Kamis, 17 April 2014

Apakah Benar Yesus (Pernah) Disiksa dan Disalib ?


Nama Yesus.
Nama "Yesus" adalah alihaksara dari bahasa Latin Iesus, yang berasal dari bahasa Yunani Ἰησοῦς (Iēsoûs), yang pada gilirannya juga merupakan Helenisasi dari bahasa Ibrani יְהוֹשֻׁעַ (Yĕhōšuă‘, Yosua) atau bahasa Aram יֵשׁוּעַ (Yēšûă‘), yang berarti "Yahweh menyelamatkan". Teks Yunani tidak membedakan antara Yesus dan Yosua, keduanya ditulis sebagai Ἰησοῦς. Alkitab Vulgata Latin kemungkinan adalah yang pertama yang membedakan keduanya, menuliskan Yesus sebagai Iesus dan Yosua sebagai Iosias .Nama Yesus dalam Bahasa Arab adalah Isa (عيسى, `Īsā, Essa). Jadi pribadi Isa yang anda kenal identik dengan Yesus.


Dalam Agama Kristen Katolik Yesus meninggal dengan cara disalib, namun diluar itu ada beberapa versi cerita tentang akhir hidup Yesus ini.
  • Yesus tidak disalib dan hidup berkeluarga hingga akhir hayatnya (konon ada yang mengaku keturunan dari Yesus).
  • Yesus tidak disalib, namun digantikan oleh orang lain yang serupa dengan Dia, dan Dia diangkat ke Surga.
  • Mayat Yesus dicuri para murid untuk menunjukkan bahwa Yesus bangkit dari mati.
  • Yesus disalib namun turun dari salib dan akhirnya mengembara keluar dari Bangsa Israel menjelajah bahkan hingga Mongolia dan India (konon kabarnya Ia meninggal dan dikuburkan di India).

Tulisan ini kami susun dengan referensi Alkitab dan fakta sejarah tentang akhir hidup Yesus serta konsep logika berpikir kita sebagai manusia. Terlepas  dari ketiga konsep tentang akhir hidup Yesus di atas anda sebagai pembaca silahkan menyimpulkannya. 


Fakta Sejarah Tanggal Penyaliban Yesus.
Fenomena alam yang terjadi pada saat penyaliban Yesus, dari alkitab.
  • Yesus disalib pada hari Jumat pada atau dekat Paskah (15 Nisan : Penanggalan Bangsa Yahudi), selama gubernur Pontius Pilatus (yang memerintah 26-36 M ). Berbagai pendekatan memiliki digunakan untuk memperkirakan tahun penyaliban, termasuk Injil Kanonik, kronologi kehidupan Rasul Paulus, serta model astronomi berbeda . Para sarjana telah memberikan perkiraan untuk tahun penyaliban dalam AD kisaran 30-36. Sebuah tanggal  disepakati sebagai tanggal penyaliban adalah hari Jumat, 3 April AD 33.

  • Pada hari penyaliban Yesus terdapat fenomena alam berupa "hari menjadi gelap", selama 3 jam dari jam 12 sampai jam 3 sore, Bulan nampak berwarna merah darahHumphreys dan Waddington dari Universitas Oxford direkonstruksi skenario untuk sebuah gerhana bulan pada hari itu. Mereka menyimpulkan bahwa.: "Gerhana ini terlihat dari Yerusalem pada bulan terbit .... pertama terlihat dari Yerusalem pada sekitar 06:20 am (awal hari Sabat Yahudi dan juga awal hari Paskah di AD 33) dengan sekitar 20% dari disk dalam umbra bayangan bumi .... Gerhana selesai sekitar tiga puluh menit kemudian pada 6:50. " Selain itu, perhitungan mereka menunjukkan bahwa bayangan umbra 20% diposisikan dekat dengan leading edge, bagian terlihat pertama di bulan terbit. Sedangkan fenomena datangnya kegelapan selama 3 jam bukanlah peristiwa "gerhana matahari", Ahli sejarah Roma Julius Africanus lebih mengacu pada tulisan-tulisan Thallus bahwa fenomena tersebut merupakan suatu peristiwa yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah (anomali), karena tidak mungkin sebuah peristiwa gerhana bulan terjadi bersamaan dengangerhana matahari..

