibaptis [. Luk 3:23 ] Semua tiga Injil Sinoptik menggambarkan Pembaptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis di Sungai Yordan, suatu peristiwa yang sarjana Bibel menggambarkan sebagai awal dari pelayanan publik 'Yesus . 

Yesus tinggal di Galilea untuk sebagian besar hidupnya dan berbicara bahasa Aram dan mungkin bahasa Ibrani dan beberapa Yunani.


Kemungkinan tahun dan tempat kematian 


Lihatlah Manusia ini !, Pontius Pilatus mengadili Yesus.


Keempat kanonik Injil melaporkan bahwa Yesus disalibkan selama masa pemerintahan Pontius Pilatus, menjadi Gubernur Romawi Yudea. Ia memerintah Yudea 26-36 AD / CE. Akhir abad ke-1 sejarawan Yahudi Josephus , menulis dalam The Antiquities orang Yahudi (c. 93 AD / CE), dan awal abad ke-2 sejarawan Romawi Tacitus , menulis di The Annals (c. 116 AD / CE ), juga menyatakan bahwa Pilatus memerintahkan eksekusi Yesus. Dalam hubungannya dengan kronologi tentang pelayanan-Nya (pada bagian atas), yang paling awal yang berlaku umum tanggal untuk penyaliban adalah 29 AD / CE (yaitu, tahun ke-15 Tiberius 'pemerintahan ditambah satu tahun untuk Yesus' pelayanan), dan terakhir 36 AD / CE (yaitu, tahun terakhir pemerintahan dari Pontius Pilatus ). Para sarjana Alkitab bahwa peristiwa penyaliban terjadi pada Hari Jumat pada atau dekat Paskah ( Nisan 15)



Yesus memandang dari Salib Penyaliban, oleh James Tissot , abad ke-19.

Selama berabad-abad, para astronom dan ilmuwan telah menggunakan metode komputasi yang beragam untuk memperkirakan tanggal penyaliban. Isaac Newton adalah salah satu ilmuwan pertama untuk memperkirakan tanggal penyaliban dengan memperhitungkan visibilitas relatif dari sabit bulan baru antara Ibrani dan kalender Julian . Newton menyarankan tanggal sebagai Jumat, 23 April 34 AD. John Pratt  menulis dalam Journal of Royal Astronomical Society tahun 1991, berpendapat Yesus disalib pada tahun 33. Dengan menggunakan perhitungan yang sama, pada tahun 1990 astronomer Bradley Schaefer mengemukakan bahwa penyaliban Yesus terjadi pada Hari Jumat, 3 April 33. 

Tanggal ini selanjutnya didukung pada tahun 2003. Menggunakan program komputer, astronom Liviu Mircea dan Tiberiu Oproiu lagi diperkirakan bahwa Yesus mati jam 3 sore pada Jumat, 3 April 33, dan bangkit pada hari Minggu, tanggal 5 April 33, tanggal yang setuju dengan Schaefer. 

Menggunakan pendekatan yang sama sekali berbeda dari gerhana bulan model, Humphreys dan Waddington dari Oxford University juga tiba pada kesimpulan hari Jumat, 3 April 33 Masehi adalah tanggal penyaliban.

Bukit Golgota dan Bangunan Gerja yang dibangun sesudahnya.


Kalvari adalah nama bahasa Inggris berasal dari kata Latin untuk tengkorak (calvaria), yang adalah bagaimana Jerome menerjemahkan Gûlgaltâ kata bahasa Aram yang mengidentifikasi tempat di mana Yesus disalibkan. atau kita sering menyebut sebagai Golgota.

Kitab Perjanjian Baru itu sebagian besar ditulis pada 100 AD / CE. Injil ditulis dengan tujuan untuk menjaga dan melestarikan ajaran Yesus. Injil Markus diyakini telah ditulis c. 70 AD / CE. Inji Matius ditempatkan pada sedang beberapa saat setelah tanggal ini dan Lukas diduga telah ditulis antara 70 dan 100 AD / CE.

Sumber : http://pustakadigitalkristiani.blogspot.com/ (Repost).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??