  • Terjadi gempa bumi yang dasyat, yang menyebabkan rusaknya bangunan Bait Allah. Menurut Yosefus, tirai (dinding) di Bait Allah Herodes yang terbelah memiliki tinggi 60 kaki (18 m) dan dan berdinding setebal 4 inci (100 mm). Dalam sejarah Bait Allah, ruangan ini hanya boleh dimasuki  oleh seorang Imam yang terpilih setahun sekali, dan dengan terbelahnya dinding ini maka batas antara "Ruang Maha Kudus (Holy of Holies) dan Ruang Kudus (Holy Place)" lainnya tidak ada lagi.
  • Kebangkitan arwah orang kudus (nabi) yang sudah meninggal dan menampakkan diri kebanyak orang.

Tokoh Hanas, Kayafas, Pilatus, Raja Herodes adalah tokoh sejarah yang "memang ada dan berkuasa pada tahun-tahun tersebut, memerintah wilayah Israel.


  • Hanas atau Ananos, putra Set, diangkat menjadi Imam Besar pada thn 6 M dan dipecat pada thn 15 M. Namun Hannas masih disebut Imam Besar sesudah tahun 15 M. Pada sidang pengadilan yg mengadili Yesus, Hanas melakukan penyelidikan pendahuluan sebelum pengadilan resmi yg dikepalai oleh Kayafas (Yohanes 18:13-14).
  • Yusuf, yang disebut Kayafas, menjadi imam besar Bait Allah antara ± tahun 18-36 M. Ia dipecat oleh Vitelius, gubernur Siria. Dia menantu Hanas (Yohanes 18:13).
  • Herodes Antipas (20 SM–sekitar 40 M), tetrarkh Galilea dan Perea, namanya disebutkan dalam Kis.4:27. Ia digambarkan dalam Perjanjian Baru sebagai orang yang memerintahkan pembunuhan Yohanes Pembaptis dan mengejek Yesus sebelum kematiannya. 


  • Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea,  ( memerintah 26-36 M ) dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene. (Lukas 3:1-2)
  • Dusta Mahkamah Agama : dikutip dari Injil Matius 27: 57- 28 : 15
        1. 27:57 Menjelang malam datanglah seorang kaya, orang Arimatea, yang bernama Yusuf dan yang telah menjadi murid Yesus juga.
        2. 27:58 Ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus. Pilatus memerintahkan untuk menyerahkannya kepadanya.
        3. 27:59 Dan Yusuf pun mengambil mayat itu, mengapaninya dengan kain lenan yang putih bersih,
        4. 27:60 lalu membaringkannya di dalam kuburnya yang baru, yang digalinya di dalam bukit batu, dan sesudah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu, pergilah ia.
        5. 27:61 Tetapi Maria Magdalena dan Maria yang lain tinggal di situ duduk di depan kubur itu
        6. 27:62 Keesokan harinya, yaitu sesudah hari persiapan, datanglah imam-imam kepala dan orang-orang Farisi bersama-sama menghadap Pilatus,
        7. 27:63 dan mereka berkata: "Tuan, kami ingat, bahwa si penyesat itu sewaktu hidup-Nya berkata: Sesudah tiga hari Aku akan bangkit.
        8. 27:64 Karena itu perintahkanlah untuk menjaga kubur itu sampai hari yang ketiga; jikalau tidak, murid-murid-Nya mungkin datang untuk mencuri Dia, lalu mengatakan kepada rakyat: Ia telah bangkit dari antara orang mati, sehingga penyesatan yang terakhir akan lebih buruk akibatnya dari pada yang pertama."
        9. 27:65 Kata Pilatus kepada mereka: "Ini penjaga-penjaga bagimu, pergi dan jagalah kubur itu sebaik-baiknya."
        10. 27:66 Maka pergilah mereka dan dengan bantuan penjaga-penjaga itu mereka memeterai kubur itu dan menjaganya.
        11. 28:1 Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.
        12. 28:2 Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya.
        13. 28:3 Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju.
        14. 28:4 Dan penjaga-penjaga itu gentar ketakutan dan menjadi seperti orang-orang mati.
        15. ......
        16. 28:11 Ketika mereka di tengah jalan, datanglah beberapa orang dari penjaga itu ke kota dan memberitahukan segala yang terjadi itu kepada imam-imam kepala.
        17. 28:12 Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu
        18. 28:13 dan berkata: "Kamu harus mengatakan, bahwa murid-murid-Nya datang malam-malam dan mencuri-Nya ketika kamu sedang tidur.
        19. 28:14 Dan apabila hal ini kedengaran oleh wali negeri, kami akan berbicara dengan dia, sehingga kamu tidak beroleh kesulitan apa-apa."
        20. 28:15 Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini

          Fakta sejarah non-kristiani.
          • Referensi non-Kristen paling awal untuk penyaliban tersebut kemungkinan berasal dari Mara Bar-Serapion, dalam surat retoris ditulis beberapa saat setelah 73 tapi sebelum Masehi abad ke-3, di mana dia membuat hanya melewati menyebutkan "Raja bijaksana" dijalankan oleh orang Yahudi.
          • Dalam Antiquities orang Yahudi (ditulis sekitar 93 AD) Josephus sejarawan Yahudi, menyatakan (Ant 18.3) bahwa Yesus disalibkan oleh Pilatus, menulis bahwa: "Sekarang ada sekitar saat ini Yesus, seorang bijaksana, .... Dia menarik kepadanya baik Banyak orang Yahudi dan banyak dari bangsa-bangsa lain ... Dan ketika Pilatus, atas saran dari orang-orang utama di antara kami, telah menghukum dia untuk kayu salib ...."
          • Pada awal abad kedua referensi lain untuk penyaliban Yesus yang dibuat oleh Tacitus, umumnya dianggap sebagai salah satu sejarawan Romawi terbesar. Menulis di jurnal Annals ini (c. 116 AD), Tacitus menggambarkan penganiayaan orang Kristen oleh Nero dan menyatakan (Annals 15.44) bahwa Pilatus memerintahkan eksekusi Yesus.
          • Referensi lain mungkin untuk penyaliban = "menggantung"(Luk 23:39; Gal 3:13) ditemukan dalam Talmud Babel :"Pada malam menjelang Paskah Yeshu digantung. Selama empat puluh hari sebelum eksekusi terjadi, seorang pemberita pergi dan berteriak, 'Dia akan balik ke dirajam karena dia telah berlatih sihir dan Israel terpikat untuk murtad. Siapa pun yang dapat mengatakan apa-apa di hati, biarkan dia maju ke depan dan memohon atas namanya "Tapi. Karena tidak ada yang dibawa ke depan menguntungkannya ia digantung pada malam Paskah!" (Sanhedrin 43a-, Babilonia Talmud (Soncino Edition))


          • Pada kain kafan yang yang digunakan untuk membungkus jenasah Yesus (disebut "The Shroud of Turin") di temukan bekas penganiayaan identik dengan yang tertulis pada keempat injil.


          Fakta Peristiwa Penyaliban Yesus dari Alkitab.
          • Yesus Ditangkap : Matius 26: 47-56 ; Markus 14 : 43 -52 ; Lukas 22 : 47-53 ; Yohanes 18 : 1 -11.
          • Yesus di hadapan Mahkamah Agama : Matius 26: 57-68 ; Markus 14 : 53 -65 ;  Lukas 23 : 1-7  ; Yohanes 18 : 12 -27.
          • Yesus di hadapan Pilatus : Matius 27: 11-26 ; Markus 15 : 1 -15 ;  Lukas 23 : 1-7 ;  Yohanes 18 : 28 - 19 : 16a.
          • Yesus di hadapan Herodes :  Lukas 23 : 8-12
          • Yesus kembali di hadapan Pilatus :  Lukas 23 : 13-25
          • Yesus disalibkan dan wafat : Matius 27: 32-44 ; Markus 15 : 20b -32, Markus 15 : 33 -41 ;  Lukas 23 : 26-49 ;  Yohanes 19 : 16b - 37
          • Yesus dimakamkan  : Matius 27: 57-61 ;  Markus 15 : 42 -47 ;  Lukas 23 : 50-56a ;  Yohanes 19 : 38-42 
          • Kubur Yesus dijaga  : Matius 27: 62-66 ;
          • Kebangkitan Yesus  : Matius 28: 1-10 ;  Markus 16 : 1 -8 ;  Lukas 23 : 56b -  24 : 12 ;  Yohanes 20 : 1-10 
          • Dusta Mahkamah Agama  : Matius 28: 11-15 
          • Yesus terangkat ke Sorga  Markus 16 : 9 -20 ;  Lukas 24 : 50-53

          Keterangan : 
          • perbedaan isi tulisan mungkin dikarenakan titik berat pembahasan yang berbeda atau daya ingat penulis Injil akan peristiwa yang di bahas berbeda. 
          • hal diluar konteks yang dibahas tidak dicantumkan pada ayat tertera.



          Penyaliban Yesus dari kacamata Logika.
          • Yesus adalah seorang guru (rabi) yang mengajar di sekitar wilayah Yerusalem, Galelia, Yerikho, dan wilayah lain sehngga ia dikenal banyak orang, baik para sahabat, umat, maupun para lawannya, sehingga kekeliruan tokoh yang disalib karena "mirip" adalah mustahil.
          • Yesus ketika ditangkap disertai para murid, dan rombongan penangkapnya di ujung tombaki oleh muridnya sendiri (Yudas Iskariot), memberi tanda bahwa Ia adalah Yesus dengan menciumnya. Pada saat penangkapan terjadi mukjijat "terjengkangnya para penangkap" dan disambungnya telinga Malkus hamba Imam Besar yang putus karena sabetan pedang Petrus.


          • Yesus setelah ditangkap dibawa ke rumah Hanas, mertua Kayafas, lalu dibawa ke Mahkamah Agama di depan Kayafas, lalu di adili di depan Wali Negeri (Gubernur) Ponsius Pilatus, lalu diserahkan ke Raja Herodes, dan akhirnya dikembalikan lagi ke depan Pilatus dan diputuskan untuk disalibkan. Dalam perisiwa tersebut tentunya banyak saksi mata melihat baik "kawan maupun lawan" Yesus, seandainya Yesus diganti orang lain yang serupa tentu orang tersebut "melawan" dan menjelaskan jati dirinya yang sebenarnya.


          • Yesus didera, dipaksa memanggul kayu salib hingga disalib di bawah pengawalan para penjaga Bait Allah dan tentara Romawi, seandainya saat disalib ia turun dan pergi "lenggang kangkung" meninggalkan salib tentu segera ditangkap lagi oleh kedua kelompok penjaganya tersebut.
          • Yesus mati di atas salib, perutnya ditombak, tembus lambung dan jantungnya (keluar air (asam HCL lambung) dan darah (dari jantung). selanjutnya ia dikubur di kuburan dengan ditutup batu besar, dijaga pula oleh para tentara Romawi, dan pintu kubur disegel. seandainya para murd berniat mencuri jenasah tersebut tentunya seperti "ular menghampiri pentungan".
          • Yesus mati di kayu salib dengan disaksikan banyak orang dan dikubur dengan penjagaan ketat, apa mungkin ia keluar dari sana dan berkeluarga ?
          Dari tulisan ini maka penulis menyimpulkan "bahwa Yesus Memang Mati Di Kayu Salib", dan keempat versi akhir hidup Yesus di atas terbukti tidak benar.

          Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
          Sumber : http://pustakadigitalkristiani.blogspot.com/, (Repost)
          Referensi :
          1. http://en.wikipedia.org/wiki/Crucifixion_of_Jesus
          2. http://en.wikipedia.org/wiki/Jesus
          3. http://id.wikipedia.org/wiki/Yesus
          4. http://www.sarapanpagi.org/hanas-dan-kayafas-imam-besar-vt4046.html
          5. http://id.wikipedia.org/wiki/Herodes
          6. Alkitab 
          7. Beberapa gambar ilustrasi di ambil dari Film "Gospel Of John"